Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Ikon Loading Mouse Tidak Menghilang di Windows 10/11

 


Jika ikon loading mouse yaitu roda berputar berwarna biru tidak hilang di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat menggunakan perbaikan yang disediakan dalam artikel ini. Kursor mouse menampilkan ikon loading melingkar saat kita membuka sebuah program atau saat sebuah program menjalankan beberapa task di background. Ikon loading ini bersifat sementara dan bertahan untuk sementara waktu. Namun, beberapa pengguna menganggap ikon loading ini permanen di komputer Windows mereka.


Jika kursor anda terus menampilkan ikon loading di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka kemungkinan ada aplikasi pihak ketiga yang mungkin melakukan beberapa task dibackground. Penyebab lainnya adalah jika anda telah menyesuaikan pointer mouse dan anda mungkin memilih pointer yang salah.




Memperbaiki Ikon Loading Mouse Tidak Menghilang di Windows 10/11


Gunakan beberapa saran berikut dibawah ini jika ikon loading kursor mouse yaitu roda berputar berwarna biru tidak hilang di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda dan kemudian stuck.



1. Restart Windows Explorer


Hal pertama yang harus anda lakukan adalah me-restart Windows Explorer. Jika masalah terjadi karena kesalahan kecil, ini akan memperbaiki masalah tersebut. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager..
  • Di jendela Task Manager di tab Processes, gulir ke bawah dan temukan Windows Explorer.
  • Setelah anda menemukannya, klik kanan pada Windows Explorer dan pilih Restart.



Setelah anda melakukan itu, tunggu beberapa saat dan kemudian periksa apakah ini memperbaiki masalah ini. Jika tidak, lanjut ke solusi berikutnya.



2. Nonaktifkan add-ons Explorer Pihak Ketiga


Ekstensi/add-ons Shell adalah komponen system yang memperluas fungsionalitas File Explorer dengan menambahkan item ke menu konteks.


Gunakan ShellExView untuk melihat detail ekstensi shell yang diinstall. Ekstensi shell non-Microsoft akan ditandai dengan warna merah jambu. Nonaktifkan ekstensi ini satu per satu. Restart Explorer setelah menonaktifkan salah satu ekstensi dan lihat apakah ekstensi mulai berfungsi normal. Jika ya, maka kemungkinan besar ekstensi tersebut yang bermasalah. Jika tidak, terus nonaktifkan ekstensi lainnya dan aktifkan kembali ekstensi shell pihak ketiga yang sebelumnya anda nonaktifkan dan restart kembali Explorer. Lakukan ini satu per satu hingga anda mengidentifikasi ekstensi yang menyebabkan masalah.




3. Pantau Penggunaan CPU, Disk dan RAM di Task Manager


Saat sebuah program menjalankan suatu task, kursor mouse menampilkan ikon loading. Dalam kasus anda, ikon loading tampak permanen. Oleh karena itu, ini berarti suatu proses terus berjalan di background. Anda dapat memeriksanya di Task Manager.

  • Buka Task Manager seperti langkah diatas dan pilih tab Processes.
  • Sekarang, pantau penggunaan CPU, Memory dan Disk.
  • Jika anda melihat tingginya penggunaan pada salah satu resource tersebut, maka klik tab resource tersebut untuk membawa proses yang bertanggung jawab ke bagian atas.
  • Setelah itu, pilih proses tersebut dan klik End Task untuk mengakhiri proses tersebut.



Sekarang lihat apakah ada perubahan.


Anda mungkin juga melihat proses Windows di Task Manager yang menyebabkan resource system tinggi. Jangan akhiri proses tersebut dalam kasus ini, karena menghentikan proses Windows dapat membuat system anda tidak stabil. Jika demikian, restart system anda dan lihat apakah ini membantu.



4. Perbaiki File System Image Anda


File system image yang rusak juga dapat menyebabkan masalah seperti ini. Jadi, saya menyarankan anda untuk memperbaiki file system image anda dan melihat apakah itu membantu. Windows 10 dan Windows 11 memiliki tool bawaan untuk memperbaiki file system image yang rusak. Gunakan tool System File Checker (SFC) dan Deployment Image Servicing and Management (DISM) untuk memperbaiki file system image yang rusak.




5. Pecahkan Masalah Dalam Clean Boot


Sebuah program yang berjalan di background mungkin menyebabkan masalah ini. Untuk mengkonfirmasi hal ini, mulai system anda dalam Clean Boot. Semua aplikasi dan service startup pihak ketiga tetap dinonaktifkan dalam status Clean Boot. Oleh karena itu, jika masalah hilang dalam status Clean Boot, maka anda harus mengidentifikasi aplikasi atau service pihak ketiga yang bermasalah tersebut. Proses ini akan memakan waktu anda , namun masalah anda akan teratasi.




6. Ubah Scheme Kursor Mouse Anda


Jika anda telah menyesuaikan pointer mouse, maka anda mungkin memilih pointer yang salah. Jadi periksa ini di Properties Mouse anda. Langkah-langkah berikut akan memandu anda dalam hal ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter untuk membuka Control Panel.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Small/Large icons dan pilih Mouse.
  • Jendela Properties Mouse akan muncul dan alihkan ke tab Pointers.
  • Dibawah bagian Scheme, pilih scheme lain untuk memilih pointer mouse anda.
  • Atau, anda juga dapat mengubah pointer mouse Normal Select ke deault dengan mengklik tombol Browse.
  • Setelah selesai, klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.




7. Install Ulang Driver Mouse Anda


Anda juga dapat mencoba menginstall ulang driver mouse anda. Terkadang, masalah terjadi karena driver mouse yang rusak. Dalam kasus seperti itu, menginstall ulang driver mouse akan memperbaiki masalah tersebut. Ikuti langkah-langkah yang disediakan di bawah ini untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Win + X dan tekan M untuk membuka Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas bagian Mice and other pointing devices.
  • Setelah itu, klik kanan pada driver mouse anda dan pilih Uninstall device.
  • Kemudian klik Uninstall di jendela konfirmasi.
  • Setelah itu, restart komputer anda.



Windows akan secara otomatis menginstall driver mouse yang hilang saat restart.



Semoga membantu.


Sekian artikel saya kali ini. Semoga salah satu saran diatas membantu anda dalam memperbaiki ikon loading mouse tidak menghilang di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Ikon Loading Mouse Tidak Menghilang di Windows 10/11"