Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menonaktifkan Fitur User Account Control di Windows


Jika anda telah menggunakan Windows dalam jangka waktu tertentu, maka anda mungkin telah melihat prompt yang muncul setiap kali anda mengubah pengaturan system atau mengacaukan file system. Secara default, prompt system ini memblokir semua aktivitas anda dengan layar hitam transparan sehingga anda tidak punya pilihan selain melihat dan menghadiri prompt. Ini adalah fitur keamanan bawaan Windows yang bernama User Access Control yang disingkat UAC. User Access Control  inilah yang diperkenalkan kembali dari masa Windows Vista.

Denganfunfsinya tersebut, beberapa pengguna Windows mungkin terganggu oleh permintaan UAC ini setiap kali mereka menginstal software atau membuat perubahan pada pengaturan system atau file. Dengan demikian, sebagian pengguna Windows ingin menonaktifkannya secara penuh. Jadi jika anda termasuk orang yang tidak mempertimbangkan fungsinya dan menonaktifkan UAC atau telah menonaktifkannya, berikut ini saya akan memberikan beberapa alasan mengapa anda tidak boleh melakukannya.


Mengapa Anda Tidak Harus Menonaktifkan User Access Control

Ketika anda pertama kali menginstal Windows, user account (akun pengguna) pertama yang anda buat akan memiliki hak administrator, dan kemungkinan besar anda menggunakan akun tersebut untuk semua aktivitas harian anda seperti mengkonfigurasi system anda, menginstal software, browsing dan lainnya. Tetapi masalahnya adalah anda tidak membutuhkan hak administrator sepanjang waktu karena dapat menyebabkan lebih banyak masalah yang jarang juga dapat di perbaiki.

Untuk mengatasinya, Microsoft memperkenalkan fitur UAC ini dimana memungkinkan anda menjalankan system dan aplikasi terpasang lainnya dengan hak istimewa yang terbatas sehingga mereka tidak dapat mengakses atau memodifikasi pengaturan system, file, entri registry, dan lainnya. Setiap kali ada perubahan besar dimulai (khususnya sistem) , UAC memotong tindakan itu dan meminta izin anda. Jika anda menolak izin saat diminta maka perubahan tidak akan dilakukan dan file atau pengaturan system anda pun tidak akan berubah.

Bahkan ketika anda mengizinkan perubahan dilakukan dengan menerima prompt UAC, izin tersebut hanya berlaku pada sesi khusus saat itu, misalnya izin diberlakukan sampai aplikasi tersebut ditutup atau tindakan selesai.

Secara default, semua prompt UAC disajikan pada secure desktop sehingga tidak ada program yang dapat berinteraksi atau memanipulasi prompt (seperti menghapus tombol No, memanipulasi mouse dan/atau keyboard untuk mengklik Yes dan lainnya), Menipu pengguna mengklik tombol Yes. Itulah alasan mengapa seluruh layar diblokir untuk memaksa anda menerima atau menolak perubahan dari proses.


Ya, jenis perilaku ini dapat mengganggu ketika anda menginstal dan mengaturnya untuk pertama kalinya. Tetapi setelah itu anda tidak perlu menghadapinya sesering mungkin karena hampir semua aplikasi kompatibel dengan UAC. Tidak seperti dulu, para pengembang tidak menganggap aplikasi mereka akan memiliki hak admin secara default.

Jadi jika anda memilih untuk menonaktifkan UAC, maka anda akan kehilangan semua perlindungan yang disediakan oleh fitur ini, dan aplikasi apapun, malware, virus dan lainnya, yang dapat mengeksekusi dan mengubah apapun yang mereka inginkan kapan saja karena tidak ada yang menghalangi mereka.

Selain itu, jika anda telah menonaktifkan fitur UAC dan menginstal banyak aplikasi, aplikasi tersebut mungkin tidak berfungsi dengan baik ketika anda mengaktifkan kembali UAC. Ini mungkin tidak menjadi masalah bagi sebagian besar aplikasi, tetapi masih merupakan hal yang perlu dipertimbangkan ketika anda ingin menonaktifkan UAC.


Mengubah Level User Account Control

Jika anda masih menganggap fitur UAC mengganggu, saya sarankan anda menurunkan level UAC daripada menonaktifkannya sepenuhnya.

Anda dapat mengubah level pemberitahuan UAC dengan membuka Control Panel.

Di jendela Control Panel,  pilih User Accounts dan sekali lagi klik User Accounts.


Di jendela User Accounts, pilih Change User Account Control settings di panel kanan.


Anda kemudian dapat memilih level User Account Control di jendela ini dan klik OK untuk menyimpan perubahan. Dua lelel teratas direkomendasikan oleh Windows sedankan dua level terbawah tidak di rekomendasikan.



Secara keseluruhan, tidak pernah menjadi hal yang baik untuk menonaktifkan atau bahkan memodifikasi level pemberitahuan UAC. Jika ada yang memberitahu anda untuk menonaktifkan fitur ini di system Windows anda, silakan menjauhlah dari orang atau website tersebut.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda di bawah ini untuk membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang petunjuk UAC di system Windows anda. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Menonaktifkan Fitur User Account Control di Windows"