Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error Nvldumd.dll Bad Image di Windows 10/11

 


File DLL (Dynamic Link Library) penting untuk berfungsinya system dan aplikasi. Jika file DLL tertentu hilang atau rusak, maka dapat menyebabkan masalah dengan fungsi system atau aplikasi. Salah satu file tersebut adalah Nvidumd.dll.


Nvldumd.dll adalah file DLL yang terkait dengan NVIDIA Driver Loader. NVIDIA dikenal dengan pembuatan chip GPU yang digunakan untuk pemrosesan grafis. File DLL ini terletak di folder C:\Windows\System32\DriverStore. Jika file DLL ini hilang atau rusak, anda akan menemukan error Bad Image Nvldumd.dll.


Setiap kali pengguna mendapatkan error Bad Image Nvldumd.dll, aplikasi tertentu akan gagal diluncurkan, dan itu akan menghasilkan pesan error lengkap seperti berikut ini.

Installer.exe – Bad Image

C:\Windows\System32\DriverStore…\nvldumd.dll is either not designed to run on Windows or it contains an error. Try reinstalling the program again using the original installation media or contact your system administrator or the software vendor for support.

Error status 0xc000012f.



Error code 0xc000012f dalam pesan error Bad Image Nvldumd.dll menunjukkan bahwa penyebab utama masalah ini adalah file DLL yang mungkin rusak, terhapus atau terpengaruh dengan cara lain. Karena file DLL dapat digunakan oleh banyak aplikasi, maka itu bisa menjadi alasan mengapa beberapa aplikasi tidak dapat dibuka karena mungkin terpengaruh oleh error Bad Image Nvldumd.dll.



Memperbaiki Error Nvldumd.dll  Bad Image di Windows 10/11


Untuk memperbaiki error Bad Image Nvldumd.dll di Windows 10 atau Windows 11 anda, anda harus memperbaiki filenya. Ada berbagai cara untuk melakukan ini dan saya akan membahas semua metode perbaikannya dibawah ini.



1. Daftar Ulang File Nvldumd.dll


Mungkin saja file Nvldumd.dll telah dipulihkan ke system anda, namun belum terdaftar di system anda. Oleh karena itu, anda perlu mendaftarkan ulang file DLL ini di system anda. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk mendaftarkan ulang file DLL di Windows 10 atau Windows 11 anda.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut dan tekan Enter untuk mendaftarkan ulang file DLL tersebut.
Regsvr32 nvldumd.dll
  • Setelah perintah dijalankan, tutup Command Prompt dan restart komputer anda.



2. Jalankan Update Windows dan Install Optional Updates yang Relevan

Windows Update memiliki opsi tambahan yang disebut Optional updates. Optional updates mendorong banyak fitur dan juga bertanggung jawab atas update driver. Anda dapat mengupdate driver graphics card dengan menupdate Windows. Jadi, ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukannya.
  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, anda dapat mengklik Window Update dibagian atas jendela.
  • Selanjutnya, klik Advanced options dan kemudian klik Optional updates.
  • Sekarang, beri ceklist pada driver dan klik Download & install.
  • Setelah selesai, restart system anda.
  • Driver graphics akan diupdate bersamaan dengan driver lainnya.


Jika ini tidak membantu atau anda menggunakan graphics card eksternal atau dedicated pada system anda, maka saya sarankan untuk mengupdate driver graphics card anda secara terpisah seperti yang akan di jelaskan pada metode berikutnya.


3. Update Driver Graphics NVIDIA

Karena file DLL ini dikaitkan dengan graphics card NVIDIA, maka mengupdate driver NVIDIA bisa sangat membantu. Sementara system mengupdate driver secara otomatis, itu mungkin tidak selalu berfungsi untuk driver graphics card eksternal. Oleh karena itu, disarankan untuk mendownload driver secara terpisah dan kemudian menginstall driver ke komputer yang bermasalah secara manual. Selain itu, anda dapat menggunakan tool NV Updater untuk mengupdate driver graphics card NVIDIA anda.


Jika langkah ini tidak berhasil, anda dapat menggunakan file download driver grahics card tersebut untuk melakukan clean install driver graphics card pada PC Windows anda.


4. Install Ulang Visual C++ Redistributable

Package Visual C++ Redistributable berisi file Nvldumd.dll sebagai bagian dari package. Jika anda menginstall ulang package Visual C++ Redistributable di system anda, maka secara otomatis file Nvldumd.dll juga akan diinstall di system anda. Anda dapat mendownload Visual C++ Redistributable dari Microsoft atau dari link ini



5. Lakukan System Restore

Jika system anda bekerja dengan baik sebelumnya tetapi baru-baru ini menghadapi masalah, maka melakukan System Restore untuk mengembalikannya ke restore point yang dibuat sebelumnya dapat membantu.



Semoga salah satu metode mengatasi masalah anda.

Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Nvldumd.dll  Bad Image di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error Nvldumd.dll Bad Image di Windows 10/11"