Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Scanner Error 0x00000015, Operation could not be completed, The device is not ready

 


Saat mencoba scan dokumen menggunakan scanner anda, anda mungkin mendapatkan error code 0x00000015. Masalah ini terjadi karena scan tidak dapat memproses dokumen yang diperlukan sehinga anda mendapatkan error yang dimaksud. Dalam artikel ini, kita akan melihat apa yang dapat dilakukan jika scan mengalami masalah dengan pesan error yang mengatakan Operation could not be completed, The device is not ready dengan menampilkan error code 0x00000015.




Memperbaiki Scanner Error 0x00000015, Operation could not be completed, The device is not ready


Jika anda mendapatkan error code 0x00000015 saat menggunakan scanner dan pengoperasiannya tidak dapat diselesaikan karena perangkat belum siap di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka ikuti solusi yang akan di jelaskan dibawah ini untuk mengatasi masalah tersebut.


Mari kita bahas lebih lanjut dengan solusinya secara mendetail.



1. Restart Komputer dan Power Cycle Scanner


Pertama-tama, kita perlu me-restart komputer kita untuk menghilangkan kesalahan apapun yang dapat menyebabkan masalah ini. Jika me-reboot system tidak berhasil, maka lanjutkan dengan melakukan power cycle scanner anda. Jadi, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.

  • Matikan scanner anda terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, cabut semua kabel dan tunggu sebentar.
  • Pasang kembali kabelnya dan nyalakan perangkat.
  • Terakhir, periksa apakah masalah masih berlanjut.



2. Periksa Status Service Windows Image Acquisition (WIA)


Service Windows Image Acquisition (WIA) memungkinkan komunikasi antara scanner dan komputer anda. Saat service ini dinonaktifkan atau mengalami beberapa gangguan, anda mungkin mengalami masalah seperti yang dimaksud. Dalam solusi perbaikan ini, kita perlu memeriksa statusnya dan memastikannya berjalan dengan baik. Untuk itu, ikuti langkah-langkah yang disebutkan dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka Services Windows.
  • Di jendela Services, temukan dan klik dobel pada service Windows Image Acquisition (WIA).
  • Di jendela Properties service, ubah Startup type-nya ke Automatic.
  • Selanjutnya, jika pada bagian Service status-nya adalah Stopped, maka klik Start. Namun jika Running, maka klik Stop dan kemudian Start.
  • Terakhir, klik Apply dan OK untuk menyiman pengaturan anda.



Mudah-mudahan ini bisa membantu anda.



3. Install atau Update Driver Scanner


Seperti yang mungkin sudah anda ketahui, driver adalah software yang bertanggung jawab untuk berinteraksi dengan hardware system anda. Jika mereka hilang atau out of date, maka komputer anda tidak akan dapat mendeteksi keberadaannya dan akan berhenti merespons. Untuk mengatasi masalah ini, langkah pertama adalah mengupdate driver scanner anda. Jika tidak, anda perlu menginstall driver scanner anda dengan versi terbaru. Anda dapat mendownload driver scanner anda dari website resmi pabrikan scanner anda. 



4. Install Ulang Driver Scanner


Jika update driver scanner tidak berhasil, maka anda diharuskan untuk menguninstall driver scanner anda saat ini dan kemudian menginstallnya dengan salinan baru yang sama. Jadi, jika driver rusak dan scanner tidak diperbolehkan menscan dokumen, maka menghapusnya akan berhasil. Saat anda menginstall ulang driver, jika anda melihat ada perbedaan pada versi driver, maka update ke versi terbaru menggunakan metode yang disebutkan diatas.



5. Pecahkan Masalah di Clean Boot


Saya memperhatikan bahwa fitur Tunes Up Utilities Turbo cenderung memblokir akses scanner. Untuk mengkonfirmasi apakah hal ini benar pada kasus anda, lakukan Clean Boot, kemudian periksa apakah scanner dapat berfungsi dengan normal. Jika berhasil, maka aktifkan proses secara manual untuk mencari tahu penyebab masalahnya, kemudian uninstall software yang menggunakan proses tersebut atau nonaktifkan proses tersebut secara permanen.




Saya harap anda dapat menyelesaikan masalah ini menggunakan solusi yang disebutkan dalam artikel ini.


Bagaimana cara memperbaiki error scanner HP Laserjet saya?

Scanner anda dapat mengalami berbagai error dan cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan melakukan power cycle perangkat scanner anda. Ini akan memungkinkan kapasitornya menghapus semua muatan yang tersimpan dan menghilangkan error. Jika tidak berhasil, gunakan error code yang disebutkan disana untuk menemukan solusi yang tepat.


Mengapa scanner saya tiba-tiba tidak berfungsi?

Ada berbagai alasan mengapa scanner anda berhenti berfungsi. Anda harus memeriksa apakah scanner anda mendapatkan daya yang cukup dan apakah semua kabel masih utuh. Kemudian, reboot perangkat anda, karena masalah ini sebagian besar disebabkan oleh kesalahan yang hanya dapat diselesaikan dengan merestart perangkat. Jika masalah terus berlanjut, periksa panduan saya untuk mengetahui apa yang harus dilakukan saat scanner tidak berfungsi.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki scanner error 0x00000015, Operation could not be completed, The device is not ready di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Scanner Error 0x00000015, Operation could not be completed, The device is not ready"