Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Menu Klik Kanan Menghilang Dengan Cepat di Windows 10/11

 


Seringkali kita menggunakan klik kanan mouse untuk melakukan berbagai operasi yang berbeda. Menu konteks klik kanan muncul dan menampilkan opsi yang berbeda tergantung pada aplikasi yang sedang digunakan. Namun, terkadang mungkin kita mengalami masalah dimana menu konteks klik kanan muncul sebentar dan kemudian menghilang dengan cepat sebelum kita dapat memilih opsi yang diinginkan. Jika anda mengalami masalah ini, berikut adalah beberapa saran yang dapat anda ikuti untuk memperbaikinya.



Memperbaiki Menu Klik Kanan Menghilang Dengan Cepat


Jika menu konteks klik kanan muncul hanya sebentar dan langsung menghilang dengan cepat sehingga anda tidak dapat memilih opsi, maka gunakan solusi berikut ini untuk memperbaiki masalah tersebut. Sebelum anda melanjutkan, anda perlu memeriksa Windows Update terlebih dahulu dan jika update tersedia, maka silahkan install dan lihat apakah itu memperbaiki masalah atau tidak.



1. Restart Windows Explorer


Ini adalah hal pertama yang harus anda lakukan. Anda perlu merestart Windows Explorer dan lihat apakah itu membantu. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager.
  • Di jendela Task Manager, pastikan anda berada di tab Processes.
  • Kemudian, pilih Windows Explorer dan klik Restart atau Restart task.
  • Tunggu beberapa menit dan kemudian periksa apakah masalahnya telah di perbaiki atau tidak.




2. Perbaiki System Image


File system image yang rusak adalah salah satu penyebab paling umum dari jenis masalah tersebut. System File Checker (SFC) adalah tool bawaan Windows 10 dan Windows 11 yang berfungsi untuk memperbaiki file system yang rusak. Jadi, jalankan scan SFC dan lihat apakah itu membantu. Proses ini akan memakan waktu, jadi anda harus menunggu sampai prosesnya selesai. Jangan mengganggu prosesnya.



Saat scan SFC selesai atau SFC tidak memperbaiki masalah ini atau SFC mendapatkan error, maka saya sarankan anda untuk menjalankan scan Deployment Image Servicing and Management (DISM) untuk memperbaiki system image Windows anda yang mungkin rusak. Setelah DISM selesai, jalankan kembali scan SFC untuk memperbaiki file system anda.




3. Ubah Performance Options


Beberapa pengguna dapat memperbaiki masalah dengan mengubah Performance Options. Anda juga harus mencoba ini. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, pilih System dan klik About.
  • Selanjutnya, klik Advanced System Settings.
  • Di jendela System Properties yang muncul, pastikan anda berada di tab Advanced.
  • Kemudian, klik Settings dibawah bagian Performance.
  • Di jendela Performance Options, hapus ceklist pada opsi Animate controls and elements inside windows.
  • Setelah itu, klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.



Sekarang, anda dapat memeriksanya kembali dan lihat apakah masalahnya sudah diperbaiki. Jika tidak, gunakan solusi lainnya.



4. Uninstall Update Window Terbaru


Menurut laporan, beberapa pengguna mengalami masalah ini setelah menginstall update Windows. Jadi, jika anda juga baru mengupdate Windows anda dan kemudian mendapatkan masalah ini, maka anda dapat menguninstall update Windows terbaru. Anda dapat mengikuti salah satu metode di artikel ini untuk menguninstall update Windows anda.




5. Pecahkan Masalah dalam Clean Boot


Masalah ini mungkin terjadi karena aplikasi background pihak ketiga yang bertentangan. Untuk mengkonfirmasi ini, anda harus memecahkan masalah dalam Clean Boot. Saat anda menonaktifkan semua aplikasi startup dan service pihak ketiga, status tersebut disebut Clean Boot.


Jika masalah tidak terjadi dalam Clean Boot, maka anda harus mencari tahu aplikasi atau service pihak ketiga mana yang menyebabkan masalah. Untuk ini, anda dapat mengaktifkan beberapa aplikasi startup menggunakan Task Manager dan merestart komputer anda. Jika masalah tidak berlanjut, maka aktifkan kembali aplikasi startup lainnya. Jika masalah terjadi, maka salah satu aplikasi yang baru saja anda aktifkan adalah penyebabnya.


Untuk mengidentifikasinya, buka Task Manager, kemudian nonaktifkan salah satu aplikasi startup. Setelah itu, restart komputer anda dan periksa apakah masalah berlanjut.



Ulangi langkah-langkah di atas hingga anda menemukan aplikasi startup yang bentrok. Ikuti prosedur yang sama untuk mengidentifikasi service pihak ketiga yang bertentangan, tetapi kali ini anda harus menggunakan MSConfig.




6. Pause Sinkronisasi OneDrive


Beberapa pengguna yang terpengaruh melaporkan bahwa masalah terjadi karena sinkronisasi OneDrive. OneDrive terus menyinkronkan file anda di background. Untuk memeriksa apakah ini yang anda alami, maka anda perlu mem-pause sinkronisasi OneDrive. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Klik aplikasi OneDrive dari Taskbar.
  • Kemudian klik ikon roda gigi dan perluas Pause syncing.
  • Selanjutnya, pilih durasi waktu yang ingin anda pause.
  • Setelah itu, berikan sekitar satu menit sebelum anda memeriksa kembali apakah masalahmasih terjadi atau tidak.



Jika ini memperbaiki masalah, maka uninstall OneDrive dan install ulang dengan mendownload versi terbarunya dari website resmi Microsoft. Atau anda juga dapat menginstal aplikasi OneDrive dari Microsoft Store.



7. Lakukan System Restore


System Restore adalah utilitas yang dpat mengembalikan system anda ke kondisi kerja sebelumnya saat terjadi masalah. Melakukan System Restore dapat memperbaiki masalah ini. Saat memulihkan system anda, pilih tanggal sebelum menu klik kanan berfungsi dengan baik. Perhatikan bahwa utilitas ini akan menghapus semua program yang telah anda install setelah tanggal yang dipilih. File pribadi anda tidak akan terpengaruh oleh tindakan ini.




8. Upgrade Windows Menggunakan Media Creation Tool


Jika tidak ada perbaikan di atas yang membantu, maka anda perlu memperbaiki system anda. Lakukan upgrade Windows menggunakan Media Creation Tool untuk memperbaiki Windows 10 atau Windows 11 anda. Metode ini akan menginstall system operasi Windows di atas system operasi Windows yang terinstall saat ini tanpa menghapus instalannya. Oleh karena itu, tidak ada risiko kehilangan data. Tetapi selalu lebih baik untuk membackup data anda.




Semoga membantu anda!


Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Menu Klik Kanan menghilang dengan cepat di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Menu Klik Kanan Menghilang Dengan Cepat di Windows 10/11"