Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memindahkan Program Ke Drive Lain Menggunakan Symlink di Windows 10/11


Kalau saja semua yang dilakukan di Windows sesederhana seperti copy dan paste maka semua hal yang kita inginkan untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain dapat kita lakukan dengan "sebelah mata". Sayangnya, jika anda baru saja membeli hard drive baru dan ingin dengan mulus memindahkan program ke dalamnya dan berharap mereka tetap bekerja seperti yang mereka lakukan sebelumnya, maka dipastikan anda sedang bermimpi. Anda pasti akan mendapatkan pesan kesalahan saat anda membuka program tersebut, bahkan saat anda cuma mengcopy dan mempastenya.

Itu karena jejak program yang diinstall keluar dari PC anda jauh melampaui direktori instalasinya, dan berbagai data di registry dan sudut tersembunyi PC anda lainnya mengharapkan data program tetap berada di tempat anda menginstalnya. Dan artikel kali ini akan menunjukkan cara untuk menggunakan apa yang disebut Symlink untuk mengatasi masalah ini.


Apa itu Symlink?

Symlink adalah link simbolik, yang biasa digunakan di sistem operasi linux. Symlink adalah sebuah file atau folder khusus yang mengacu ke file atau folder lainnya. Sehingga kita dapat membuat sebuah file yang seolah-olah berada pada folder tertentu tetapi kenyataannya disimpan pada folder lainnya.

Seperti pada Steam Mover, dimana Steam Mover menggerakan game ke direktori pilihan anda menggunakan "titik persimpangan" untuk membuat sebuah file atau folder khusus di direktori asli dari game yang diberikan - semacam super-shortcut sehingga komputer berpikir bahwa seluruh permainan masih dalam lokasi aslinya.


Membuat Symlink

Katakanlah anda, seperti saya, ingin memindahkan MSI Afterburner ke lokasi baru tanpa mengacaukan itu. Pertama, cut dan paste folder program dari lokasi lama ke yang baru.
  • Berikutnya, pada pencarian Cortana, ketik cmd untuk menampilkan Command Prompt dan jalankan sebagai admin dengan mengklik Run as administrator .
  • Pada command prompt, pastikan command prompt diatur ke drive anda memindahkan program. Untuk melakukan hal ini, cukup masukkan nama drive diikuti dengan titik dua (ketik "d:", "e:", "f:" atau apapun) dan tekan Enter.
  • Setelah anda melakukan ini, ketik  perintah berikut dibawah ini. Ganti nama drive, nama program dan direktori (warna merah) dengan hal-hal yang relevan untuk anda:
F:\Program Files (x86)>mklink /j "MSI Afterburner" "d:\MSI Afterburner"
  • Jika semua berjalan dengan baik, anda harus mendapatkan pesan yang mengatakan Junction created for diikuti dengan program anda dipindahkan ke drive lain. Pergi ke lokasi asli (lokasi pertama) dari folder, dan anda akan melihat shortcut-seperti ikon kecil di samping folder untuk program yang anda pindah.
  • Klik doble ikon ini, dan sepertinya program masih berada di drive asli secara keseluruhan, tetapi ini hanyalah ilusi yang cerdik. Program ini sebenarnya berada di lokasi baru - Windows hanya menganggapnya itu lokasi asli, yang berarti bahwa itu akan terus berfungsi seperti sebelumnya. Pintar, kan?


Jika anda menemukan metode manual di atas sedikit menakutkan (Ini benar-benar bukan yang buruk!), anda dapat men-download tools ringan untuk melakukan pekerjaan itu sebagai gantinya. Kebetulan, Steam Mover bekerja untuk program serta permainan. Atau anda dapat mencoba Application Mover.


Semua program ini cukup mudah digunakan, anda hanya diminta untuk memasukkan jalur program saat ini diikuti dengan direktori tempat anda ingin memindahkannya. Cukup ikuti petunjuk, dan anda akan baik-baik saja!


Dalam banyak kasus program-program anda mungkin akan bekerja jika anda hanya copy-paste mereka di sekitar tempat itu. Namun jika itu tidak bekerja, anda sekarang tahu apa yang harus anda lakukan. Dan selanjutnya anda hanya akan tersenyum dan mengatakan, aahhh...ini mudah bagiku!

Sekian tutorial kali ini. Tinggalkan komentar dibawah untuk berbagi pengalaman dalam menggunakan metode diatas. Terimakasih atas kunjungannya. GBU

Post a Comment for "Cara Memindahkan Program Ke Drive Lain Menggunakan Symlink di Windows 10/11"