Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Blank Tiles di Start Menu Windows 10


Windows 10 memiliki Start Menu yang terbaik dari Windows 7 dan Windows 8. Bahkan, tampilannya lebih modern dan lebih bersih namun tetap ramah sentuhan. Dengan berbagai kegunaannya, dalam keadaan tertentu, Start menu mungkin menyebabkan beberapa masalah seperti fitur search/pencarian tidak berfungsi, tidak merespons ketika tombol Windows pada keyboard anda ditekan atau menampilkan blank tiles dengan titel yang hilang, dll. Jika Start Menu anda menampilkan blank tiles, berikut adalah beberapa cara untuk memperbaikinya.


1. Restart System Anda

Langkah ini mungkin terlihat bodoh, tapi percayalah, sebagian besar masalah akan diselesaikan dengan hanya me-restart system anda. Jadi, simpan semua pekerjaan anda, tutup semua program dan restart system anda.



2. Restart Windows Explorer

Jika anda tidak ingin merestart system anda, anda dapat mencoba merestart proses Windows Explorer untuk menyelesaikan masalah blank tiles Start Menu. Untuk melakukan itu klik kanan pada taskbar dan kemudian pilih opsi Task Manager. Atau, anda juga dapat membuka task manager menggunakan pintasan keyboard Ctrl + Shift + Esc atau Ctrl + Alt + Delete lalu pilih Task Manager.

Setelah task manager dibuka, di tab Processes gulir ke bawah ke bagian bawah daftar dan klik Windows Explorer. Setelah itu klik tombol Restart di pojok kanan bawah jendela Task Manager atau klik kanan padanya dan klik Restart.


Biasanya langkah ini harus menyelesaikan masalah tersebut. Jika tidak, teruslah membaca untuk langkah lainnya.


3. Sematkan Ulang Tiles yang Terpengaruh

Jika restart Windows Explorer juga tidak berhasil, maka coba sematkan kembali tiles yang terpengaruh. Untuk memulai, lepaskan pemasangan tiles dengan mengeklik kanan tiles yang terpengaruh dan memilih opsi Unpin from Start.


Tindakan ini membatalkan pemasangan tiles. Sekarang, cari aplikasi di Start Menu, klik kanan di atasnya, lalu pilih opsi Pin to start.



4. Bersihkan System Anda Menggunakan CCleaner

Kadang-kadang system atau menyimpan cache dan/atau file rusak lainnya mungkin mengganggu Start Menu. Dalam hal ini, anda perlu membersihkan system anda. Untuk melakukan itu, anda dapat menggunakan software gratis bernama CCleaner. Download software dan instal. Setelah diinstal, buka aplikasi, dan klik tombol Analyze.


Tindakan di atas akan menscan semua file dan hal-hal lain yang dapat dihapus dengan aman dari system anda. Setelah CCleaner selesai menganalisis, klik tombol Clean All untuk membersihkan system anda.


Atau anda juga dapat memilih Custom Clean  dan memilih file apa saja yang ingin di hapus. Kemudian klik Analyze kemudian Run Cleaner.

Atau, anda juga dapat menscan dan membersihkan Registry Windows anda untuk key registry yang tidak terpakai atau rusak. Anda dapat melakukannya dengan menavigasi ke tab Registry yang muncul di panel kiri dan kemudian mengklik tombol Scan for Issues.

Setelah memindai, pilih semua masalah, dan klik tombol Fix selected Issues.


Bagi saya, ini menyelesaikan masalah, tetapi mungkin berbeda dalam kasus anda.


5. Gunakan Troubleshooter Resmi Menu Start

Jika tidak ada yang berhasil, coba gunakan Troubleshooter Start Menu. Untuk memulai, download Troubleshooter Start Menu dan buka. Setelah dibuka, klik tombol Next untuk melanjutkan.


Sekarang, Windows akan menscan system anda, dan jika ada masalah dengan Start Menu anda, program akan secara otomatis menyelesaikan masalah.

Semoga membantu. Jangan lupa berikan komentar di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang menggunakan solusi di atas untuk memperbaiki blank tiles Start Menu di Windows 10. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Blank Tiles di Start Menu Windows 10"