Widget HTML Atas

Cara Izinkan atau Blok Program di Windows Firewall Windows 10/11

 


Microsoft selalu menambahkan fitur keamanan baru ke Windows dengan setiap updatenya. Windows 10 dan Windows 11 hadir dengan fitur keamanan superlatif yang bertentangan dengan versi software sebelumnya. Pengaturan firewall membentuk inti dari fitur keamanan, namun terkadang Firewall memblokir aplikasi favorit anda di Windows 10 atau Windows 11.


Firewall bawaan biasanya berfungsi dengan baik dan memblokir semua aplikasi berbahaya dan memungkinkan aplikasi yang sah. Namun dalam beberapa kasus, pengguna perlu mengambil kendali dan mengizinkan aplikasi mereka untuk melewati firewall. Sebelum kita mulai, saya ingin menyarankan anda untuk memeriksa dengan cermat apakah sebuah aplikasi sah belum dimasukkan kedalam whitelist di firewall. Di segmen ini, saya akan memandu anda melalui beberapa langkah yang akan membantu anda mengizinkan atau menolak aplikasi tertentu di Windows 10 Firewall.



Izinkan atau Blokir Program di Firewall Windows 10/11


Kita akan melihat cara membuat whitelist, mengizinkan, membuka blokir atau memblokir Program atau Aplikasi di Windows Firewall bawaan Windows 10 atau Windows 11. Anda dapat membuat blacklist atau whitelist aplikasi satu per satu atau juga memblokir program seperti Photoshop dari mengakses Internet.


Pertama, buka Windows Defender Security Center di system tray.


Kemudian pilih Firewall & network protection di panel kiri dan klik Allow an app through firewall di panel kanan.



Di jendela Allowed apps, klik Change settings agar anda dapat mengedit daftar blacklist atau whitelist aplikasi.


Sekarang pilih aplikasi yang ingin anda izinkan melalui Firewall dengan memberi ceklist di kotak disampingnya. Anda juga dapat menambahkan aplikasi secara manual dengan menggunakan opsi Allow another app.


Sekarang pilih tipe network yang dapat diakses aplikasi.

  • Private Network akan memungkinkan aplikasi untuk terhubung ke internet hanya di rumah atau kantor.
  • Public Network akan memungkinkan aplikasi terhubung ke internet dari mana saja termasuk hotspot WiFi Publik.



Kemudian klik OK untuk menyimpan pengaturan anda.


Untuk membuat blacklist aplikasi atau service dari firewall, yang perlu anda lakukan hanyalah menghapus ceklist pada kotak disamping aplikasi dan juga memastikan anda menolak akses network ke aplikasi yang sama. Fitur khusus ini sangat berguna dalam banyak kasus. Misalnya, anda dapat mengatur aplikasi perbankan anda untuk bekerja hanya di Private Network dan dengan demikian melindungi diri anda dari kurang amanannya WiFi publik.


Admin juga dapat membuat perubahan untuk masing-masing aplikasi dan ini pada dasarnya harus mencerminkan semua user account terbatas lainnya. Ini juga tampaknya merupakan cara yang baik untuk melarang aplikasi tertentu di Child Account untuk mendapatkan akses ke network. Berhati-hatilah saat menangani exception atau mengubah pengaturan firewall, jika tidak dilakukan dengan benar akan membuat PC anda rentan terhadap serangan.


Semoga bermanfaat! Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara mengubah tipe profil Network di Windows 11 atau cara menonaktifkan atau mengaktifkan Windows Defender Firewall di Windows 10/11.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengizinkan atau memblokir program di Windows Firewall Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

No comments for "Cara Izinkan atau Blok Program di Windows Firewall Windows 10/11"