Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Menu Klik Kanan Tidak Hilang Setelah Memilih Opsi di Windows 10/11

 


Jika saat anda mengklik kanan dan memilih opsi dari menu konteks tetapi menu klik kanan tersebut tidak hilang dari layar Windows 10 atau Windows 11 anda, maka artikel ini siap membantu anda dengan beberapa solusi sederhana. Masalah ini dapat terjadi jika file system rusak, pengaturan Performance Options yang salah, profile account  yang rusak atau lainnya.


Jika anda juga menghadapi masalah yang sama di komputer Windows anda, maka solusi yang akan dijelaskah dibawah ini dapat memperbaiki masalah ini dengan suskses.




Memperbaiki Menu Klik Kanan Terus Muncul di Windows 10/11


Masalah ini berbeda dari masalah dimana menu konteks freezing atau terbuka dengan lambat. Disini, pengguna dapat memilih opsi di menu konteks, tetapi menu klik kanan stuck di layar dan tidak menghilang setelah anda memilih salah satu opsi. Untuk memperbaikinya, ikuti panduan berikut ini untuk memperbaiki masalah ini.



1. Perbaiki File System Image


File system image yang rusak dapat menyebabkan jenis masalah seperti ini di komputer Windows anda. Saya menyarankan anda memperbaiki file system image anda dan melihat apakah itu membantu. Untuk melakukannya, anda harus menggunakan utilitas bawaan, System File Checker (SFC) dan juga Deployment Image Servicing and Management (DISM). Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Atau anda dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
SFC /ScanNow
  • Proses ini akan memakan waktu. Karenanya, jangan tutup Command Prompt hingga Windows menscan dan memperbaiki file system yang rusak.


  • Setelah selesai, restart komputer anda dan periksa apakah masalah telah di perbaiki.
  • Jika tidak, maka jalankan perintah DISM berikut ini satu persatu sambil menekan Enter setelah memasukan perintah. Ini akan memperbaiki file system image yang rusak.
Dism /Online /Cleanup-Image /ScanHealth
Dism /Online /Cleanup-Image /CheckHealth
Dism /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth


  • Setelah selesai, anda dapat menjalankan kembali scan SFC dan kemudian restart komputer anda.

Jika anda mengalami masalah saat menjalankan perintah DISM, maka anda perlu menjalankan perintah DISM dengan menggunakan media instalasi sebagai sumber perbaikannya.

Langkah ini seharusnya memperbaiki file system image Windows anda yang rusak dan otomatis akan memperbaiki masalah ini. Anda seharusnya tidak menemukan masalah yang sama kembali.


2. Ubah Pengaturan Performance Options

Anda mungkin pernah memperhatikan menu klik kanan memudar dan kemudian menghilang dari layar setelah anda memilih opsi. Ini karena animasi Fade out yang diaktifkan secara default di Windows 10 dan Windows 11. Jika masalah masih berlanjut, maka menonaktifkan efek animasi ini pasti akan membantu memperbaiki masalah ini. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini untuk menonaktifkan animasi Fade out.
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings:
    • Windows 10: Pilih System, kemudian pilih About di panel kiri dan klik Advanced system settings di panel kanan.
    • Windows 11: Pilih System di panel kiri dan klik About di panel kanan. Di halaman berikutnya klik Advanced system settings.
  • Di jendela System Properties yang muncul, pastikan anda berada di tab Advanced dan klik Settings dibawah bagian Performance.
  • Di jendela Performance Options, hapus ceklist pada opsi Fade out menu items after clicking.
  • Setelah itu, klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.


Jika itu tidak membantu, maka anda juga perlu menghapus ceklist pada pada opsi Fade lainnya.


3. Buat User Account Baru

Terkadang, user account yang  rusak juga dapat menimbulkan banyak masalah di komputer anda. Ini mungkin terjadi pada anda dan pada akhirnya menyebabkan masalah ini. Oleh karena itu, anda dapat membuat user account baru dan melihat apakah itu memperbaiki masalah. Jika ya, maka anda perlu memperbaiki user account anda. Namun jika user account tidak dapat di perbaiki, maka anda dapat menggunakan user account yang baru anda buat, kemudian memindahkan file pribadi anda dari akun lama ke akun baru, selanjutnya mengubah akun standart tersebut menjadi administrator account dan terakhir, menghapus akun lama anda.



4. Ubah Pengaturan about:config (jika anda mengalami masalah ini di Firefox)

Biasanya, menu klik kanan hilang saat kita menekan klik kiri mouse kita di ruang kosong di jendela. Tetapi ini tidak terjadi pada beberapa pengguna. Menurut mereka, menu konteks klik kanan tidak hilang meskipun mereka menekan klik kiri dimana saja di Firefox. Jika anda mengalami masalah seperti itu di Firefox, maka ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memperbaikinya.
  • Buka tab baru di Firefox, kemudian ketik about:config dan tekan Enter.
  • Jika anda melihat tombol Accept the Risk and Continue, klik tombol tersebut.
  • Sekarang, copy teks berikut, kemudian paste ke search bar di Firefox dan tekan Enter.
ui.popup.disable_autohide
  • Value entri diatas harus False. Jika True, maka klik dobel padanya untuk menjadikannya False.
  • Setelah itu, restart Firefox anda.


Masalah yang terjadi di Firefox sekarang harus diperbaiki.


Menu klik kanan berfungsi berfungsi dengan baik di Windows 10 dan Windows 11. Namun, menu klik kanan Windows 11 tidak menampilkan semua opsi secara default. Anda harus memilih Show more options untuk melihat menu klik kanan lama di Windows 11. Anda dapat mengembalikan menu konteks klik kanan lama di Windows 11 jika anda mau.

Jika anda mengalami masalah yang berbeda dengan menu konteks klik kanan di Windows 10 atau Windows 11, seperti anda tidak dapat mengklik kanan di Desktop, menu klik kanan tidak berfungsi di Taskbar, menu konteks klik kanan terus muncul, menu konteks klik kanan di Start Menu tidak muncul atau lainnya, maka langkah pertama adalah merestart Windows Explorer melalui Task Manager dan lihat apakah itu membantu. Jika tidak, coba perbaikan lain, seperti menonaktifkan tablet mode, menginstall ulang driver mouse dan lainnya.

Semoga itu membantu anda!

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki menu klik kanan tidak hilang setelah memilih opsi di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Menu Klik Kanan Tidak Hilang Setelah Memilih Opsi di Windows 10/11"