Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Memindahkan Program atau Aplikasi Yang di Install ke Drive Lain


Seiring dengan kebutuhan anda dengan begitu banyak program yang anda install di PC Windows anda, pada suatu saat anda mungkin kehabisan ruang. Hal ini bisa menyebabkan PC anda dapat berjalan lebih lambat atau mengalami masalah dengan program yang macet. Anda dapat memperbaiki masalah ini di PC anda dengan memindahkan program/aplikasi Windows yang telah anda instal ke drive lain.

Keterbatasan ruang penyimpanan anda di komputer membuat anda ingin menyimpan program/aplikasi secara terpisah, dan tentunya memindahkan program/aplikasi ke drive lain akan membantu. Menjalankan banyak aplikasi seperti game modern saat ini atau software pengeditan video akan lebih mudah jika anda menyimpan program anda pada drive yang terpisah juga.

Beberapa waktu lalu saya telah membagikan tutorial tentang Cara Memindahkan Program Ke Drive Lain Menggunakan Symlink Windows 10, dan berikut ini saya akan membagikan cara yang berbeda yang dapat digunakan oleh hampir semua pengguna komputer untuk memindahkan program/aplikasi ke drive lain yang anda inginkan.


1. Pindahkan Aplikasi Menggunakan Settings Windows

Cara termudah untuk memindahkan aplikasi dari satu drive ke drive lain di komputer Windows anda adalah dengan menggunakan aplikasi Settings. Prosedur ini berfungsi untuk banyak orang, tetapi tidak semua program/aplikasi yang anda install dapat dipindahkan.

Untuk memindahkan aplikasi menggunakan aplikasi Settings Windows, ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.
  • Tekan Win + I untuk membuka Settings kemudian pilih Apps.
  • Gulir kebawah untuk menemukan aplikasi yang ingin anda pindahkan.
  • Klik pada aplikasi tersebut dan pilih Move.
  • Pada pop-up yang muncul, pilih drive tempat anda ingin memindahkan program kemudian klik Move lagi.

Hanya itu saja dan program anda sudah dipindahkan. Jika tombol Move tidak tersedia untuk aplikasi yang ingin anda pindahkan, program itu adalah aplikasi Windows 10, dan anda tidak dapat memindahkannya.


2. Ubah Install Folder

Memindahkan lokasi file program yang telah anda instal di komputer anda tidak bisa hanya dilakukan dengan meng-copy dan mem-paste-kannya. Sering ada terlalu banyak bagian program yang berbeda di berbagai tempat di drive anda, dan memindahkannya sendiri dapat menyebabkan program berhenti berjalan.

Dari pada mengubah registry dan masalah risiko yang dapat memengaruhi seluruh komputer anda, mungkin lebih mudah untuk menghapus program dan menginstalnya kembali ke drive baru. Periksa situs web untuk memastikan anda masih dapat mendownload program sebelum anda menghapusnya dari mesin anda.

Pertama, uninstall aplikasi yang ingin anda pindahkan.
  • Tekan Win + I untuk membuka Settings dan klik Apps.
  • Klik aplikasi yang ingin anda hapus dan klik tombol Uninstall.



Ubah lokasi default instalasi aplikasi baru

Sekarang setelah anda menghapus program, anda ingin mengatur komputer anda sehingga akan mendownload aplikasi ke drive yang sekarang ingin anda gunakan. Anda perlu mengubah lokasi default instalasi untuk aplikasi baru.
  • Tekan Win + I untuk membuka Settings kemudian pilih System.
  • Klik pada Storage di panel kiri.
  • Di panel kanan, gulir ke bawah dan klik Change where new content is saved.
  • Di bawah New apps will save to, ubah drive ke drive yang ingin anda gunakan dan klik Apply disebelah kanannya.


Di jendela ini, anda juga dapat mengubah pengaturan lain jika anda ingin memindahkan drive default download baru lainnya. Caranya sama seperti diatas.

Setelah memilih drive tempat anda ingin menginstal program, buka website dan download program.


3. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika anda akan memindahkan program yang tidak dapat anda pindahkan menggunakan aplikasi Settings, atau jika anda memiliki banyak program yang ingin anda pindahkan dan hanya mempunyai pilihan uninstall dan reinstall dengan proses yang panjang, anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memindahkannya.

Berikut cara memindahkan program menggunakan program yang bernama EaseUS Todo PCTrans.
  • Kunjungi website EaseUS dan tombol Free Download.
  • Setelah download silahkan install aplikasinya.
  • Klik Start Now.
  • Klik opsi App Migrationi di panel kiri jendela dan klik Start.

  • Setelah program dimulai, anda akan melihat jendela dengan daftar program. Klik pada aplikasi yang ingin anda pindahkan ke lokasi drive baru.
  • Klik tombol Browse untuk memilih drive tujuan.
  • Pilih drive yang ingin anda gunakan dan klik Select Folder.
  • Klik tombol Transfer.



Software lain yang dapat anda gunakan termasuk Steam Mover (berfungsi untuk memindahkan program maupun game) dan Application Mover. Jika anda ingin memindahkannya ke PC lainnya anda dapat membaca tutorial saya lainnya tentang Cara Memindahkan File Antara PC dengan Mudah.

Semua program ini cukup sederhana untuk digunakan, meminta anda untuk memasukkan jalur saat ini dari program diikuti oleh direktori tempat anda ingin memindahkannya. Cukup ikuti instruksi, dan anda akan baik-baik saja!

Semua metode di atas akan berfungsi untuk memindahkan program Windows anda ke drive lain dan membebaskan ruang pada drive utama. Pilih dan gunakan yang paling nyaman bagi anda.

Sekian dan semoga membantu anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran dalam mengikuti tutorial ini.

Post a Comment for "Cara Mudah Memindahkan Program atau Aplikasi Yang di Install ke Drive Lain"