Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Ikon Baterai Laptop Menunjukkan Pengisian Daya Saat Tidak Dicolokkan

 


Pada artikel ini, saya akan membahas masalah ikon baterai laptop Windows yang menunjukkan pengisian daya, saat charger .tidak dicolokkan. Saat kita menghubungkan laptop ke charger, ikon baterai menunjukkan status pengisian daya. Tanda pengisian daya ini hilang saat kita mematikan power supply atau mencabut charger. Namun dalam hal ini, baterai laptop terus menerus menunjukkan tanda pengisian daya meskipun charger tidak dicolokkan.




Memperbaiki Ikon Baterai Laptop Menunjukkan Pengisian Daya Saat Tidak Dicolokkan


Gunakan perbaikan berikut ini jika anda melihat ikon baterai laptop Windows anda menunjukkan bahwa baterai sedang di cas saat anda tidak mencolokkan charger sama sekali.



1. Lakukan Hard Reset


Masalah ini mungkin terjadi karena sisa muatan pada kapasitor. Jika hal ini terjadi pada anda, melakukan hard reset akan memperbaiki masalah ini. Petunjuk berikut akan memandu anda dalam melakukan hard reset.

  • Matikan laptop anda sepenuhnya.
  • Setelah itu, lepaskan power adapter dan putuskan sambungan semua periferal.
  • Sekarang, lepaskan baterai laptop jika baterai anda dapat dilepas. Jika tidak, anda dapat melewati langkah ini.
  • Setelah itu, tekan dan tahan tombol Power selama 30 - 45 detik.
  • Sekarang, hidupkan kembali laptop anda.


Langkah-langkah di atas akan menguras sisa muatan dari kapasitor. Anda sekarang dapat memeriksanya kembali apakah masalahnya masih berlanjut atau telah hilang.



2. Jalankan Power Troubleshooter


Langkah selanjutnya adalah menjalankan Power Troubleshooter di Windows 10 atau Windows 11 anda. Ini adalah tool otomatis di komputer Windows yang berfungsi untuk memecahkan masalah dan memperbaiki masalah yang terkait dengan power.


Untuk menjalankannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan kemudian pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya pilih Troubleshoot di panel kiri dan klik Additional troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Power dan klik kemudian Run the troubleshooter.
  • Jendela troubleshooter akan muncul. Ikuti petunjuk yang di berikan.
  • Kemudian, biarkan proses troubleshooter melakukan tugasnya hingga selesai dan mungkin menyelesaikan masalah anda.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Selanjutnya di jendela Settings, klik System di panel kiri dan klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters.
  • Kemudian temukan Power di panel kanan dan klik Run yang berada disampingnya.
  • Selanjutnya, ikuti petunjuk yang di tampilkan di jendela troubleshooter yang muncul.
  • Troubleshooter akan melakukan tugasnya. Biarkan hingga selesai.




3. Ubah Power Plan atau Reset Power Plan ke Default


Masalah ini mungkin juga terjadi karena power plan yang sedang aktif. Saya sarankan anda untuk mengubah power plan yang anda gunakan saat ini. Jika anda hanya melihat power plan Balanced di Control Panel, maka anda dapat memulihkan power plan default yang hilang dengan menjalankan perintah yang diperlukan di jendela Command Prompt dengan hak administrator.


Untuk mengembalikan power plan ke default, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator. Anda juga dapat membuka Windows Terminal dengan hak admin dan memilih Command Prompt.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.
powercfg -restoredefaultschemes
  • Setelah perintah dijalankan, restart komputer anda.


Perintah diatas akan memulihkan semua power plan ke default di Windows, menghapus power plan khusus apapun dan mereset power plan bawaan ke default.

Jika perintah untuk memulihkan power plan default yang hilang tidak berfungsi, mode Modern Standby S0 mungkin aktif di laptop anda. Nonaktifkan mode ini untuk mengembalikan power plan default yang hilang.

Anda juga dapat membuat power plan baru. Setelah memulihkan power plan default atau membuat power plan yang baru, alihkan power plan dan restart laptop anda. Lihat apa yang terjadi.

Untuk membuat power plan baru, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter untuk membuka Control Panel.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Small/Large icons dan pilih Power Options.
  • Selanjutnya, klik Create a power plan di panel kiri.
  • Di halaman berikutnya, pilih power plan yang anda inginkan, kemudian beri nama power plan anda dan klik Next.
  • Setelah itu, klik Create untuk membuat power plan baru.



4. Nonaktifkan Fast Startup


Fast Startup adalah fitur di komputer Windows 10 dan Windows 11 yang memungkinkan komputer melakukan booting lebih cepat. Jika komputer anda mendukung hibernation, maka Fast Startup diaktifkan secara default. Terkadang, fitur ini menyebabkan masalah pada mesin Windows. Oleh karena itu, Fast Startup mungkin bertanggung jawab atas masalah ini. Jadi, saya menyarankan anda untuk memeriksa dan menonaktifkan Fast Startup (jika diaktifkan).


5. Install Ulang Driver Baterai

Perbaikan lain yang dapat anda coba adalah menginstall ulang driver baterai. Driver baterai anda mungkin tidak berfungsi, sehingga laptop anda tidak mengira charger telah tersambung. Menginstall ulang driver baterai dapat memperbaiki masalah ini. Anda dapat menggunakan Device Manager untuk menguninstall driver dan kemudian menginstall driver baterai anda kembali.

Jika anda belum memiliki driver baterai, maka anda dapat mendownload driver baterai dari website resmi produsen laptop anda (jika tersedia). Anda juga dapat mengunjungi website Microsoft Update Catalog untuk mendownload driver baterai anda, atau disini dan disini.


6. Update BIOS dan Driver Chipset

BIOS dan driver chipset yang out of date juga kemungkinan menjadi penyebab masalah ini. Oleh karena itu, kunjungi website resmi produsen laptop anda dan periksa apakah versi BIOS terbaru tersedia. Jika ya, maka download dan install update BIOS terbaru.


Jika BIOS anda sudah diupdate, maka anda dapat mencoba mengclear CMOS atau mereset BIOS ke pengaturan default. Sebelum anda melakukan ini, catat pengaturan BIOS saat ini untuk memulihkan semua pengaturan setelah mereset BIOS. Anda juga dapat memulihkan BIOS laptop anda.

Saya juga menyarankan anda untuk mengupdate driver chipset anda.


7. Jalankan Tes Baterai

Masalahnya mungkin juga terkait dengan baterai laptop anda. Anda dapat menguji kesehatan baterai laptop anda dengan menggunakan tool pihak ketiga. Komputer Windows juga memiliki tool bawaan yang memungkinkan pengguna membuat laporan kesehatan baterai. Jika ada masalah dengan baterai laptop anda, pertimbangkan untuk menggantinya.



Semoga membantu.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki ikon baterai laptop menunjukkan pengisian daya saat charger tidak dicolokkan. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Ikon Baterai Laptop Menunjukkan Pengisian Daya Saat Tidak Dicolokkan"