Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan ShellExView untuk Melihat dan Menonaktifkan Ekstensi Shell di Windows

 


Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan cara menggunakan ShellExView untuk melihat dan menonaktifkan Ekstensi Shell pada komputer dengan Windows 10 atau Windows 11 anda. Ekstensi Shell (Shell Extension) merupakan objek COM yang memperluas fungsi Windows Shell (Explorer).


Terdapat beberapa jenis Ekstensi Shell yang ada di Windows. Contohnya, terdapat ekstensi handler menu Shortcut yang menambahkan item ke menu konteks aplikasi, ekstensi handler Drop yang memungkinkan pengguna untuk menarik dan melepaskan file sebagai target untuk file lain dan ekstensi handler ikon yang membantu pengguna dalam mengubah ikon default file dan menetapkan ikon secara dinamis ke objek file.


Meskipun sebagian besar Ekstensi Shell merupakan bagian dari system operasi Windows, ada beberapa ekstensi yang sering diinstall melalui software pihak ketiga. ShellExView adalah sebuah tool gratis yang menampilkan informasi rinci mengenai Ekstensi Shell yang terinstall pada PC Windows dan memberikan opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan ekstensi tersebut.



Cara Menggunakan ShellExView


Ketika anda menginstall aplikasi dari pihak ketiga, beberapa Ekstensi Shell akan terakumulasi di komputer Windows anda. Ekstensi shell tersebut dapat menyebabkan masalah seperti Explorer yang sering berhenti merespons saat event tertentu, lambatnya respon saat mengklik kanan dan masalah lain pada menu konteks di Windows. Dengan menggunakan ShellExView, anda dapat mengidentifikasi Ekstensi Shell yang menyebabkan masalah dan dengan mudah menonaktifkannya untuk memperbaiki masalah yang terkait dengan Windows tersebut.


Berikut adalah cara anda dapat menggunakan ShellExView untuk melihat dan menonaktifkan Ekstensi Shell pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Download dan Jalankan ShellExView


Untuk mendapatkan freeware ini, silakan kunjungi website nirsoft.net dan gulir ke bagian bawah halaman hingga anda menemukan link download. Anda dapat mendownload ShellExView dalam format file ZIP atau pilihan lainnya yaitu file executable yang dapat anda download dengan mudah.



File ZIP berisi eksekutor mandiri yang dapat digunakan tanpa perlu instalasi. Anda dapat menyimpan file tersebut di lokasi yang anda inginkan di drive C dan cukup klik dobel pada file tersebut untuk menjalankan program. Namun, jika anda mendownload self-install executablel, maka anda perlu menjalankan file setup terlebih dahulu untuk menginstall ShellExView di komputer Windows anda. Setelah terinstall, anda dapat menggunakan fitur Search Windows untuk menemukan dan menjalankan program tersebut.


Tips: Download self-install executable. Lebih mudah menguninstall program daripada menghapus aplikasi secara manual di Windows.



2. Lihat Ekstensi Shell


Ketika anda menjalankan program, anda akan melihat sejumlah besar ekstensi shell Windows yang ditampilkan dalam format tabel. Setiap kolom dalam tabel tersebut memberikan informasi tertentu mengenai ekstensi, seperti nama ekstensi, type (ShellExView menampilkan lebih dari 10 jenis ekstensi shell), versi ekstensi, status (dinonaktifkan atau diaktifkan), ukuran file (ukuran file ekstensi shell dalam byte) dan sebagainya.



Meskipun ShellExView sudah memberikan penandaan berwarna pink untuk ekstensi shell non-Microsoft, anda juga dapat menyembunyikan ekstensi bawaan (Microsoft) dari tampilan agar lebih mudah mengelola atau memanipulasi ekstensi. Caranya, klik menu Options yang terletak di bagian atas jendela ShellExView, kemudian pilih opsi Hide All Microsoft Extensions.




3. Nonaktifkan Ekstensi Shell


Sekarang, setelah anda memiliki daftar semua ekstensi shell pihak ketiga, anda dapat menonaktifkan ekstensi tersebut untuk menyelesaikan berbagai masalah yang mungkin terjadi.


Misalnya, jika menu konteks anda membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk dimuat, maka anda dapat mempercepatnya dengan menonaktifkan ekstensi shell menggunakan ShellExView. Ini menghapus item tambahan dari menu konteks file dan membuatnya memuat lebih cepat.


Untuk melakukannya, anda dapat mengklik kolom Type untuk mengurutkan daftar ekstensi shell. Kemudian navigasikan ke ekstensi shell Context Menu. Anda dapat mencari ikon aplikasi di sebelah kiri untuk menemukan aplikasi tertentu yang telah membuat menu atau menggunakan metode trial-and-error jika anda tidak yakin ekstensi pihak ketiga mana yang memperlambat menu klik kanan Explorer anda. Anda dapat menonaktifkan ekstensi shell satu per satu atau membaginya menjadi beberapa kelompok dan kemudian menggunakan metode trial-and-error jika anda memiliki banyak ekstensi pihak ketiga yang terinstall di system anda.


Untuk menonaktifkan ekstensi, pilih ekstensi shel-nya dari daftar, kemudian klik menu File atau klik kanan pada ekstensi shell dan pilih Disable Selected Items. Anda juga dapat menekan tombol F7 untuk menonaktifkannya setelah anda memilih ekstensi shell.


Untuk mengaktifkan kembali ekstensi shell, klik menu File atau klik kanan pada ekstensi shell dan pilih Enable Selected Items. Anda dapat memilih ekstensi shell dan tekan tombol F8 untuk mengaktifkannya.



Tool ini dapat digunakan untuk memecahkan masalah menu konteks di lingkungan Explorer seperti:


Itulah bagaimana anda dapat menggunakan ShellExView untuk melihat dan menonaktifkan Ekstensi Shell di Windows. Tool gratis ini juga menawarkan untuk melakukan banyak hal lain.



Semoga bermanfaat untuk anda!


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menggunakan ShellExView untuk melihat dan menonaktifkan Ekstensi Shell di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Cara Menggunakan ShellExView untuk Melihat dan Menonaktifkan Ekstensi Shell di Windows"