Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Menu Konteks Klik kanan Untuk Membuat Folder Baru Tidak Berfungsi di Windows 10/11

 


Cara termudah untuk membuat folder, document, shortcut atau file teks baru adalah dengan mengklik kanan di sembarang tempat kosong, kemudian memilih New - Folder, dan kemudian kita akan membuat folder baru. Namun, jika anda tidak dapat membuat folder baru, karena klik kanan New - Folder anda tidak berfungsi, maka artikel kali ini akan membantu anda.


Catatan: Perbaikan error yang di jelaskan disini tidak berkaitan dengan mouse yang rusak atau mouse yang tidak terdeteksi di PC anda!





Mengatasi Klik kanan New - Folder Tidak Berfungsi


1. Menggunakan Registry Editor


Jika anda tidak dapat membuat folder baru, karena saat anda klik kanan, konteks menu New tidak menampilkan apa-apa maka sebagai gantinya anda dapat membuat shortcut baru. Backup registry atau buat restore point terlebih dahulu sebelum mengikuti metode ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit diikuti dengan menekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, navigasikan ke jalur berikut dibawah ini.
HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\Background\shellex\ContextMenuHandlers\New
  • Sekarang kita perlu membuat string. Klik kanan ruang kosong di panel kanan dan pilih New - String Value, kemudian beri nama dengan (Default).


  • Klik dobel padanya dan masukan nilai dibawah ini di bagian value data. Klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.
{D969A300-E7FF-11d0-A93B-00A0C90F2719}


  • Setelah itu restart PC anda dan coba kembali. Semoga konteks menu klik kanan New-nya kembali.

Jika anda melihat string (Default) sudah ada, maka coba periksa value datanya, apakah sama atau tidak. Jika berbeda maka masukan nilai yang diatas ke kotak value data untuk menggantikannya.


2. Ubah Handler menjadi Handler 2 dan NullFile menjadi NullFile 2

Salah satu pengguna melaporkan bahwa dia dapat menemukan banyak key yang seharusnya tidak ada disana di bawah jalur HKEY_CLASSES_ROOT\Folder\ShellNew di Registry Editor.

Masalah yang terjadi pada anda karena Handler yang menyebabkan masalah dan membuat shortcut, bukan folder. Ketika diubah dari Handler menjadi Handler2 dan NullFile menjadi NullFile2, maka itu akan mulai bekerja kembali.

Anda juga harus perhatikan bahwa harus ada string dengan value data kosong dengan nama Directory. Anda dapat perhatikan string yang ada disana seperti di gambar dibawah ini.




3. Menggunakan ShellExView

Cara termudah untuk memperbaiki masalah dengan menu konteks klik kanan adalah menggunakan ShellExView. Jika salah satu value registry yang menyebabkan masalah, maka anda dapat menggunakannya untuk memperbaikinya.



Saya akan membuat daftar lebih banyak menu editor klik kanan atau shell editor yang akan anda temukan dan download untuk menggunakannya.


4. Reset PC Windows Anda

Jika tidak ada yang membantu, anda dapat menggunakan opsi Reset This PC, dan pastikan anda memilih untuk menyimpan file anda.


Sekian! Saya harap artikel ini membantu anda dan kemudian anda dapat membuat folder lagi. Anda juga dapat membaca tutorial saya tentang cara memperbaiki Windows Explorer yang error atau cara menghapus Folder Quick Access dari File Explorer Windows 10/11.

Sekian tutorial kali ini, semoga dapat membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Menu Konteks Klik kanan Untuk Membuat Folder Baru Tidak Berfungsi di Windows 10/11"