Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Multiplayer COD Black Ops Cold War Tidak Berfungsi di Windows 10/11

 


Jika Multiplayer pada game COD Black Ops Cold War tidak berfungsi di PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka artikel ini akan membantu anda memperbaiki masalah ini.


Multiplayer mungkin tidak berfungsi di COD Black Ops Cold War karena masalah server dan koneksi internet. Namun, ada beberapa alasan potensial lain mengapa anda mendapatkan masalah ini di PC Windows anda. Beberapa penyebab masalah ini antara lain seperti ketidakcocokan system, driver graphics out of date atau rusak, file game rusak, kurangnya permission/izin dan juga karena interupsi dari aplikasi keamanan anda.



Memperbaiki Multiplayer COD Black Ops Cold War Tidak Berfungsi


Jika Multiplayer pada game COD Black Ops Cold War tidak berfungsi di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat mulai dengan merestart game dan PC anda. Anda juga perlu mengupdate game dan system operasi Windows anda ke versi terbaru. Dan jika itu tidak memperbaiki masalah ini, maka ikuti beberapa solusi berikut ini untuk memperbaikinya.



1. Periksa Kompatibilitas System Anda


Sebelum anda memulai dengan berbagai saran, periksa apakah PC anda kompatibel untuk menjalankan game COD Black Ops Cold War atau tidak. Berikut adalah persyaratan minimum system untuk menjalankan game ini.

OS

Windows 10/11 64-bit (update terbaru)

Processor

Intel® Core™ i5-2500K atau AMD Ryzen™ R5 1600X Processor

Memory

12 GB RAM

Graphics

NVIDIA® GeForce® GTX 970 / NVIDIA® GeForce® GTX 1660 Super atau AMD Radeon™ R9 390 / AMD Radeon™ RX 580

DirectX

Version 12

Network

Koneksi Internet broadband

Storage

175 GB ruang yang tersedia


Anda dapat memeriksa spesifikasi PC dan system anda melalui System Information atau melalui halaman About di jendela Settings Windows.



2. Verifikasi Koneksi Jaringan

Multiplayer pada COD Black Ops Cold War mungkin tidak berfungsi jika koneksi internet lambat atau tidak stabil. Oleh karena itu, anda perlu memverifikasi koneksi internet di system anda.

Jadi, verifikasi koneksi internet anda dengan menjalankan tes kecepatan internet anda menggunakan tool online seperti NetSpeedMonitor, Network Speed Test atau Speedtest by Ookla atau lainnya. Jika kecepatannya kurang dari paket yang anda pilih, pertimbangkan untuk merestart router/modem atau anda mungkin perlu memperbaiki masalah internet anda. Anda juga dapat menghubungi penyedia layanan internet anda untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. 



3. Periksa Server COD Black Ops

Server COD Black Ops Cold War terkadang mengalami downtime atau sedang dalam pemeliharaan. Jika itu masalahnya, maka anda tidak perlu melakukan tindakan apapun selain menunggu hingga memperbaiki masalah ini. Anda dapat memeriksa status server gam disini. Atau anda dapat mengkuti @Treyarch di Twitter untuk tetap mendapatkan informasi terbaru tentang downtime dan pemeliharaan terjadwal dari server game.



4. Jalankan Game dengan Hak Admin

Menjalankan game dengan hak administrator akan memastikan game tidak macet karena kurangnya permission/izin. Untuk melakukannya, anda hanya perlu mengklik kanan pada file COD Black Ops Cold War.exe dan kemudian pilih Run as Administrator. Lihat, apakah itu membantu memperbaiki masalah ini.


5. Update Driver Graphics

Solusi selanjutnya untuk memperbaiki masalah ini adalah memeriksa apakah driver graphics yang diinstall pada PC anda sudah diupdate ke versi terbaru atau belum. Driver bisa jadi out of date atau rusak dan itulah sebabnya multiplayer tidak berfungsi di COD Black Ops Cold War. Oleh karena itu, update driver graphics anda dan lihat apakah error dapat diperbaiki. Anda dapat mengikuti salah satu metoda berikut ini untuk mengupdatenya.
  • Update driver graphics melalui halaman Optional Updates di Windows Update.
  • Update driver graphics melalui Device Manager.
  • Disarankan untuk mengikuti langkah-langkah di artikel ini untuk mengupdate graphics card AMD atau di artikel ini untuk mengupdate graphics card NVIDIA.



6. Verifikasi File Game

Kerusakan file game dapat menyebabkan masalah ini. Untuk memperbaikinya, anda perlu memverifikasi file game Call of Duty Black Ops Cold War anda melalui launcher yang anda gunakan.



7. Izinkan Game Melalui Windows Defender Firewall

Windows Firewall dapat mengganggu game dan prosesnya dan menyebabkan multiplayer pada game COD Black Ops Cold War tidak berfungsi. Mengizinkan program di Windows Firewall dapat membantu memperbaiki error ini pada game. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.
  • Buka Windows Security di Windows anda.
  • Kemudian pilih Firewall & network protection dan klik Allow an app through firewall.
  • Di jendela Allowed apps, klik Change settings agar anda dapat mengedit daftarnya.
  • Selanjutnya klik Allow another app dan klik Browse untuk menambahkan file exe game COD Black Ops Cold dan juga launcher yang anda gunakan.
  • Setelah menambahkan semua file, sekarang beri ceklist pada kolom Public dan Private pada masing-masing file.
  • Setelah itu, klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.
  • Terakhir, restart komputer anda untuk menerapkan perubahan.


Anda juga dapat menambahkan proses executable (.exe) ke Exclusions antivirus anda dan lihat apakah itu berhasil.


8. Hapus Data Cache Battle.net

Multiplayer pada COD Black Ops Cold War tidak berfungsi dapat terjadi jika data cache klien Battle.net rusak. Oleh karena itu, hapus dan lihat apakah error dapat diperbaiki. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memperbaikinya.
  • Tutup klien Battle.net.
  • Selanjutnya, tekan tombol Win + R, kemudian ketik %ProgramData% dan tekan Enter.
  • Di lokasi yang terbuka di File Explorer, klik kanan pada folder Battle.net dan pilih Delete untuk menghapusnya.
  • Setelah itu, restart komputer anda.


Anda kemudian dapat meluncurkan kembali Battle.net dan jalankan COD Black Ops untuk melihat apakah error sudah diperbaiki.


9. Jalankan Perintah Jaringan Berikut ini


Anda dapat menggunakan Reset Windows Update Tool untuk melakukan itu atau jalankan perintah berikut ini satu per satu di Command Prompt dengan hak administrator. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.

ipconfig/release
ipconfig/all
ipconfig/flushdns
ipconfig/renew
netsh winsock reset



10. Install Ulang Game

Jika tidak satupun dari solusi diatas yang membantu anda, maka pertimbangkan untuk menginstall ulang COD Black Ops Cold War. Error terkadang terletak pada file inti game dan tidak dapat diperbaiki secara manual. Oleh karena itu install ulang game dan lihat apakah multiplayer mulai berfungsi kembali.


Semoga membantu anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Multiplayer COD Black Ops Cold War tidak berfungsi di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Multiplayer COD Black Ops Cold War Tidak Berfungsi di Windows 10/11"