Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Hard Drive Eksternal Tidak Muncul atau Terdeteksi di Windows 10/11

 


Terkadang PC kita gagal atau menolak mengenali hard drive eksternal bahkan setelah konfirmasi koneksi berhasil. Masalahnya sebagian besar terjadi ketika driver perangkat rusak atau out of date. Masalah seperti ini mungkin cukup sulit untuk diperbaiki. Anda dapat menghabiskan waktu berjam-jam tetapi tidak menemukan solusi. Jika demikian, maka solusi yang di berikan dalam artikel ini akan membantu anda mengatasi masalah hard drive eksternal yang tidak terdeteksi di Windows 10 atau Windows 11 anda.


Hard drive eksternal tidak muncul di komputer Windows 10 atau Windows 11 dapat disebabkan beberapa faktor. Selain driver perangkat rusak atau out of date sebagai penyebab pada umumnya, namun port USB atau kabel USB juga dapat menjadi penyebab masalah ini. Jadi, jika hard drive eksternal anda masih tidak berfungsi, anda dapat mencabutnya dan mencoba port USB lain. Jika dicolokkan ke port USB 3.0, anda bisa mencoba mencolokkannya ke port USB 2.0. Jika dicolokkan ke USB hub, coba colokkan langsung ke PC dan lihat apakah berhasil.


Anda juga dapat mencabut hard drive eksternal dari port USB yang sekarang anda gunakan dan masukkan ke port USB lainnya. Jika berhasil, mungkin port pertama anda mati. Alternatifnya, gunakan kabel USB lain dan periksa. Jika kali ini berfungsi dengan baik, maka kemungkinan kabel USB anda rusak.



Memperbaiki Hard Drive Eksternal Tidak Muncul atau Terdeteksi di Windows 10/11


Jika hard drive eksternal anda masih tidak dikenali, tidak muncul, tidak terdeteksi, tidak berfungsi atau tidak dapat diakses bahkan setelah mencolokkannya ke Windows 10 atau Windows 11, maka gunakan solusi berikut ini untuk memperbaikinya.



1. Jalankan Troubleshooter


Hal pertama yang dapat anda lakukan adalah menjalankan Hardware and Device Troubleshooter dan memeriksa apakah itu membantu. Tool akan secara otomatis memeriksa hardware/USB yang terhubung ke komputer untuk mengetahui masalah apapun dan akan memperbaikinya secara otomatis.




2. Update atau Install Ulang Driver Hard Drive


Seperti yang sudah dijelaskan di atas, masalah ini dapat terjadi karena driver hard drive eksternal anda yang rusak atau out of date. Untuk itu, anda perlu mengupdate driver hard drive eksternal anda dan lihat apakah itu membantu memperbaikinya. Jika gagal, maka anda dapat menguninstall driver hard drive anda dan kemudian menginstall driver hard drive anda kembali. Anda dapat mendowload driver hard drive terbaru dari website resmi perangkat hard drive anda.



3. Buat Partisi Baru pada Drive Eksternal


Jika anda belum pernah menghubungkan hard drive ke PC sebelumnya dan mencoba menghubungkannya untuk pertama kali, drive tersebut mungkin tidak terdeteksi karena anda tidak membuat partisi apapun untuk hard drive tersebut. Namun, hal yang sama mungkin dikenali oleh tool Disk Management Windows. Jadi, verifikasi apakah tool Disk Management dapat menemukan lokasi hard drive eksternal tersebut atau tidak. Jadi, jika anda melihat bahwa drive tidak dipartisi atau unallocated, maka format hard drive eksternal anda dan buat partisi baru.




4. Nonaktifkan Pengaturan USB Selective Suspend


Jika metode yang disebutkan di atas tidak memberikan hasil yang diinginkan, coba nonaktifkan pengaturan USB Selective Suspend. Untuk menonaktifkan USB Selective Suspend di Windows 10 atau Windows 11 anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter untuk membuka Control Panel.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Small/Large icons dan pilih Power Options.
  • Di halaman berikutnya, pilih opsi Choose when to turn off the display di panel kiri.
  • Selanjutnya, klik Change advanced power settings.
  • Sebuah jendela baru akan terbuka. Gulir ke bawah daftar dan perluas USB settings di ikuti dengan perluas USB Selective Suspend setting.
  • Sekarang ubah opsi ke Disabled.
  • Setelah itu, klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.
  • Terakhir, restart komputer anda.



Anda juga dapat menguninstall driver yang bermasalah melalui Device Manager. Solusi lain adalah dengan mengubah drive letter hard drive portabel atau membackup semua file penting terlebih dahulu dan kemudian memformat hard drive eksternal menggunakan Disk Partition.



5. Aktifkan dan Format Drive di Disk Management


Anda perlu memeriksa apakah drive dalam mode Offline atau tidak menggunakan tool Disk Management bawaan. Untuk itu, buka Disk Management. Setelah membukanya, anda seharusnya dapat melihat semua drive yang terhubung dalam daftar. Yang tidak tersedia di PC akan terlihat berwarna abu-abu. Jadi, jika anda melihat status disk adalah Offline, maka klik kanan padanya dan pilih untuk mengaktifkan. Anda kemudian dapat memformat drive tersebut sehingga akhirnya dapat muncul di Windows Explorer.




6. Coba di Port USB Lain (atau PC Lain)


Ada kemungkinan port USB mengalami masalah pada hardware apapun. Sebagian besar laptop dan desktop dilengkapi dengan beberapa port USB dan salah satunya akan berfungsi bahkan dalam kondisi terburuk sekalipun. Anda juga dapat melakukan cross check di BIOS apakah port USB dinonaktifkan atau tidak. Jika ya, maka aktifkan port USB tersebut.



7. Clean Disk dan Mulai Dari Awal


Jika tidak ada yang berfungsi di PC anda, maka cara terbaik adalah menghubungkannya ke PC lain dan memformat hard drive eksternal anda di komputer tersebut. Setelah selesai, hubungkan kembali hard drive ke komputer tempat anda ingin menggunakannya.



Bagaimana cara memperbaiki hard drive eksternal saya tidak menampilkan file?

Jika anda baru saja menghubungkan hard drive anda, tunggu beberapa detik hingga Windows memuat semuanya. Namun, jika sudah lama dan tidak ada file, anda perlu menjalankan software Disk Check dari OEM atau CHKDSK di Windows untuk memperbaiki kerusakan header atau master table.


Mengapa hard drive eksternal saya tiba-tiba hilang?

Hal ini terjadi ketika koneksi tidak diatur dengan benar. Periksa apakah colokan USB yang terhubung dengan drive longgar. Jika demikian, anda perlu mendapatkan kabel baru yang dapat anda hubungkan ke PC. Jika ini bukan masalahnya, hard drive mengalami masalah dan anda mungkin ingin memeriksanya.


Jika drive atau partisi hard drive anda tidak muncul, maka artikel ini akan membantu anda.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki hard drive eksternal tidak muncul atau terdeteksi di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Hard Drive Eksternal Tidak Muncul atau Terdeteksi di Windows 10/11"