Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Nonaktifkan Menu Konteks Klik Kanan di Start Menu Windows 10

 


Ketika kita mengklik kanan pada aplikasi atau program yang disematkan (pin) di Start Menu, maka kita dapat mengubah ukuran tile, menyematkan program sebagai tile, menguninstall program, unpin tile, lunpin sekelompok tile, buka lokasi file program, menyematkan aplikasi ke taskbat, dan lainnya. Jika anda tidak ingin seseorang mengakses semua opsi tersebut dan mengacaukan Start menu anda, maka menonaktifkan opsi klik kanan untuk Start menu dapat berguna.


Dalam artikel kali ini, saya akan menunjukkan kepada anda cara mengaktifkan atau menonaktifkan menu konteks klik kanan di Start menu Windows 10.



Nonaktifkan Menu Konteks di Start Menu


Ada dua opsi bawaan di Windows 10 untuk mengaktifkan atau menonaktifkan klik kanan pada Start menu Windows 10. Anda dapat melakukannya dengan salah satu metode dibawah ini.



1. Menggunakan Group Policy Editor


Opsi bawaan ini hadir hanya dalam Windows 10 versi Enterprise dan Pro. Pengguna Home masih dapat menggunakan opsi ini namun anda harus mengaktifkan Group Policy Editor terlebih dahulu secara manual. Setelah itu, iktui langkah-langkah  dibawah ini untuk menonaktifkan atau mengaktifkan menu konteks klik kanan Start menu.


  • Buka Group Policy Editor dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter atau OK. Anda juga dapat mencarinya di Search Windows.

  • Sekarang, di jendela Group Policy Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.



  • Di panel kanan, temukan dan klik dobel pada Disable context menus in the Start Menu. Ini akan membuka jendela baru.



  • Di jendela bari ini, pilih Enabled dan simpan pengaturan ini dengan mengklik OK.



Sekarang anda dapat mencobanya. Klik kanan pada beberapa program atau aplikasi di Start menu dan itu tidak akan berfungsi.

Anda dapat mengaktifkan kembali opsi klik kanan untuk Start menu dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan memilih opsi Not Configured atau Disabled.


2. Menggunakan Registry Editor

Opsi ini ada di semua versi Windows 10. Karena kita akan berhubungan dengan registry, maka ada baiknya anda membackup registry anda atau membuat system restore point untuk berjaga-jaga jika terjadi kekeliruan dalam proses pengeditan.

Setelah melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka registry editor.

  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.


  • Jika anda tidak menemukan Explorer, buat key baru dengan cara klik kanan pada Windows, kemudian pilih opsi New - Key dan beri naman dengan Explorer.



  • Setelah itu buat DWORD. Klik kanan ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan DisableContextMenusInStart.



  • Klik dobel pada DWORD yang baru dibuat dan ubah value datanya menjadi 1, dan klik OK untuk menyimpan pengaturan.



  • Restart PC anda setelah menutup jendela registry.

Setelah booting, menu klik kanan di Start menu anda tidak akan ditampilkan lagi.

Untuk mengaktifkan kembali menu konteks klik kanan di Start menu, ikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, dan ubah value datanya menjadi 0 (nol) atau anda dapat menghapus DWORD tersebut.

Dengan menonaktifkan menu konteks klik kanan di Start menu, anda dapat mencegah tangan-tangan jahil mengacaukan Start menu anda. Salah satu masalah yang muncul di Start menu adalah blank tiles, jika anda mengalaminya maka anda dapat membaca cara memperbaiki blank tiles di Start Menu Windows 10. Atau jika anda ingin menambahkan link website ke Start menu maka baca juga tutorial saya tentang cara menambahkan link website di Start Menu Windows 10.

Sekian tutorial kali ini, semoga anda dapat menerapkannya di PC Windows 10 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Nonaktifkan Menu Konteks Klik Kanan di Start Menu Windows 10"