Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Drive Eksternal Yang Tidak Muncul di Windows


Pernahkah anda mencoba menghubungkan hard drive eksternal ke komputer anda, dan drivenya tidak muncul di jendela This PC? Banyak hal yang dapat menyebabkan masalah ini terjadi dan ini bisa membuat anda frustrasi. Pada artikel kali ini saya akan membantu anda dalam mengatasi masalah ini dengan cara yang logis dimana akan membantu anda mengidentifikasi penyebabnya dan cara memperbaikinya.

Hal ini bisa berupa masalah pada hardware atau software yang membuat drive eksternal anda tidak dikenali. Masalah hardware ini termasuk diantaranya yaitu kabel, disk, atau port USB yang rusak. Sambungan antara disk dan kabel juga bisa tidak berfungsi. Sementara masalah software termasuk kebutuhan dalam partisi disk, pengaturan drive letter, atau mereset power options PC anda.


Masalah Hardware

Tentukan apakah masalah yang terjadi akibat dari hardware atau bukan. Untuk dapat mengetahui masalah yang terjadi karena hardware, ikuti langkah-langkah ini.
  • Coba colokkan drive anda ke port USB yang berbeda. Jika masalah yang sama terjadi di setiap port, maka anda dapat menghilangkan port USB sebagai masalahnya.
  • Terkadang kabel data bisa saja rusak, jadi cobalah kabel data yang lainnya untuk menghubungkan hard drive anda. Jika masih tidak berfungsi, maka permasalahannya bukan pada kabel data.
  • Terkadang port pada drive itu sendiri dapat menjadi kotor dan mempengaruhi koneksi. Bersihkan port tempat kabel data dihubungkan ke drive.
  • Periksa drive untuk melihat tanda-tanda kerusakan yang terlihat. Jika ada celah dalam case, anda dapat menduga bahwa drive mungkin tidak berfungsi. Untuk HDD, hubungkan ke PC kemudian dengarkan dan rasakan getaran yang menunjukkan bahwa drive berputar. Jika anda tidak merasakan apa-apa, kemungkinan drive anda rusak, dan anda harus menggantinya.
  • Jika tidak ada tes diatas yang memberi anda alasan mengapa komputer anda tidak mengenali drive anda, coba sambungkan ke komputer lain untuk meyakinkan anda bahwa hardware anda bermasalah atau tidak.

Masalah Software

Jika anda telah mencoba semua tes diatas terlebih dahulu, dan drive berfungsi pada komputer yang lainnya, maka ada masalah software yang menyebabkan komputer anda tidak mengenali drive tersebut.

Untuk mencaritahu permasalahannya dan cara mengatasinya cobalah tips dibawah ini.

1. Gunakan Disk Management

Hal pertama yang anda lakukan adalah menggunakan Disk Management untuk memeriksa drive.
  • Cabut semua perangkat lain dari komputer anda sehingga anda dapat memastikan bahwa anda bekerja dengan drive yang benar.
  • Tekan Win + X untuk membuka menu Power User dan pilih Disk Management dari daftar menu.
  • Dari daftar perangkat penyimpanan, cari Disk 1 atau lainnya (tergantung banyaknya drive yang terpasang). Disk 0 adalah drive internal anda jadi abaikan yang itu. Drive anda harus terdaftar disini sebagai Removable, walaupun drive itu tidak muncul di jendela PC ini.
  • Ada dua masalah yang dapat anda identifikasi di sini. Periksa untuk melihat apakah drive Unallocated atau Healthy, tetapi tanpa drive letter terkait dengannya.
  • Jika drive tidak terisi, anda dapat mempartisi hard disk eksternal untuk mengalokasikan memory ke dalamnya dan itu harusnya menyelesaikan masalah.
  • Jika drive tersebut Healthy tetapi tidak memiliki drive letter yang ditetapkan untuknya, anda dapat memetakannya ke drive letter untuk memperbaiki masalah tersebut.

2. Sesuaikan Power Options

Jika solusi di atas masih tidak membiarkan komputer anda mengenali drive eksternal, coba sesuaikan power options. Ada bagian dari power plan pada PC anda yang bertanggung jawab untuk menangguhkan port USB dalam situasi tertentu. Berikut adalah beberapa perubahan yang dapat anda lakukan pada pengaturan yang dapat memperbaiki masalah.
  • Buka Control Panel dan pilih Power Options.
  • Klik Change plan settings di sebelah power plan apapun yang terdaftar. Sebaiknya lakukan ini untuk semua power plan yang tercantum untuk memastikan masalah tidak terjadi dalam situasi apapun.
  • Pilih Change advanced power settings.
  • Klik tanda plus di sebelah USB settings dan kemudian USB selective suspend setting untuk memperluas daftar.
  • Ubah pengaturan dari Enabled menjadi Disabled baik pada Plugged in maupun On battery. Ini akan menghentikan komputer anda dari menonaktifkan port USB saat daya rendah.

Solusi ini harusnya memperbaiki sebagian besar masalah yang menyebabkan komputer anda tidak mengenali hard drive eksternal anda. Jangan lupa berikan komentar anda dibawah jika salah satu dari tips diatas bekerja pada PC anda. Terimakasih dan GBU.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Drive Eksternal Yang Tidak Muncul di Windows"