Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memindahkan Game PC Yang Diinstal dari Satu Hard Drive ke Hard Drive Lain


Ini adalah skenario umum yang diinginkan oleh seorang gamers. Anda mungkin baru saja membeli hard drive baru yang keren dan ingin mentransfer game terbesar anda ke dalamnya sehingga anda dapat mengucapkan selamat tinggal selamanya untuk waktu pemuatan yang mengerikan. Tetapi mencopot pemasangan dan menginstal ulang game lagi bisa memerlukan waktu berjam-jam, terutama ketika anda memperhitungkan fakta bahwa anda mungkin perlu mendownload ulang juga.

Solusinya adalah memindahkan game PC yang anda instal lebih langsung daripada menginstal ulang mereka. Sayangnya, itu tidak sesederhana hanya menyalin dan menempelnya di tempat yang anda inginkan, tetapi itu juga tidak terlalu rumit.


1. Metode Manual

Baik anda yang ingin memindahkan game yang menggunakan Steam, Origin, atau Uplay, anda dapat melakukannya tanpa software pihak ketiga. Saya akan menggunakan Steam sebagai contoh karena ini adalah platform yang paling populer, tetapi prinsip yang sama berlaku di seluruh platform lain juga.

Pertama, buka direktori instalan game dan Cut dan Paste-kan ke tempat yang anda inginkan di hard drive baru. Jika anda menyisipkan Steam game, pastikan itu ada di folder "steamapps/common," karena Steam secara otomatis mencari subdirektori tersebut. Jadi, paste-kan game ke, misalnya, "My Games/steamapps/common" atau "Steam Game/steamapps/common.”


Setelah anda selesai melakukannya, hapus instalan game dari PC anda menggunakan Steam dengan menavigasi ke game di Steam library anda, klik kanan dan klik Delete Local Content.

Buka pengaturan download Steam anda, (Dalam Steam, klik Steam di kiri atas - Settings - Downloads.) Klik Steam Library Folders - Add Library Folder, lalu pilih direktori tempat anda mempastekan permainan anda. (Jangan sertakan bagian "steamapps/common" disini, karena Steam akan menerapkannya secara otomatis.)


Tutup jendela Settings, masuk ke game (yang uninstall) di pustaka Steam anda, lalu klik install dan pilih direktori instalasi baru yang baru saja anda tambahkan ke Steam. Karena semua file game ada disana, Steam akan melewati proses pengunduhan dan melanjutkan menginstal game anda ke drive baru.


Rincian yang tepat akan bervariasi, tetapi anda dapat melakukan banyak hal yang sama - Copy dan Paste game, copot pemasangannya, lalu install ulang tanpa download - pada Uplay, Origin dan lainnya.


2. Gunakan Steam Mover

Atau, anda dapat menggunakan tools kecil yang sangat ringan namun bermanfaat yang disebut Steam Mover. Cara Steam Mover berfungsi adalah dengan memindahkan semua file game ke lokasi pilihan anda sambil meninggalkan Junction Point di lokasi aslinya. Ini berarti anda tidak boleh menghapus folder game yang tertinggal di lokasi asli game, karena itu akan menghapus Junction Point, dan Steam tidak akan dapat menemukannya ketika anda mencoba dan menjalankannya. Terlepas dari namanya, anda juga dapat menggunakan Steam Mover untuk Origin, GOG, Uplay atau game lain - serta program dan file lain yang anda inginkan!

Silahkan mendownload Steam Mover terlebih dahulu sebelum melanjutkan. (Anda perlu menggulir sedikit bawah, ke submenu Download.) Setelah melakukannya, ekstrak dan instal dimanapun anda suka.


Buka Steam Mover, dan seharusnya secara otomatis mendeteksi dan mencantumkan semua Steam game di perpustakaan anda. Jika tidak, klik tiga titik di samping Steam Apps Common Folder untuk mencari pustaka Steam anda secara manual di hard drive anda, lalu pilih dan klik Refresh.

Selanjutnya, klik tiga titik di bawah Alternative Folder di Steam Mover untuk memilih lokasi yang anda inginkan untuk memindahkan Steam game anda (mungkin, disuatu tempat di hard drive baru anda yang mahal).

Selanjutnya, dengan daftar game anda, pilih semua yang ingin anda pindahkan dengan menahan Ctrl sambil mengeklik masing-masing sehingga semuanya disorot. Setelah anda selesai melakukannya, klik panah biru, menunjuk ke kanan di bagian bawah jendela untuk memindahkan semua game yang anda pilih ke drive baru. Jendela command prompt akan muncul, mempercepat semua file saat memindahkannya. Ketika command prompt ditutup, dan anda melihat panah biru untuk setiap game di kolom kanan, pekerjaan pun selesai dan silahkan mainkan game kesukaan anda.


Mampu memindahkan game PC yang anda instal dengan mudah di antara hard drive adalah keterampilan yang praktis, bukan hanya karena menghemat waktu, tetapi karena berpotensi menghemat kuota dalam mendownload ulang yang membuat frustrasi. Atau mungkin koneksi anda terganggu atau lambat untuk mendownload file yang besar, maka ini dapat menghemat banyak sakit kepala anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga dapat membantu anda. GBU

Post a Comment for "Cara Memindahkan Game PC Yang Diinstal dari Satu Hard Drive ke Hard Drive Lain"