Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Uninstall Aplikasi OneDrive di Windows 10/11


Dimulai dengan Windows 8, setiap system Windows sudah terinstal dengan aplikasi OneDrive, layanan penyimpanan cloud gratis dari Microsoft. Ceritanya tidak berbeda di Window 10 dan Windows 11. Jika anda sudah menggunakan layanan cloud lain seperti Google Drive atau Dropbox, kemungkinan anda sudah menginstal aplikasi yang relevan untuk menyinkronkan file dan folder anda dengan cloud, dan anda mungkin ingin uninstall OneDrive dari system Windows 10 atau Windows 11 anda.

Tapi seperti kebanyakan aplikasi yang sudah terinstal sebelumnya, tidak ada cara  untuk dengan mudah menghapus OneDrive dari Window 10. Oleh karena itu, jika anda ingin menghapusnya dari PC Windows anda, disini saya akan menunjukan bagaimana anda dapat sepenuhnya menghapus OneDrive dari Windows 10 atau Windows 11.


Uninstal OneDrive dari Windows 10/11

Karena tidak ada cara mudah untuk menguninstall OneDrive dari Window 10 atau Windows 11, kita akan menggunakan Command Prompt untuk menghapusnya. Sebelum kita melakukan itu, kita perlu menutup aplikasi OneDrive.
  • Untuk melakukan itu, klik kanan pada ikon OneDrive di taskbar dan pilih opsi Quit OneDrive.
  • Tindakan ini akan memunculkan jendela konfirmasi. Cukup klik tombol Close OneDrive untuk keluar dari aplikasi OneDrive. Tindakan ini juga akan mematikan proses OneDrive. Jika anda tidak yakin, anda dapat memeriksa hal yang sama di tab Processes di Task Manager.
  • Setelah keluar dari aplikasi OneDrive, klik pencarian Cortana dan ketik cmd, kemudian pada Command Prompt klik pilihan Run as Administrator.
  • Setelah Command Prompt dibuka, masukkan perintah berikut tergantung pada arsitektur system anda.
  • Jika anda menggunakan system 32-bit, gunakan perintah di bawah ini.
%systemroot%\System32\OneDriveSetup.exe /uninstall
  • Jika anda menggunakan system 64-bit, gunakan perintah di bawah ini.
%systemroot%\SysWOW64\OneDriveSetup.exe /uninstall
  • Segera setelah anda menjalankan perintah, Windows akan menghapus aplikasi OneDrive untuk selamanya. Command Prompt tidak akan menghasilkan pesan konfirmasi apapun.

Bahkan, jika anda membuka Windows Explorer, anda tidak dapat lagi menemukan OneDrive di dalamnya. Anda juga dapat mencoba mencarinya di Start Menu.



Sekarang anda juga dapat menghapus semua folder OneDrive dengan aman di lokasi yang berbeda jika anda tidak ingin memiliki sisa dari aplikasi tersebut.
  • Untuk melakukan itu, buka Windows Explorer, pilih tab View dan kemudian beri ceklist pada kotak Hidden Items.
  • Setelah hidden folders di beri ceklist, buka folder ProgramData dan hapus folder Microsoft OneDrive.
  • Sekarang, menuju ke folder Profil Pengguna anda dan hapus folder OneDrive. Jika anda bertanya-tanya dimana lokasinya, maka lokasi tersebut akan menjadi seperti C:\Users\User Name anda.
  • Di folder yang sama, buka folder App Data dan arahkan ke folder Local dan kemudian ke Microsoft. Hapus folder OneDrive. Jika anda menghadapi masalah menghapus folder, Restart system anda terlebih dahulu kemudian coba hapus lagi.

Anda berhasil menghapus OneDrive beserta folder-foldernya dari Windows 10 atau Windows 11.


Install OneDrive di Windows 10/11

Di masa depan jika anda ingin menggunakan OneDrive lagi, maka anda dapat dengan mudah menginstalnya kembali dengan menjalankan perintah di bawah ini di Command Prompt.
  • Untuk system 32-bit:
%systemroot%\System32\OneDriveSetup.exe
  • Untuk system 64-bit:
%systemroot%\SysWOW64\OneDriveSet.exe


Segera setelah anda menjalankan perintah, Windows akan menginstal OneDrive dan anda dapat segera mengonfigurasikannya.



Sekian. Berikan komentar di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang menggunakan metode di atas untuk menghapus aplikasi OneDrive dari Windows 10 atau Windows 11. Terimakasih. GBU

Post a Comment for "Cara Uninstall Aplikasi OneDrive di Windows 10/11"