Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Format Hard Drive di Windows 10/11


Praktik memformat hard drive pada Windows telah ada sejak komputer diciptakan. Hari ini prosesnya lebih maju dan itu masih cukup mudah untuk dilakukan setiap orang. Di sini saya akan memberitahu anda semua yang perlu anda ketahui tentang memformat hard drive di Windows 10 atau Windows 11 dan cara melakukannya.

Catatan: Pastikan anda telah membackup semua data anda jika anda hendak memformat drive yang ada. Panduan ini menunjukkan kepada anda cara memformat hard drive dari dalam Windows. Namun, jika anda ingin memformat drive yang diinstal pada OS anda, anda harus mem-boot PC anda ke disk instalasi Windows atau ISO dan melakukannya dari sana.


Mengapa Memformat Hard Drive?

Memformat adalah proses yang anda gunakan untuk menghapus semua data dari hard drive sehingga data baru dapat ditulis diatasnya. Ada beberapa system file yang berbeda. Anda dapat memformat drive ke (NTFS, FAT32 dan exFAT menjadi yang paling populer), masing-masing berfungsi dengan baik di Windows tetapi mungkin tidak berfungsi di berbagai perangkat. Untuk lebih lengkapnya, anda dapat membaca artikel saya tentang perbedaan FAT32, exFAT dan NTFS.

Jika komputer anda melambat, anda dapat mendengar bunyi dari hard drive anda yang berjuang untuk reading and writing (membaca dan menulis). Anda mungkin sudah mencoba cara lain untuk berbaik hati dengan "perjuangan" hard drive anda, maka mungkin sudah waktunya untuk format. Sebagai alternatif, anda mungkin ingin memformat hard drive baru yang baru saja anda beli sehingga bisa berfungsi di PC anda.


Cara Memformat Hard Drive

Catatan: di Windows anda tidak dapat memformat partisi C: karena itu adalah tempat file system Windows berada. Anda hanya dapat memformat hard disk sekunder (atau eksternal) atau partisi lain di hard disk primer.

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang hal-hal itu, buka Disk Management utility di Windows. Caranya silahkan klik pencarian Cortana, ketik disk management dan klik Open pada Create and format hard disk partitions.


Disini anda akan melihat semua hard drive - internal dan eksternal - terhubung ke PC anda. Jika anda baru saja memasukkan hard drive baru, itu harus terdaftar, tetapi ruang di dalamnya akan Unallocated. Jika anda ingin memformat hard drive aktif yang ada, anda dapat melakukan salah satu dari yang berikut:
  • Klik kanan drive yang ingin anda format dan klik Delete volume, yang akan mengubah drive itu (atau partisi) menjadi ruang yang tidak terisi dan menghapus semua data pada drive itu. Ini berguna jika anda ingin membuat partisi.
  • Atau, klik kanan drive yang ingin anda format, dan pilih Format, yang akan membawa anda ke opsi untuk memformat drive anda langsung ke system file yang berbeda.
Jika anda memilih opsi Delete volume dan drive itu sekarang adalah Unallocated space, anda harus memutuskan apakah anda ingin seluruh drive menjadi satu partisi atau jika anda ingin membuat partisi terpisah pada drive itu (berguna untuk banyak hal, seperti jika anda ingin menginstal system operasi kedua, seperti Ubuntu, pada drive itu, atau jika itu adalah drive eksternal, anda mungkin ingin memiliki partisi NTFS untuk Windows anda, dan juga partisi khusus exFAT, yang kompatibel dengan PS4 anda.)


Setelah anda memutuskan, klik kanan pada bar hitam besar yang mewakili Unallocated space, dan klik New Simple Volume.


Sebagai contoh saya akan membuat partisi NTFS 30GB terlebih dahulu, jadi itu "30000" dalam MB. Anda jelas harus memasukkan angka yang relevan untuk anda. Jika anda ingin seluruh drive menjadi satu partisi, cukup ketik angka yang sama dengan ukuran maksimum yang ditampilkan. Jika sudah klik Next.


Di halaman selanjutnya, pilih drive letter apa yang anda inginkan untuk drive / partisi baru anda dan jika sudah klik Next.


Di layar berikutnya, berikut adalah hal-hal utama yang perlu anda ketahui:
  • File system: Pilih dari NTFS, exFAT atau FAT32. NTFS adalah sistem tercepat untuk Windows, tetapi paling tidak kompatibel dengan perangkat lain. FAT32 cukup universal tetapi membatasi ukuran file, sedangkan exFAT adalah versi modern FAT32 tanpa batas ukuran, jadi umumnya merupakan opsi yang lebih baik.
  • Allocation unit size: Semakin besar ukuran unit, semakin cepat kecepatan baca secara teknis, tetapi anda harus menyesuaikan ini dengan ukuran file pada drive anda, jika tidak, anda berisiko membuang-buang ruang. Jika anda membuat hard drive untuk menonton film, pilih ukuran unit alokasi yang besar. Jika itu lebih umum, pilih yang lebih kecil.
  • Perform a quick format: Jika anda memiliki waktu luang, sebaiknya jangan memilih opsi ini. Format penuh akan memindai disk anda untuk bad sector dan memperbaikinya, yang akan memastikan kinerja yang lebih baik dalam jangka panjang.

Setelah anda memilih opsi yang sesuai dengan anda, lanjutkan dan klik Next, lalu Finish.


Drive atau partisi akan dibuat, dan anda akan melihatnya di jendela Disk Management anda. Perhatikan bahwa jika anda mebuat setengah dari drive anda maka masih setengah lagi yang belum dialokasikan. Dan jika anda ingin mengisi ini, anda dapat mengulangi proses di atas tetapi dengan parameter yang anda inginkan untuk partisi itu.


Jangan ragu untuk memulainya. Walau ini hanya penjelasan yang singkat bagaimana anda memformat hard drive menggunakan Windows 10 atau Windows 11, tetapi mudah untuk dilakukan oleh anda. Aturan yang sama berlaku untuk SSD, drive SATA, flash drive USB, dan drive internal/eksternal. Ingat saja untuk melakukan backup semua data anda sebelumnya! Terima kasih. GBU

Post a Comment for "Cara Format Hard Drive di Windows 10/11"