Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat dan Mengkonfigurasi Child Account di Windows 10/11


Di Windows 10 Microsoft mulai memperkenalkan fitur built-in baru yang bernama Microsoft Family yang dapat digunakan untuk membuat Child Account untuk anak-anak anda atau siapa saja yang membutuhkan pengawasan orang dewasa pada aktivitas komputer mereka. Dengan Child Account, anda dapat mengontrol kapan pengguna dapat menggunakan komputer, aktivitas menjelajah website mereka, aplikasi, game, pembelian dalam game, pembelian pada store dan lainnya. Fitur ini juga disertakan dalam Windows 11.

Fitur Family Safety ini bukan hal baru; sebenarnya, anda dapat menggunakannya di versi sebelumnya seperti Windows 7 dengan menginstal Microsoft Windows Essentials. Namun, hal yang baik tentang fitur Family Safety di Windows 10 dan Windows 11 adalah anda dapat mengontrol dari jarak jauh bagaimana anak-anak anda menggunakan komputer darimana saja anda inginkan menggunakan akun Microsoft anda.

Jika anda memiliki anak atau adik anda di rumah dan ingin membatasi dan mengawasi aktivitas komputer mereka, berikut adalah cara anda dapat membuat dan mengonfigurasi Child Account di Windows 10 atau Windows 11.

Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa anda harus masuk dengan akun Microsoft anda, dan anak anda harus memiliki akun Microsoft untuk bergabung dengan family group.


Buat dan Konfigurasikan Child Account di Windows 10/11

Untuk memulai, klik Start dan buka Settings Windows anda atau anda juga dapat menggunakan tombol keyboard Win + I.

Setelah jendela Settings dibuka, klik pada opsi Accounts.

Di halaman Accounts, pilih opsi Family & Other Users di panel kiri dan kemudian pilih Add a Family Member di panel kanan. Seperti yang saya katakan sebelumnya, anda harus masuk dengan akun Microsoft anda, jika tidak, anda tidak akan memiliki opsi ini.


Setelah itu pilih tilih tombol Add a member kemudian masukan alamat email anak anda, dan klik tombol Next untuk melanjutkan. Jika anak anda belum memiliki email Microsoft, maka klik Create an email address for a child untuk membuatnya.


Silahkan klik tombol Confirm untuk konfirmasi penambahan akun ke Family Group, kemudian diikuti dengan klik tombol Close untuk menutup jendela konfirmasi.


Anak anda harus menerima undangan yang dikirim ke alamat email mereka. Minta anak anda untuk membuka akun email dan menerima undangan dengan mengklik tautan Accept now.


Di layar berikutnya klik tombol Yes untuk bergabung sebagai anggota.


Segera setelah anak menerima undangan, akun ditambahkan ke Microsoft Family, dan mereka dapat masuk ke akun pengguna mereka dan menggunakan PC seperti pengguna standar lainnya. Jika perlu, anak anda dapat menghapus akun mereka.


Setelah akun anak anda ditambahkan, anda dapat melihat perubahan yang tercermin di jendela Family & other users. Klik tautan Manage family settings online untuk menetapkan aturan bagi anak anda.


Di halaman pengaturan Microsoft Family, pilih dan klik pengguna anak yang ingin anda atur aturannya.

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mengaktifkan pelaporan aktivitas sehingga anda bisa mendapatkan info tentang segala hal seperti screen time atau waktu layar, peringatan, pembelian, dan lainnya. Untuk mengaktifkan pelaporan aktivitas, klik Activity dan aktifkan tombol di bawah Activity Reporting.


Catatan : Jika anda tidak dapat mengaktifkan tombol ini, maka anda harus mengaktifkan terlebih dahulu Manage permissions pada akun Microsoft anak anda.


Tepat di bawahnya, anda dapat mengaktifkan berbagai pengaturan seperti pengaturan penelusuran website, aplikasi dan game apa yang dapat digunakan dan diinstal, melihat lokasi anak anda dan anda bahkan dapat mengatur screen time sehingga anak hanya dapat menggunakan komputer dalam periode waktu yang ditentukan itu. Baca artikel saya untuk mengatur screen time di Windows 10/11.



Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang penggunaan fitur Microsoft Family di Windows 10 atau Windows 11. Terimakasih dan GBU. STAY AT HOME!!

Post a Comment for "Cara Membuat dan Mengkonfigurasi Child Account di Windows 10/11"