Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Hard Drive Eksternal Menyebabkan Blue Screen di Windows 10/11

 


Jika saat menghubungkan hard drive eksternal, Windows 10 atau Windows 11 anda mengalami error blue screen of death, maka artikel ini akan membantu anda memperbaikinya. Menurut laporan beberapa pengguna, setiap kali mereka menghubungkan hard drive eksternal, system mereka mengalami error blue screen. Pengguna yang berbeda mengalami error BSOD yang berbeda pada system mereka setelah menghubungkan hard drive eksternal.



Memperbaiki Hard Drive Eksternal Menyebabkan Blue Screen di Windows 10/11


Gunakan beberapa solusi berikut ini jika menghubungkan hard drive eksternal menyebabkan error blue screen di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Dibawah ini, saya telah menjelaskan semua perbaikannya secara mendetail.



1. Perbaikan Awal


Sebelum melanjutkan, saya sarankan anda mencoba beberapa perbaikan awal berikut ini.

  • Hubungkan hard drive ke port USB lain di komputer anda. Ini akan memberitahu anda apakah masalahnya ada pada port USB tersebut atau tidak.
  • Hubungkan hard drive lain (jika tersedia) ke komputer anda dan lihat apakah error BSOD kembali terjadi.
  • Hubungkan hard drive anda ke komputer lain (jika tersedia) dan lihat apa yang terjadi.



2. Uninstall Antivirus Anda


Software antivirus pihak ketiga anda mungkin menyebabkan masalah ini. Untuk memeriksanya, uninstall antivirus pihak ketiga tersebut dari system anda dan kemudian hubungkan hard drive. Jika komputer anda tidak crash setelah menguninstall antivirus, maka anda perlu menghubungi dukungan antivirus anda untuk bantuan lebih lanjut.



Sebelum anda menguninstall antivirus pihak ketiga, pastikan anda memiliki product key-nya, karena lisensi antivirus anda perlu diaktifkan kembali saat berikut anda menginstallnya di system anda. Jika anda menggunakan antivirus gratis, anda dapat beralih ke antivirus lain atau menggunakan Windows Security bawaan. Anda dapat membajak Windows Security untuk meningkatkan level perlindungan system anda.



3. Perbaiki System Image File Anda


File system image yang rusak juga dapat menyebabkan masalah ini. Saya sarankan anda memperbaiki file system image yang rusak dengan menggunakan tool bawaan di Windows 10 dan Windows 11. Jadi, jalankan System File Checker (SFC) dan Deployment Image Servicing and Management (DISM) untuk tujuan ini. Tool-tool ini akan menscan system anda untuk mencari file system image yang rusak dan memperbaikinya.




4. Periksa Masalahnya dalam Safe Mode


Safe Mode di Windows 10 atau Windows 11 adalah mode pemecahan masalah. Saya sarankan anda mem-boot komputer anda dalam Safe Mode dan kemudian menghubungkan hard drive. Jika komputer anda tidak mengalami error blue screen dalam Safe Mode setelah menghubungkan hard drive, maka anda dapat menjalankan scan ChkDsk disana untuk memperbaiki hard drive tersebut.




5. Periksa Status Driver di Device Manager


Driver perangkat yang salah mungkin menyebabkan system anda crash setiap kali anda menghubungkan hard drive eksternal. Saya sarankan anda untuk memeriksa status semua driver di Device Manager.

  • Tekan tombol Win + X dan tekan M untuk membuka Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas semua bagian di Device Manager.
  • Setelah itu, lihat apakah ada driver yang menunjukkan tanda peringatan.
  • Jika anda melihat tanda peringatan pada driver, maka klik dobel pada driver tersebut untuk membuka propertiesnya.
  • Di jendela properties, baca pesan error pada kotak Device status di bawah tab General.




6. Install Ulang Driver USB Controller dan USB Root Hub


Menginstall ulang driver USB Controller dan USB Root Hub juga dapat memperbaiki masalah ini. Lakukan ini dan lihat apakah itu membantu. Petunjuk berikut akan memandu anda dalam hal ini. Sebelum melanjutkan, buat system restore point.

  • Buka Device Manager seperti langkah diatas.
  • Di jendela Device Manager, perluas bagian Universal Serial Bus controllers.
  • Selanjutnya, klik kanan pada driver USB Host Controller dan pilih Uninstall device.
  • Kemudian, klik Uninstall pada jendela konfirmasi.
  • Setelah itu, restart komputer anda dan Windows akan secara otomatis menginstall ulang driver yang hilang atau dihapus.



Ulangi langkah di atas untuk menginstall ulang driver USB Root Hub di komputer anda.



7. Apakah Anda Mendengar Bunyi Klik dari Hard Drive Anda?


Apakah anda mendengar bunyi klik dari hard drive anda? Bunyi klik dari hard drive khususnya harddisk merupakan salah satu gejala kegagalan harddisk. Jadi, jika harddisk anda mengeluarkan suara seperti itu, mungkin harddisk anda sedang sekarat.



Itu dia. Semoga membantu.


Mengapa Windows 10/11 saya mendapatkan error blue screen?

Ada banyak alasan mengapa kesalahan blue screen terjadi pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Masalah hardware dan software dapat menyebabkan error blue screen. Contoh masalah software yang dapat menyebabkan error blue screen termasuk driver perangkat yang rusak atau gagal, infeksi malware, file system image yang rusak, bad sector pada harddisk dan lainnya. Hardware yang rusak juga dapat menyebabkan error BSOD. Selain itu, panas berlebih juga dapat menyebabkan error BSOD. Anda memiliki solusi terbaik untuk memperbaiki error blue screen ini.


Mengapa Windows 10/11 tidak mengenali hard drive eksternal saya?

Penyebab paling umum hard drive eksternal tidak terdeteksi di Windows 10 atau Windows 11 adalah Universal Serial Bus Controller dan driver hard drive yang rusak. Anda dapat memeriksanya di Device Manager. Jika hard drive mati atau rusak, anda juga akan menghadapi masalah ini di system anda.


Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Hard Drive Eksternal Menyebabkan Blue Screen di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti artikel ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Hard Drive Eksternal Menyebabkan Blue Screen di Windows 10/11"