Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengakses File di Windows 10/11 Menggunakan OneDrive


OneDrive adalah salah satu layanan penyimpanan cloud gratis populer yang memungkinkan anda menyimpan dan mengakses file anda dengan mudah dari mana saja. Bahkan, ia sudah diinstal pada system Windows 10 atau Windows 11 anda, dan yang harus anda lakukan adalah masuk dengan akun Microsoft anda untuk mulai menggunakannya. Meskipun tidak memberikan ruang kosong sebanyak Google Drive, itu masih sangat digunakan di kalangan pengguna Office dan yang lainnya seperti siswa yang menggunakan aplikasi gratis seperti OneNote. Sebaiknya, salah satu fitur yang kurang terkenal dari aplikasi OneDrive desktop di Windows 10 dan Windows 11 adalah fitur Akses File Jarak Jauh yang ada di dalamnya.

Dengan menggunakan fitur ini, anda dapat mengakses semua file dan folder dalam system Windows 10 atau Windows 11 anda dari jarak jauh dari browser web apapun di system apapun. Bahkan jika anda tidak menggunakan OneDrive sebagai layanan penyimpanan cloud utama anda, fitur ini dapat membantu anda pada saat dibutuhkan. Artikel ini akan menunjukkan kepada anda cara mengaktifkan fitur Akses File Jarak Jauh di aplikasi OneDrive desktop di Windows 10 dan Windows 11.


Beberapa Hal Sebelum Memulai

1. Fitur Fetch di OneDrive hanya tersedia di Windows 11, 10 dan 7. Jika anda menggunakan Windows 8.1, maka anda tidak memiliki akses ke fitur tersebut.

2. Untuk mengakses file dan folder dari jarak jauh pada system Windows 10 atau Windows 11, system harus terhubung ke internet dan aplikasi OneDrive berjalan. Jika system tidak terhubung ke internet atau dimatikan, maka anda tidak dapat mengakses file dari system Windows 10 atau Windows 11 tersebut.

3. Meskipun saya menunjukkan ini di Windows 10, prosedurnya sangat mirip di Windows 11 bahkan ketika anda menggunakan Windows 7. Namun, anda harus mendownload dan menginstall aplikasi OneDrive desktop jika anda belum melakukannya.


Aktifkan Fetch Feature di OneDrive

Untuk mengaktifkan fitur akses file jarak jauh di OneDrive, cari OneDrive di Start Menu dan buka.


Tindakan di atas akan membuka folder OneDrive. Aplikasi OneDrive desktop mulai berjalan dan anda meminimalkannya ke taskbar. Kemudian klik kanan pada ikon OneDrive di taskbar, dan kemudian pilih opsi Settings.


Di jendela settings OneDrive, arahkan ke tab Settings, dan beri ceklist di kotak Let me use OneDrive to fetch any of my files on this PC, dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.


Agar perubahan diterapkan, anda perlu memulai ulang aplikasi. Klik kanan pada ikon OneDrive di taskbar dan pilih opsi Quit OneDrive untuk menutup aplikasi.


Anda akan menerima jendela konfirmasi. Klik pada tombol Close OneDrive. Untuk memulai aplikasi OneDrive lagi, ikuti langkah pertama.


Sekarang, masuk ke situs web resmi OneDrive dan Login dengan akun Microsoft anda. Setelah masuk, anda akan melihat opsi baru yang disebut PCs di sidebar. Klik opsi tersebut untuk melanjutkan.

Pada halaman ini, klik nama PC anda di bawah bagian PCs.

Anda akan diminta untuk pemeriksaan keamanan. Cukup klik tombol Sign in with a security code. Tergantung pada pengaturan akun anda, anda mungkin diminta untuk OTP anda. Masukkan Kode Sekali Pakai yang dikirim Microsoft ke no tlp atau email anda untuk melanjutkan.


Anda sekarang akan melihat semua folder yang dikenal seperti Documents, Videos, Pictures, dll. Jika anda menggulir ke bawah sedikit, anda akan melihat semua drive anda dalam system Windows 10 anda. Anda bahkan dapat mengakses file dari perangkat penyimpanan eksternal lainnya seperti thumb drive yang terpasang ke system anda.


Karena anda dapat mengakses semua file dan folder, anda dapat mendownloadnya dengan mengklik kanan file dan memilih opsi Download.


Anda juga dapat stream media dengan memilih opsi Open atau menguploadnya ke OneDrive dengan memilih opsi Upload to OneDrive.


Satu hal yang perlu diingat adalah ketika anda mengakses file menggunakan fitur OneDrive fetch, anda hanya akan memiliki akses hanya baca. Ini berarti anda tidak dapat membuat, memodifikasi, atau menghapus file atau folder apapun di system utama anda melalui antarmuka OneDrive web.


Bagaimana menurut anda? Apakah sangat membatu anda dengan adanya Fitur dari OneDrive ini? Berikan komentar di bawah ini membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang fitur akses file jarak jauh di aplikasi OneDrive untuk Windows 10. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengakses File di Windows 10/11 Menggunakan OneDrive"