Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menonaktifkan Port USB di Windows 10/11


Anda tidak pernah bisa dalam hal menjaga data anda tetap aman. Bahaya bisa datang dari tempat-tempat atau orang-orang yang tidak anda harapkan. Seorang anggota keluarga atau teman anda dapat menggunakan komputer anda hanya satu menit untuk mengunggah sesuatu, tetapi bagaimana jika drive USB miliknya memiliki virus yang tidak dia ketahui?

Menonaktifkan drive USB komputer anda dapat membantu menjaga file anda tetap aman, dan prosesnya lebih mudah daripada yang anda kira. Ada beberapa metode yang dapat anda pilih, dan jika tidak berhasil, anda selalu dapat mencoba metode yang lainnya.

Silahkan simak beberapa metode dibawah ini untuk menonaktifkan USB Drive komputer anda.


1.  Menonaktifkan / Mengaktifkan Drive USB Menggunakan Registry

Jika anda ingin mencoba menonaktifkan drive USB menggunakan Registry, maka sebelum melakukannya backup registry atau membuat system restore point terlebih dahulu. Setelah itu ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter atau klik OK untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela registry editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\USBSTOR



  • Jika sudah menemukannyanya, pada kotak sebelah kanan, klik dobel pada Start dan jendela baru akan muncul.


  • Nilai Value data secara default, akan diatur ke 3. Untuk menonaktifkan penyimpanan USB, anda harus mengubahnya ke 4. Setelah itu klik OK untuk menyimpan perubahan.


Jika dikemudian hari anda ingin kembali mengaktifkan penyimpanan USB, cukup ikuti langkah di atas dan ubah kembali nilai Value data ke 3, dan penyimpanan USB akan diaktifkan kembali.


2. Gunakan Device Manager untuk Menonaktifkan Port USB

  • Menonaktifkan port USB melalui Device Manager juga cukup mudah. Klik kanan pada Start menu, dan klik Device Manager.


  • Ketika jendela muncul, klik pada Universal Serial Bus controller. (Ini adalah opsi terakhir dalam daftar.) Anda juga dapat memilih opsi uninstall untuk drive USB dan ketika seseorang menyisipkan USB, Windows tidak akan dapat menemukan driver.



3. Nonaktifkan USB drive dengan Menggunakan Group Policy Editor

Metode ini janya untuk pengguna Windows edisi Pro dan Enterprise, untuk pengguna Windows edisi Home, ikuti dua metede sebelumnya.  Anda dapat menggunakan metode ini jika anda mengaktifkam
 Group Policy Editor terlebih dahulu.

Untuk menonaktifkan penyimpanan USB dengan menggunakan Group Policy Editor, silahkan anda buka Run dengan menekan tombol Win + R. Setelah terbuka, ketikkan gpedit.msc dan klik Enter.

Pada panel sebelah kiri klik telusuri jalur berikut dibawah ini.

Computer Configuration - Administrative Templates - System - Removable Storage Access

Ketika anda mengklik Removable Storage Access, opsi baru akan muncul di panel kanan. Cari dan klik pada opsi yang mengatakan
  • Removable Disks: Deny execute access
  • Removable Disks: Deny read access
  • Removable Disks: Deny write access

Klik masing-masing opsi untuk mengkonfigurasinya. Setelah mengklik satu diantaranya, jendela baru dengan nama opsi akan muncul.


Klik Enabled dan OK untuk mengaktifkannya. Jika pada jendela Group Policy Editor sebelah kanan anda geser, maka akan memperlihatkan status konfigurasi : Not Configured, Enabled, dan Disabled.


Jika anda berubah pikiran dan ingin mengaktifkannya lagi, pilih opsi Not Configured atau Disabled maka penyimpanan USB akan kembali aktif.

Alasan mengapa anda ingin menonaktifkan penyimpanan USB dapat bervariasi. Yang penting adalah anda dapat menjaga data anda tetap aman, meskipun itu berarti harus menonaktifkan koneksi USB.

Menurut anda, metode mana yang akan anda coba terlebih dahulu? Bagikan pemikiran anda di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih atas kunjungannya. GBU

Post a Comment for "Cara Menonaktifkan Port USB di Windows 10/11"