Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Blokir Website di Windows 10/11 Menggunakan File Hosts


Ada banyak alasan mengapa anda mungkin tidak ingin website tertentu dapat diakses dari browser anda. Seperti halnya anda memblokir website di ponsel Android anda, mungkin anda tidak ingin anak-anak di rumah anda mengakses konten nakal, atau mungkin anda ingin memblokir situs-situs "berita palsu" yang menjadi berita utama saat ini.

Atau mungkin anda hanya tidak ingin secara naluriah mengklik Facebook atau YouTube setiap lima menit ketika anda seharusnya bekerja? Tidak perlu dijelaskan. Berikut panduan saya tentang cara memblokir website menggunakan file host di Windows 10 atau Windows 11. Tidak perlu ekstensi pihak ketiga atau semacamnya - hanya perlu mengutak-atik file host saja.

Jika sebelumnya anda telah mengubah pengaturan Internet Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda mungkin terbiasa dengan file host. Meskipun merupakan file yang sangat sederhana, ini memainkan peran penting dalam mengelola komunikasi komputer anda dengan Internet. Secara khusus, ini memungkinkan anda mengganti Domain Name System (DNS) yang menetapkan nama domain/website ke alamat IP tertentu dan menghubungkan anda kesana.

Dalam istilah awam, anda dapat memutuskan website mana yang anda inginkan untuk berkomunikasi dengan PC dan bagaimana anda ingin berkomunikasi dengan mereka. Jadi, dengan menggunakan file host, anda dapat memblokir situs, mengarahkan ulang, dan trik-trik kecil yang menyenangkan lainnya. Untuk hari ini, bagaimanapun, saya hanya akan fokus pada pemblokiran website.


Blokir Website Menggunakan File Hosts Anda

Semua ini mungkin terdengar agak rumit, tetapi sebenarnya tidak.

Pertama, navigasikan ke direktori System32 Windows, yang secara default harus terdapat di C:\Windows\System32\drivers\etc\.

Buat backup file host anda jika anda melakukan sesuatu yang salah. (Saya yakin anda tidak akan!) Cukup klik kanan file host, klik Copy, lalu cari tempat dimana anda ingin menyimpan backupan dan mempastekannya disana.


Setelah anda selesai melakukannya, kembali ke folder etc, kemudian klik kanan file yang bernama hosts, klik Open With, lalu pilih Notepad.


Anda sekarang akan melihat file host anda terhampar dalam format Notepad. Anda akan melihat beberapa entri dengan angka 127.0.0.1. Ini adalah protokol loopback yang pada dasarnya diterjemahkan menjadi "Komputer Anda." Setiap website yang anda tetapkan dengan alamat IP ini akan mencari website itu di komputer anda, dan akan gagal melakukannya karena website itu tentu saja tidak disimpan di komputer anda. Dengan cara ini website diblokir secara efektif.

Jadi untuk memblokir website (atau banyak website), yang perlu anda lakukan adalah memulai baris baru di bagian bawah dokumen Notepad dan ketik 127.0.0.1 www.facebook.com atau apapun nama situs yang ingin anda blokir. Anda munkin mendapat petunjuk di bagian atas Notepad tersebut.


Untuk setiap situs baru yang ingin anda blokir, mulailah dengan baris baru dan lakukan prosedur yang sama. Ketika anda selesai, cukup klik "File," lalu "Save," dan website sial yang tidak anda inginkan dalam hidup anda tidak akan lagi dapat diakses dari browser apapun di PC anda. Jika anda memutuskan untuk melewatkan situs-situs tersebut dan menginginkannya kembali, cukup buka file hosts tersebut di Notepad dan hapus entri spesifik yang anda masukan tadi atau hanya untuk situs yang anda inginkan kembali. (Hati-hati dengan apa yang anda hapus, dan apa pun yang anda lakukan, JANGAN menghapus file host itu sendiri!)


Saya selalu percaya bahwa jika ada cara untuk melakukan sesuatu secara internal di Windows, anda harus melakukan itu daripada menggunakan aplikasi pihak ketiga. Namun, jika anda tidak sepenuhnya nyaman dengan ini, maka ada ekstensi yang bagus untuk setiap browser yang akan melakukan pekerjaan itu. Lihat daftar ekstensi untuk memblokir situs web di Chrome. Firefox memiliki ekstensi yang bagus untuk ini yang bernama LeechBlock, dan ada banyak lainnya di luar sana.

Namun saya tidak merasa perlu untuk menggunakannya ketika saya memiliki file host saya disini. Bagaimana dengan cara anda untuk memblokir website tertentu? Bagikan dengan saya di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan GBU.

1 comment for "Cara Blokir Website di Windows 10/11 Menggunakan File Hosts"

  1. Sy kesulitan untuk memblokir beberapa situs karena selalu gagal untuk di save ...? Punya solusi gan..?

    ReplyDelete