Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengembalikan Hak Akses Kepemilikan File dan Folder System ke TrustedInstaller di Windows 10/11


Secara umum di Windows, anda tidak dapat mengakses atau memodifikasi file atau folder system. Jika anda ingin, anda harus memiliki hak akses file atau folder tersebut. Misalnya, untuk mendapatkan akses ke folder WindowsApps di Windows 10/11, anda harus mengambil hak akses kepemilikan folder tersebut. Biasanya, mengambil hak akses kepemilikan file atau folder system cukup sederhana dan mudah.


Namun, ada saat-saat ketika kita mengambil hak akses kepemilikan file atau folder system dengan key registry, itu dapat menyebabkan beberapa masalah dan membuat system anda tidak stabil. Dalam kasus tersebut, sebaiknya kita mengembalikan hak akses kepemilikan file atau folder ke TrustedInstaller, dimana itu merupakan hak akses kepemilikan default dari file dan folder system.

Dan pada tutorial kali ini kita akan melakukannya. Ikuti langkah-langkah dibawah ini.


Kembalikan Hak Akses Kepemilikan ke TrustedInstaller

Mengubah hak akses kepemilikan kembali ke TrustedInstaller sangat sederhana dan mudah.
  • Untuk memulai, klik kanan pada folder atau file yang telah anda ubah kepemilikannya lalu pilih opsi Properties.
  • Tindakan di atas akan membuka Properties Folder. Di sini, navigasikan ke tab Security kemudian klik tombol Advanced untuk melanjutkan.


  • Setelah jendela Advance Settings dibuka, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah memodifikasi atau menghapus nama pengguna atau username anda di tab Permissions. Untuk melakukan itu, cukup pilih username anda dari tab Permissions dan kemudian klik tombol Remove.

Catatan: Jika anda belum memberikan izin penuh kepada diri anda sendiri, maka anda tidak akan melihat username anda dalam daftar. Lewati saja langkah ini dan ikuti terus.
  • Sekarang, klik tautan Change di sebelah Owner yang muncul di bagian atas jendela. Inilah yang memungkinkan anda untuk mengubah hak akses kepemilikan file atau folder.


  • Segera setelah anda mengklik tautan, itu akan membuka jendela Select User or Group. Disini, cukup copy NT Service\TrustedInstaller, dan pate pada bidang Enter the object name to select dan kemudian klik tombol Check Names.


  • Ketika anda mengklik tombol, Windows secara otomatis akan mengubahnya menjadi alamat username anda yang sebenarnya. Cukup klik tombol OK untuk melanjutkan.
  • Di jendela utama, beri ceklist pada kotak Replace owner on subcontainers and objects dan kemudian klik tombol Apply.


  • Dengan itu, Windows akan mulai menerapkan perubahan. Bergantung pada jumlah file dan folder, mungkin diperlukan beberapa waktu untuk menerapkan perubahan.


  • Setelah perubahan diterapkan, Windows akan memberitahu anda hal yang sama. Klik tombol OK untuk menutup kotak dialog. Jangan lupa untuk me-restart system anda untuk membuat perubahan berlaku sepenuhnya.


  • Setelah memulai kembali, anda dapat memeriksa apakah kepemilikan telah dipulihkan atau tidak dengan hanya memeriksanya di properties - tab Security - Advanced. Seperti yang anda lihat, kepemilikan default, TrustedInstaller, telah dipulihkan.


Jika anda sering mengubah kepemilikan file dan folder yang berbeda, maka disarankan anda menggunakan aplikasi sederhana seperti TakeOwnershipEx. Aplikasi ini memudahkan untuk mengambil dan mengembalikan kepemilikan hanya dengan satu atau dua klik.

Semoga membantu. Jangan lupa berikan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang penggunaan metode di atas untuk mengembalikan kepemilikan ke TrustedInstaller di Windows. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengembalikan Hak Akses Kepemilikan File dan Folder System ke TrustedInstaller di Windows 10/11"