Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error You don’t currently have permission to access this folder di Windows 10/11

 


Jika anda saat ini mendapatkan error You don’t currently have permission to access this folder dan tidak dapat mengakses file atau folder karena masalah permission/izin, maka artikel ini menunjukkan cara memecahkan masalah permission file dan folder di Windows 11/10/8/7.



Error ini adalah error umum yang terjadi saat anda membuka folder tertentu di PC Windows atau perangkat penyimpanan eksternal, bahkan jika anda mengaktifkan hak akses administratif untuk akun anda. Ada banyak alasan mengapa error ini muncul, termasuk konflik antara NTFS, share permission, penghapusan user atau group dari folder access allowance dan lainnya.


Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu mengatasi masalah tersebut. Sebagian besar waktu anda mungkin merasa kesulitan untuk membuka file dari hard drive eksternal setelah mengupgrade Windows. Dalam kasus seperti itu, anda dapat mencoba memberikan permission ke folder tersebut.



Memperbaiki Error You don’t currently have permission to access this folder


Jika anda mengalami error You don’t currently have permission to access this folder di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda harus memeriksa beberapa hal berikut ini untuk membantu anda menyelesaikan masalah.



1. Ambil Kepemilikan File atau Folder


Sebagian besar permission folder dari Owner akan diatur sebagai Trusted Installer. Jika situasi ini terjadi, maka anda akan menerima pesan You don’t currently have permission to access this folder. Jika anda memilih Continue, maka pesan yang akan muncul adalah File Access Denied. Try again.


Dalam kasus seperti itu, anda dapat mengambil kepemilikan folder atau file untuk membukanya atau mendapatkan akses ke sana. Ada berbagai metode untuk mengambil kepemilikan. Cara termudah adalah dengan menggunakan shorcut Take Ownership pada menu konteks.


Jika anda ingin menggunakan Take Ownership untuk mengambil kepemilikan folder atau file, maka ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Setelah anda menginstallnya, itu akan membuat tampilan di menu konteks dengan nama Take Ownership.
  • Anda cukup mengklik kanan pada file atau folder yang ingin anda ambil kepemilikan folder atau filenya dan pilih Take Ownership dari menu konteks.
  • Segera setelah itu, anda akan menjadi pemilik file atau folder tersebut dan dapat menghapus atau memodifikasi file atau folder sesukamu.




2. Nonaktifkan User Account Control


Jika anda telah memberikan permission/izin tetapi itu tetap gagal membuka atau mengedit file atau folder di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka langkah berikutnya yang dapat anda coba adalah menonaktifkan User Account Control (UAC) di system anda. Terkadang, UAC dapat memblokir permission yang diberikan. Pastikan untuk mengaktifkannya kembali setelah anda selesai melakukan perubahan yang diperlukan pada file atau folder.


Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R untuk membuka kotak Run.
  • Kemudian ketik useraccountcontrolsettings dan tekan Enter.
  • Di jendela User Account Control Settings, pilih Never notify dan klik OK.




3. Aktifkan Super Administrator Account


Jika menonaktifkan UAC tidak berhasil untuk anda, maka langkah berikutnya adalah mengaktifkan Super Administrator Account. Super Administrator Account adalah akun administrator tersembunyi di Windows yang secara otomatis dibuat saat menginstall system operasi. Akun ini tidak memiliki batasan seperti pada user account standar. Setelah anda mengaktifkannya, periksa apakah error masih terjadi atau tidak. Pastikan untuk menonaktifkannya kembali setelah anda selesai menggunakan akun tersebut.




4. Reset Permission Security ke Default


Jika semua upaya sebelumnya tidak berhasil di komputer anda, maka kemungkinan besar ada masalah dengan system operasi anda. Terkadang, pengaturan registry dapat menjadi tidak benar dan menyebabkan masalah ini. Dalam situasi seperti itu, anda dapat mencoba mereset  permission security ke default. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
secedit /configure /cfg %windir%\inf\defltbase.inf /db defltbase.sdb /verbose
  • Setelah perintah selesai di jalankan, tutup Command Prompt dan restart komputer.



5. Jalankan System File Checker

Jika masalah masih belum dapat di perbaiki, maka anda dapat menjalankan System File Checker (SFC) di system anda. Ini adalah tool bawaan system operasi Windows yang akan menscan dan memperbaiki file system yang rusak atau hilang.



Jika tidak ada satupun solusi diatas yang membantu, maka kemungkinan system operasi anda telah rusak dan tidak dapat diperbaiki dengan solusi sederhana. Oleh karena itu, anda perlu mereset PC anda ke pengaturan default.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error You don’t currently have permission to access this folder di Windows 10 Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error You don’t currently have permission to access this folder di Windows 10/11"