Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Ukuran Huruf Sebuah Website di Google Chrome


Saat ini kita hidup dimasa yang serba digital. Buku tidak lagi menjadi sumber ilmu ataupun informasi. Sekarang masanya internet. Semua yang ada butuhkan ada disana. Namun sebagian besar pengguna Internet cenderung melihat website sebagai buku yang sangat panjang. Tetapi kenyataannya adalah, website terus berkembang, portal interaktif dapat mengubah ukuran dan bentuk sesuai dengan kenyamanan anda. Misalnya ukuran huruf/font, yang merupakan ukuran teks yang muncul di layar anda setiap kali anda membuka website.

Pada Google Chrome, website ditampilkan dalam ukuran standar yang telah ditetapkan, namun anda juga dapat mengubah ukuran itu, menambah dimensi teks jika anda mengalami kesulitan membacanya atau mengurangi ukurannya jika anda ingin melihat lebih banyak informasi pada suatu halaman pada suatu waktu.


Mengubah Ukuran Font

Buka Google Chrome dan buka situs web apapun yang ingin anda jelajahi yang ukuran fontnya ingin anda ubah.

Di bagian atas halaman adalah address bar yang berisi nama website, dan di sebelah kiri kiri adalah ikon gembok. Ikon ini menandakan bahwa situs web yang sedang anda kunjungi aman untuk berselancar.

Klik pada gembok, dan anda akan melihat daftar opsi muncul di menu drop-down. Klik opsi Site Settings di bagian bawah daftar di sebelah ikon roda gigi. Atau, anda dapat mengeklik tiga titik di sudut kanan atas Chrome dan memilih opsi Settings dari menu tarik-turun.


Sekarang anda akan dibawa ke halaman yang membawa daftar opsi yang berkaitan dengan cara Browser Chrome berinteraksi dengan website di perangkat anda. Anda dapat mengubah berbagai opsi yang berkaitan dengan tampilan situs, keamanan, dan banyak lagi menggunakan halaman ini. Untuk saat ini kita fokus pada huruf, jadi pada bagian kiri halaman pilih Appearance.


Halaman ini akan menampilkan daftar opsi yang berkaitan dengan tampilan website. Di bagian kanan, di sebelah opsi Font Size adalah daftar opsi yang dapat anda pilih. Ukuran Huruf diatur sebagai Medium secara default, tetapi anda dapat mengubahnya ke Very Small, Small, Large, atau Very Large.

Opsi manapun yang anda pilih akan disimpan secara otomatis sebagai pengaturan ukuran huruf baru anda. Ketika anda kembali ke situs web yang awalnya anda jelajahi, anda akan menemukan bahwa tata letak telah diubah secara otomatis oleh Chrome untuk mengakomodasi Ukuran Huruf yang baru.



Efek pada Situs Web

Ingatlah bahwa mengubah ukuran huruf mungkin memiliki efek drastis pada tampilan situs yang anda jelajahi, terutama jika itu berisi sejumlah video tertanam dan tautan gambar. Perhatikan bahwa mengubah dimensi font adalah cara yang berbeda dari memperbesar menjadi bagian halaman Website. Dalam kasus yang terakhir, ukuran huruf tetap sama, tetapi anda dapat melihat closeup bagian halaman dengan menggulir maju dan mundur.


Orang-orang dari semua lapisan masyarakat, dengan semua jenis masalah visual, menggunakan Internet, dan pemilik domain biasanya merancang situs mereka untuk memenuhi mayoritas. Jika kebetulan anda termasuk kelompok minoritas yang mempersoalkan masalah ukuran huruf suatu situs, anda dapat menggunakan fitur opsi beberapa ukuran font Chrome untuk meningkatkan pengalaman menjelajah anda. Oh, ya...sebagai tambahan, cara sederhana untuk memperbesar tampilan website yang otomatis memperbesar huruf adalah dengan menekan tombol Ctrl + (=).

Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengubah Ukuran Huruf Sebuah Website di Google Chrome"