Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membatasi Screen Time di Windows 10/11 dengan Microsoft Account


Ini adalah hal mudah dan sederhana untuk anda terapkan pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, jadi jangan pikirkan sesuatu yang sulit untuk membatasi screen time (waktu layar) komputer di Windows. Yang anda butuhkan hanyalah akun Microsoft dimana Microsoft memberikan opsi untuk membuat Family Group yang mencakup semua akun keluarga anda, termasuk milik anak-anak anda. Dari sana, anda dapat benar-benar menetapkan batasan pada perangkat anak anda. Dengan metode ini, anda tidak akan mengkhawatirkan penggunaan perangkat pada larut malam atau saat anda sibuk bekerja. Mereka hanya dapat menggunakan perangkat mereka selama jam yang sudah anda atur sebelumnya.


Membatasi Waktu Layar

Sulit untuk secara konstan memonitor waktu layar komputer anak anda. Mereka dapat dengan mudah menggunakan komputer setelah anda tidur atau saat anda sedang bekerja. Namun, banyak aplikasi dan software kontrol orang tua tetapi itu tidak murah dan juga tidak mudah untuk digunakan. Anda tidak mungkin berharap anak anda akan melakukan apa yang anda minta. Namun dengan menggunakan kontrol gratis yang disediakan oleh Microsoft ini, anda akan mendapatkan kendali atas apa yang dilakukan anak anda di perangkat apapun yang mereka masuki menggunakan akun Microsoft mereka sendiri.


Microsoft Family Account

Setiap anggota keluarga anda dapat memiliki akun Microsoft sendiri. Anda kemudian dapat membuat Family Group untuk mengelola semua akun. Jika anda sudah memiliki Family Group, proses membatasi waktu aktif layar bahkan lebih mudah. Masuk ke Family Account anda untuk memulai.


Jika anda belum memiliki Family Group, anda dapat mengaturnya menggunakan login Microsoft anda saat ini. Kunjungi halaman Microsoft Family untuk memulai proses. Klik Create a family group dan ikuti petunjuknya. Setelah grup diatur, saatnya untuk menambahkan anggota. Di Family Account anda, pilih Add a family member. Pilih Member dan masukkan alamat email mereka untuk mengundang mereka. Mereka harus menerima undangan anda untuk bergabung dengan grup.


Menyiapkan Child Account (Akun Anak)

Untuk membatasi waktu layar di Windows, anda harus membuat Child Account untuk anak anda agar bergabung dengan Family Group. Jika anak anda sudah memiliki alamat email, buka akun Microsoft Family anda dan pilih Add a child. Masukkan alamat email mereka. (Klik Create one for them jika mereka belum memiliki akun Microsoft dan anda harus login perangkat mereka menggunakan akun ini.) Jika anda mengetahui password mereka, pilih Sign my child in. Jika tidak, pilih Send invitation dan minta anak anda untuk menerima undangan.


Catatan : Saat anda membuat akun anak anda dan memilih usianya, anda akan menerima pemberitahuan di akun Microsoft anda sendiri untuk menyetujuinya bahwa anak anda di bawah umur. Setelah anda mengonfirmasi akun anak anda menggunakan salah satu dari tiga metode ini, anda akan menerima konfirmasi dan dapat mulai mengelola waktu layar mereka.


Mengatur Batas untuk Windows 10/11

Setelah semuanya diatur, saatnya untuk mulai menetapkan batas. Di akun Microsoft anda, buka Your Family. Anda akan melihat semua anggota keluarga terdaftar. Di bawah nama anak anda, pilih Screen time. Anda juga akan melihat bahwa setiap anggota keluarga juga memiliki sejumlah perangkat. Saat mengatur waktu layar, anda dapat mengaturnya untuk semua perangkat atau perangkat individual.


Untuk mengatur jadwal yang sama, aktifkan Use one schedule for all devices. Anda juga dapat mengaturnya untuk Xbox one ataupun Windows 10 dan Windows 11 secara terpisah.


Tetapkan waktu dengan memilih waktu penggunaan yang diizinkan di samping baris untuk setiap hari dalam seminggu.


Gunakan kotak drop-down pada kolom Time limit untuk mengatur jumlah jam maksimum per hari. Misalnya, anda dapat mengatur penggunaan waktu pada hari Senin - Jumat selama empat jam dalam rentang waktu 16:00 - 21:00 PM.


Ketika datang ke Xbox, anda harus menambahkan anak anda ke Xbox dari Xbox. Anda akan mengatur akun anak anda, lalu setelah ditambahkan, batasan yang anda tetapkan di akun Microsoft anda berlaku untuk Xbox juga selama jadwal berlaku untuk semua perangkat. Anda dapat mengatur batasan perangkat secara individual di akun Microsoft anda juga.

Pastikan anda menetapkan pasword untuk akun Xbox anda sehingga anak anda tidak mengubah apapun atau cukup menggunakan akun anda untuk bermain. Selain itu, jika anda tidak ingin anak anda mengakses website tertentu, coba blokir website tersebut dengan file host.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Terimakasih dan GBU. STAY AT HOME!!

Post a Comment for "Cara Membatasi Screen Time di Windows 10/11 dengan Microsoft Account"