Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Akses Troubleshooter Hardware and Devices di Windows 10/11


Salah satu fitur yang berguna dari Windows adalah dengan kehadiran Troubleshooter dan Microsoft selalu menyediakan fitur ini. Salah satunya adalah Troubleshooter Hardware and Devices. Fitur ini sebenarnya membuat banyak tugas troubleshooter menjadi lebih sederhana. Dengan menggunakan Windows Settings, seseorang dapat melakukan troubleshoot terpisah dari hardware yang berbeda, konektivitas, playback, Bluetooth, dan lainnya.

Namun, setelah Windows 10 v1809, Microsoft menyembunyikan akses langsung ke Troubleshooter Hardware and Devices kepada penggunanya. Alasan sederhananya adalah troubleshooter Hardware and Devices memiliki penggunaan harian terendah dan biasanya dijalankan bersama-sama dengan troubleshooter lainnya. Dengan pertimbangan itu maka Microsoft merasa fitur ini tidak lagi diperlukan dan troubleshooter khusus digunakan sebagai gantinya.


Jika anda tidak dapat menemukan fitur ini di dalam Windows Settings anda, maka anda dapat membukanya dengan cara lain. Ini karena Microsoft belum sepenuhnya menghapus fitur ini. Sebaliknya, itu telah terkubur atau disembunyikan di dalam system Windows 10 atau Windows 11. Mari kita bahas cara untuk mencari dan menjalankan troubleshooter Hardware and Devices.

Jika anda sedikit menggali, maka anda dapat menemukannya dan membuatnya berfungsi. Eksekusi untuk troubleshooter Hardware and Devices bernama msdt.exe dan anda dapat menemukannya di C:\Windows\System32. Namun ketika anda mengklik untuk membukanya maka anda harus memasukan passkey. Dan satu-satunya jalan adalah anda harus menghubungi Microsoft untuk mendapatkan passkey tersebut.


Jadi agar anda tidak ribet dengan semuanya itu, metode dibawah ini yang paling tepat anda gunakan untuk mengakses troubleshooter Hardware and Devices.

Buka Commad Prompt atau PowerShell dari Start menu dengan hak admin (Run as administator).  Atau tekan Win + X dan pilih Command Prompt (Admin) atau Windows PowerShell (Admin) dari daftar. Atau tekan Win+R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter.


Setelah Commad Prompt atau PowerShell terbuka, masukan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter.

msdt.exe -id DeviceDiagnostic


Itu dia. Troubleshooter Hardware and Devices akhirnya berhasil anda akses kembali. Dan tugas selanjutnya seperti biasa, klik Next dan troubleshooter Hardware and Devices akan memeriksa dan memperbaiki masalah yang ditemukan.


Fitur ini memang sangat jarang digunakan, namun ketika fitur ini dibutuhkan pada saat-saat yang mendesak, anda sekarang pasti tahu kemana anda harus mencari dan menggunakannya. Baca lebih lanjut cara menjalankan troubleshooter dari Command Prompt di Windows 10.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Akses Troubleshooter Hardware and Devices di Windows 10/11"