Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Error 0x80070005 We couldn’t set your default save location di Windows 10/11

 


Jika anda tidak dapat mengubah tempat penyimpanan baru aplikasi Windows 10 atau Windows 11 dan itu menunjukkan pesan error yang mengatakan We couldn’t set your default save location, maka tutorial ini akan membantu anda memperbaikinya. Meskipun ini adalah error yang tidak biasa, namun error ini muncul ketika istilah tertentu tidak sesuai dengan pengaturan yang diperlukan.


Pesan error secara keseluruhan akan terlihat seperti yang tertulis dibawah ini.

We couldn’t set your default save location.

The operation did not complete successfully. Try again in a bit.

The error code is 0x80070005, in case you need it.



Windows 10 dan Windows 11 memungkinkan pengguna untuk menginstall aplikasi ke partisi lain atau drive eksternal. Namun, opsi yang diperlukan menjadi abu-abu atau kadang tidak berfungsi. Jika Settings Windows memungkinkan anda memilih drive yang berbeda, tetapi anda tidak dapat menyimpan perubahannya, maka metode perbaikan masalah dibawah ini akan membantu anda.



Memperbaiki Error We couldn’t set your default save location


Untuk memperbaiki error We couldn’t set your default save location dengan kode error 0x80070005, ikuti saran berikut dibawah ini.


Kita akan melakukan perbaikan dengan 3 metode, jadi ikuti tahap demi tahap agar dapat berhasil menyelesaikan error yang terjadi.



1. Masuk ke Akun Administrator


Mengubah lokasi penyimpanan default aplikasi adalah tugas administrator. Dengan kata lain, diperlukan akun administrator untuk melakukan perubahan. Jika anda memiliki user account Standar di komputer anda, ada kemungkinan untuk melihat pesan error ini saat mengubah partisi.


Ini menyiratkan bahwa anda harus mengikuti salah satu dari langkah-langkah ini; Anda dapat mengaktifkan akun Administrator bawaan dan membuat perubahan darinya, atau anda dapat mengubah user account Standar menjadi akun Administrator. Jika anda tidak ingin membuat akun baru di komputer anda, lebih baik memilih solusi kedua seperti yang disebutkan di atas.




2. Ubah Nama Folder WindowsApps


Setiap kali anda menginstal software, terlepas dari kategorinya, beberapa file akan disimpan di komputer anda, baik didownload dari Microsoft Store atau situs pihak ketiga lainnya. Folder WindowsApps adalah folder tempat aplikasi Windows Store diinstal dan itu tersembunyi kecuali anda menggunakan opsi Show hidden files, folders, and drives dari folder options. Atau anda dapat mengklik View dan beri ceklist pada Hidden items.


Jika ada konflik internal dengan folder ini, anda tidak akan dapat mengubah lokasi penyimpanan default di komputer anda. Karena anda sudah mendapatkan pesan error ini, jadi lebih baik anda mengganti nama folder terlebih dahulu dan coba lagi untuk mengubah lokasi yang sesuai.


Untuk itu, perlihatkan semua file dan folder tersembunyi di komputer anda dan buka C:\Program Files. Disini anda akan melihat folder bernama WindowsApps.



Klik kanan pada WindowsApps, pilih opsi Rename dan masukkan nama seperti WindowsAppsOld.


Ini mungkin menunjukkan pesan error saat mengganti nama. Jika anda mendapatkan pesan You don’t currently have permission to access this folder, maka anda harus mengikuti solusi berikutnya dibawah ini.




3. Dapatkan Kendali Penuh Folder WindowsApps


Seperti yang disebutkan sebelumnya, anda akan mendapatkan pesan Access Denied saat mengganti nama folder WindowsApps. Itu karena Windows 10 atau Windows 11 tidak mengizinkan pengguna untuk mengakses folder ini. Namun, jika anda dapat mengubah permission/izin dan mendapatkan kontrol penuh, maka anda akan mengaksesnya dari akun administrator anda.


Secara default, akses kontrol penuh diberikan hanya untuk TrustedInstaller. Namun, jika anda mengikuti panduan mendetail tentang ini, maka anda dapat mengambil kepemilikan penuh atas file dan folder. Setelah itu, anda dapat mengubah lokasi penyimpanan default aplikasi. Setelah anda berhasil mengubah lokasi penyimpanan, jangan lupa untuk mengembalikan pengaturan hak akses ke TrustedInstaller.



Hal lain yang harus anda perhatikan adalah jika anda mencoba memilih drive eksternal, pastikan drive tersebut dalam kondisi berfungsi. Dan jika Windows 10/11 tidak mengenali drive eksternal anda, maka anda harus memperbaikinya terlebih dahulu.


Anda juga mungkin ingin membaca tutorial saya tentang cara memindahkan Game PC yang diinstal dari satu hard drive ke hard drive lain atau cara mudah memindahkan program atau aplikasi yang di install ke drive lain.


Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Error 0x80070005 We couldn’t set your default save location di Windows 10/11"