Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menampilkan Kecepatan Internet Anda di Taskbar Windows


Ketika komputer kita berjalan lambat, kita pasti ingin tahu apakah ini masalah Internet atau ada masalah lain dengan komputer kita. Apakah anda memiliki program yang berjalan di background memperlambat segalanya, atau apakah kecepatan Internet yang memang benar-benar lambat? Ketika anda ingin memerikasa kecepatan Internet, itu membutuhkan beberapa klik untuk dapat melihatnya, apalagi jika pengguna awam, pasti membutuhkan waktu yang lebih banyak.

Jika anda ingin memeriksa kecepatan Internet dengan cepat, Windows tidak menawarkan aplikasi bawaan untuk memantau kecepatan Internet anda. Namun ada opsi lain.

Pada artikel kali ini kita akan menggunakan NetSpeedMonitor. Dengan aplikasi ini, anda dapat menyimpan catatan terkini dari kecepatan upload dan download pada taskbar dengan memasang tools kecil dan sederhana. NetSpeedMonitor adalah program yang lama, namun masih efektif, yang dapat melakukan hal itu, dan aplikasi ini gratis.


Fitur NetSpeedMonitor dan Syarat Untuk Windows 10

Untuk menggunakan NetSpeedMonitor, anda harus menjalankan Windows XP atau yang lebih baru. Program ini dikembangkan untuk versi Windows yang lebih lama, tetapi jika anda menggunakan Windows 10, anda dapat menjalankan program dalam compatibility mode jika tidak diinstal.

Anda harus memastikan bahwa anda telah mendownload program yang benar. Nama file harus diakhiri dengan x64_setup. Jika anda menggunakan yang berakhiran x86_setup, itu tidak akan berjalan pada mesin Windows 10, bahkan jika anda menjalankannya dalam compatibility mode. Versi berbeda yang ditemukan di berbagai website dapat menjadi penyebab kebingungan.

NetSpeedMonitor tidak memiliki sejumlah besar fitur tambahan, yang membuat tampilan antarmukanya tetap rapi dan bersih dan mudah digunakan. Tidak ada iklan, dan pengembang mengatur opsi yang dimilikinya dengan baik.


Instalasi NetSpeedMonitor

1. Download NetSpeedMonitor dan install programnya. Jika menginstal dengan benar, anda dapat melompat ke langkah 7.

2. Jika anda melihat pesan Operating system not supported error, anda harus menjalankan aplikasi dalam compatibility mode.


3. Untuk menjalankan dalam compatibility mode, temukan file download di file explorer. Klik kanan padanya dan pilih Properties.

4. Klik pada tab Compatibility. Disini beri ceklist pada kotak di sebelah Run this program in compatibility mode for dan pastikan opsi pada menu drop-down di bawah adalah Previous Versions of Windows.


5. Klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.

6. Install kembali program.

7. Setelah program diinstall, sebuah prompt akan muncul menanyakan apakah anda ingin menambahkan toolbar pemantauan bandwidth ke taskbar. Klik Yes.


8. Jendela konfigurasi akan terbuka dimana anda dapat membuat perubahan pada bahasa dan network adapter anda. Ketika itu benar, klik Save.


9. Ketika anda menekan tombol Save, toolbar kecepatan download dan upload akan muncul di sisi kanan taskbar.



Penggunaan NetSpeedMonitor

Secara default, NetSpeedMonitor mengukur kecepatan Internet anda menggunakan Kbit (Kilobit). Anda mungkin ingin mengubahnya ke Mbit (Megabits) karena sebagian besar Penyedia Layanan Internet akan melaporkan kecepatan dalam Megabits per detik. Untuk mengubah pengaturan ini, klik kanan pada tampilan kecepatan dan pilih Configuration,.


Kemudian pada jendela configuration klik pada menu drop-down di sebelah Bitrate, dan pilih Mbit/s. Tekan Apply untuk menyimpan perubahan.


Saat anda membuka jendela Configuration, anda juga dapat membuat penyesuaian lain seperti  mengubah huruf, ukuran, dan toolbar alignment.


NetSpeedMonitor mudah didownload dan digunakan untuk memantau kecepatan download dan upload anda tepat di taskbar di perangkat Windows anda. Anda dapat memeriksanya kapan saja untuk memastikan Internet anda berfungsi dengan benar.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa berikan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran dan pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Menampilkan Kecepatan Internet Anda di Taskbar Windows"