Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Semua Opsi di Disk Management Berwarna Abu-Abu di Windows 10/11

 


Pada utilitas Disk Management anda dapat membuat partisi baru, mengubah ukuran dan memperluas drive pada Windows 10 atau Windows 11. Namun, terkadang opsi tersebut mungkin tidak aktif atau berwarna abu-abu. Dalam artikel ini, saya akan membahas mengapa hal tersebut terjadi dan memberikan langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masalah tersebut.



Situasi umum untuk masalah ini adalah ketika anda memiliki drive penyimpanan eksternal di enklosur yang terhubung ke PC melalui USB dan disk berjalan, tetapi tidak muncul di File Explorer - This PC - Devices dan drive. Drive memang dapat ditemukan di Disk Management dan Device Manager, tetapi tidak ada opsi yang aktif atau dapat diklik untuk mengelola drive. Beberapa pengguna PC yang terpengaruh melaporkan bahwa drive tersebut tidak muncul melalui perintah DISKPART di Command Prompt atau di BIOS.


Ada beberapa alasan umum mengapa anda mengalami masalah ini di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.

  • Kerusakan pada file system atau disk drive.
  • Disk drive belum diformat dengan benar.
  • Drive cacat atau rusak.
  • Infeksi malware.



Memperbaiki Semua Opsi di Disk Management Berwarna Abu-Abu


Jika semua opsi seperti Mark Partition as Active, Change Drive Letter and Paths, Format, Extend Volume, Shrink Volume, Delete Volume dan lainnya berwarna abu-abu di Disk Management dan anda tidak dapat melakukan tugas tertentu menggunakan utilitas tersebut, seperti menggunakan unallocated space pada hard drive atau menyembunyikan drive atau partisi disk atau membuat mirrored volume atau membuat virtual hard disk, maka langkah-langkah dibawah ini dapat membantu anda dengan mudah menyelesaikan atau memulihkan opsi ini di komputer anda.



1. Daftar Periksa Awal


Sebelum melanjutkan, disarankan untuk memastikan bahwa system operasi Windows 10 atau Windows 11 anda telah diupdate ke versi terbaru, kemudian anda dapat mencoba merestart PC anda jika belum dilakukan dan periksa apakah hal tersebut dapat menyelesaikan masalah anda. Jika saat booting, semua opsi di Disk Management berwarna abu-abu, maka anda dapat menjalankan full scan AntiVirus untuk system anda menggunakan Windows Security atau produk AV pihak ketiga terkemuka untuk mengesampingkan kemungkinan adanya infeksi malware/virus. Anda dapat menjalankan Microsoft Defender Offline atau Bootable AntiVirus Rescue Media gratis untuk melakukan pekerjaan yang sama.



Salah satu langkah pemecahan masalah dasar lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan menjalankan scan SFC dan DISM untuk menyelesaikan potensi kerusakan file system yang mungkin menjadi penyebab masalah tersebut.



Jika hard drive anda tidak terdeteksi atau tidak muncul di BIOS seperti yang dilaporkan oleh beberapa pengguna PC yang terkena dampak, maka anda dapat melihat apakah ada saran dalam artikel ini yang dapat membantu anda untuk memecahkan masalah tersebut.



2. Pilih Partisi yang Sesuai


Meskipun opsi standar untuk drive yang dipilih tidak tersedia, ada beberapa pilihan lain yang dapat dipertimbangkan, seperti:

  • Open
  • Explore
  • Mark Partition as Active
  • Change Drive Letters and Paths
  • Format
  • Extend Volume
  • Shrink Volume
  • Delete Volume
  • Properties


Anda juga mungkin melihat opsi berikut tergantung pada drive yang anda pilih:

  • Refresh
  • Rescan Disks
  • Create VHD
  • Attach VHD


Untuk mengatasi masalah ini, jika opsi berwarna abu-abu tersedia untuk sebuah partisi, anda dapat memilih partisi C: atau partisi lain untuk opsi yang tersedia. Namun, jika anda hanya memiliki partisi C: dan telah memilihnya, maka itu mungkin menjadi alasan mengapa opsi tersebut tidak tersedia karena Windows tidak ingin anda mengotak-atik partisi yang digunakan oleh system operasi. Dalam hal ini, anda mungkin ingin membuat partisi baru pada disk anda. Jika itu bukan penyebabnya, maka anda dapat melanjutkan dengan solusi berikutnya.



3. Gunakan Tool Command Line DISKPART dan FSUTIL


Jika Disk Management gagal atau semua opsi berwarna abu-abu di tool, maka anda dapat menggunakan tool command line seperti DISKPART dan FSUTIL untuk melakukan tugas dari Disk Management anda. Misalnya, anda dapat menggunakan tool tersebut untuk mengubah Cluster Size Hard Disk di Windows 10 atau Windows 11.




4. Periksa Drive


Solusi ini mengharuskan anda memeriksa drive untuk koneksi yang benar ke komputer. Anda juga dapat menjalankan tes CHKDSK dan S.M.A.R.T untuk menentukan kesehatan drive. Jika bermasalah, maka anda perlu menggantinya. Selain itu, anda dapat menjalankan Hardware and Devices Troubleshooter di Windows 10 atau Windows 11 anda.




5. Reset atau Perbaiki Windows 10/11


Jika semua solusi telah dilakukan namun masalah tetap berlanjut, maka kemungkinan besar terjadi kerusakan system yang serius. Salah satu solusinya adalah dengan melakukan reset PC. Jika operasi reset tidak berhasil mengatasi masalah, kemungkinan anda harus memperbaiki Windows dengan menggunakan media instalasi.




Semoga solusi ini dapat membantu anda.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki semua opsi di Disk Management berwarna abu-abu di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!

Post a Comment for "Memperbaiki Semua Opsi di Disk Management Berwarna Abu-Abu di Windows 10/11"