Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Blokir Website di Semua Ponsel Android


Alasan anda ingin memblokir situs di perangkat Android anda mungkin berbeda. Pertama, mungkin perangkat Android anda digunakan juga oleh anak-anak anda dan anda tidak ingin mereka memiliki akses ke konten yang tidak pantas.

Apa pun alasannya, anda mungkin senang mengetahui bahwa memblokir website apapun di perangkat Android adalah tugas sederhana. Anda dapat melakukannya tanpa me-rooting ponsel anda. Anda tidak harus menjadi seorang jenius dalam teknologi untuk menyingkirkan situs-situs tersebut pada akhirnya.


Cara Memblokir Situs Apa Saja di Android Apapun dengan Firefox

Untuk memblokir situs apapun di perangkat Android anda, anda harus menginstal Firefox. Luncurkan browser dan ketuk pada tiga titik vertikal di kanan atas dan ketuk Add-ons. Selanjutnya ketuk opsi Browse all Firefox Add-ons, dan di address bar di kiri atas ketik BlockSite.


Tambahkan ke Add-ons anda lalu ketuk lagi tiga titik vertikal dan pilih Add-ons. BlockSite harus di bagian atas daftar, pilih itu. Klik padanya, dan di bagian bawah anda akan melihat di mana anda dapat menambahkan URL situs yang ingin anda blokir. Masukan URL lalu klik Add disamping kanan kotak. Anda juga dapat mengatur hari dan jam tertentu untuk memblokir situs website tersebut. Jika sudah ketuk Save.


Cobalah mengakses situs yang baru saja anda blokir, dan anda akan melihat pesan yang mengatakan bahwa add-on yang anda instal telah memblokirnya. Sebagai contoh, saya memblokir website CNN. Dan lihat gambar di bawah ini sebelum di blok dan sesudah di blok.



Cara Memblokir Semua Situs Menggunakan Samsung Internet Browser

Jika browser pilihan anda adalah browser yang terintegrasi Samsung, maka aplikasi Trend Micro Mobile Security adalah pilihan yang bagus.  Setelah anda menginstal aplikasi, geser ke bawah hingga anda melihat opsi Network Protection. Pastikan itu diaktifkan di bagian atas, lalu geser ke bawah ke opsi Blocked list.


Ketuk padanya dan ikon plus (+) untuk menambahkan situs yang ingin anda blokir. Setelah memasukkan nama dan alamat URL, pilih Save, dan situs akan secara otomatis ditempatkan pada daftar yang diblokir. Anda juga dapat mengatur level perlindungan menjadi tinggi, rata-rata, atau rendah juga.

Untuk mengujinya, buka peramban Internet Samsung, dan buka situs yang anda blokir. Anda sekarang akan melihat pesan dari aplikasi keamanan yang memberi tahu anda bahwa situs ini diblokir. Sayangnya, aplikasi ini tidak berfungsi di browser seperti Firefox dan Chrome (setidaknya selama pengujian saya).


Blokir Situs Yang Tidak Ditujukan untuk Anak-anak di Chrome

Kaspersky Parental Control adalah aplikasi hebat untuk menjauhkan anak-anak dari situs yang masih terlalu muda untuk dikunjungi. Saat pertama kali meluncurkan aplikasi, anda harus menentukan siapa yang akan menggunakan telepon itu dan mengisi nama dan usia anak.

Setelah anda mengisi informasi itu, anda akan mendapatkan pesan bahwa semuanya telah diatur dengan benar. Safe Search akan secara otomatis diaktifkan untuk browser, dan aplikasi akan memblokir situs apapun yang tidak sesuai untuk anak dalam rentang usia yang anda tambahkan sebelumnya.


Anda juga harus memasang aplikasi pada perangkat yang akan anda gunakan untuk dapat memblokir situs di Chrome. Setelah diinstal, buka aplikasi dan ketuk roda gigi di opsi Internet.

Geser ke bawah sampai anda melihat opsi Exclusions, dan ketuk Website. Pilih tanda plus (+) hijau di kanan atas, dan tambahkan situs yang ingin anda izinkan atau blokir.



Blokir Semua Situs di Chrome dan Firefox dengan Blocksite

Aplikasi yang akan memblokir situs apapun yang anda daftarkan jika anda menggunakan Chrome atau Firefox adalah BlockSite - Block Distracting Apps & Sites. Anda dapat memblokir situs untuk jangka waktu tertentu, atau anda dapat memblokirnya sama sekali. Saat anda pertama kali membuka aplikasi, ketuk tombol Go to Settings.

Klik BlockSite kemudian aktifkan dengan menggeser tombol di kanan atas. Ada pop up perngatan dan kli OK. Setelah aktif, pada halaman selanjutnya klik tanda plus (+). Masukan alamat situs yang ingin anda blokir dan klik tanda Ceklist di kanan atas. Di halaman daftar situs yang diblok, pada bagian bawah anda akan melihat opsi yang memungkinkan anda membuat aplikasi mengabaikan jadwal yang dapat anda atur untuk hanya memblokir situs di antara kerangka waktu tertentu. Jika anda ingin aplikasi selalu memblokir situs, pilih opsi ini, tetapi jika anda ingin situs tersebut diblokir untuk waktu yang anda siapkan, biarkan opsi itu sendiri.


Anda juga dapat memblokir aplikasi agar tidak dapat digunakan. Klik tanda plus (+) dan pindahkan ke tab APP di bagian atas. Pilih aplikasi yang anda ingin blokir. Hanya itu saja.


Jauh lebih mudah untuk memblokir situs jika anda memiliki perangkat Android yang di-rooting, tetapi tidak semua orang menyukai gagasan untuk melakukan rooting pada ponsel mereka. Ini adalah proses berisiko yang memiliki beberapa konsekuensi parah.

Seperti yang dapat anda lihat dari tutorial, memblokir situs di perangkat Android semudah memasang add-on di browser Firefox. Bagaimana anda memblokir situs di perangkat Android anda? Bagikan pemikiran anda di kolom komentar di bawah ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Blokir Website di Semua Ponsel Android"