Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Baterai Laptop Tidak Charging Setelah Update BIOS

 


Menginstall update BIOS diperlukan karena dapat meningkatkan kompatibilitas hardware dan memperbaiki bug. Namun, dalam beberapa kasus, anda mungkin mengalami masalah setelah menginstall update BIOS. Pada artikel ini, kita akan membahas solusi untuk masalah yang dilaporkan oleh beberapa pengguna laptop dimana baterai laptop Windows mereka tidak charging atau terisi setelah menginstall update BIOS.



Memperbaiki Baterai Laptop Tidak Charging Setelah Update BIOS


Gunakan beberapa saran berikut ini jika baterai laptop Windows anda tidak charging setelah mengupdate BIOS anda.



1. Lakukan Hard Reset


Sisa muatan pada kapasitor terkadang dapat menyebabkan masalah terkait baterai. Dalam kasus seperti ini, mengosongkan sisa muatan kapasitor dapat membantu mengatasi masalah ini. Anda dapat melakukannya dengan melakukan hard reset. Langkah-langkah berikut akan memandu anda dalam melakukan hal ini.

  • Matikan laptop anda sepenuhnya dan mencabut charger.
  • Setelah itu, putuskan sambungan semua periferal pada laptop anda.
  • Lepaskan juga baterai dari laptop anda. Namun jika laptop anda memiliki baterai yang tidak dapat dilepas, maka lewati langkah ini.
  • Selanjutnya, tekan dan tahan tombol Power hingga 45 detik.
  • Setelah itu, masukkan kembali baterai, kemudian hubungkan kembali  charger dan hidupkan laptop anda.


Sekarang, anda dapat memeriksa apakah itu menunjukkan pengisian daya setelah anda menghubungkan charger.



2. Ubah Pengaturan Battery Health Manager HP


Solusi ini untuk pengguna laptop HP. Notebook Business HP dilengkapi dengan Battery Health Management. Anda dapat mengakses fitur ini di BIOS notebook HP anda. Ubah pengaturan ini di BIOS Notebook Business HP anda. Langkah-langkah berikut akan memandu anda dalam melakukan hal ini.

  • Masuk ke BIOS laptop HP anda menggunakan tombol F10.
  • Di BIOS, pilih tab Advanced dengan menggunakan tombol panah pada keyboard anda.
  • Sekarang, pilih Power Management Options.
  • Selanjutnya, pilih opsi Maximize my battery duration di menu drop-down Battery Health Manager.
  • Setelah itu, simpan perubahan pada BIOS anda dan restart laptop anda.



Periksa apakah masalahnya masih berlanjut. Jika ini tidak membantu, pilih opsi lain yang tersedia di menu drop-down Battery Health Manger dan lihat apakah ini berhasil.



3. Periksa Battery Charge Limit di BIOS


Di beberapa laptop, anda dapat menetapkan batas pengisian baterai. Namun opsi ini tidak tersedia di semua model merek laptop tertentu. Jika baterai laptop anda berhenti mengisi daya setelah mencapai persentase tertentu, maka batas pengisian daya mungkin diaktifkan di BIOS laptop anda. Anda harus memeriksa ini.


Untuk pengguna laptop HP, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Restart laptop dan tekan tombol F10 berulang kali untuk mengakses BIOS.
  • Di BIOS, alihkan ke tab Configuration atau Advanced.
  • Sekarang, gunakan tombol panah untuk menuju ke Adaptive Battery Optimizer dan atur fiturnya ke Enabled.
  • Untuk beberapa pengguna lainnya, ada opsi Battery Care Function. Dalam hal ini, atur ke 100% atau 80% untuk mengatur laptop anda berhenti mengisi daya segera setelah mencapai batas yang diatur.



Untuk pengguna Microsoft Surface, ikuti langkah-langkah berikut ini. 

  • Matikan laptop Microsoft Surface, tahan tombol Volume Up dan tekan tombol Power.
  • Segera setelah logo Surface muncul, lepaskan tombol Volume Up.
  • Kemudian, buka Boot Configuration dan pilih Advanced Options
  • Sekarang, aktifkan entri Enable Battery Limit Mode.
  • Microsoft Surface hadir dengan dua opsi bawaan untuk membatasi daya baterai. Fitur Enable Battery Limit Mode akan menghentikan pengisian daya setelah 50% dan Battery Smart Charging menghentikan charging baterai setelah 80%.



Untuk pengguna laptop lainnya, anda perlu merujuk ke panduan pengguna laptop anda atau mengunjungi website dukungan laptop anda untuk mengetahui apakah fitur ini tersedia di laptop anda atau tidak. Jika fitur ini tersedia, anda dapat mengetahui langkah-langkah untuk mengubah pengaturan ini di website dukungan produsen laptop anda.

  • Untuk laptop Dell: Anda dapat menggunakan aplikasi Dell Power Manager Service untuk memeriksa pengaturan Stop charging laptop anda.
  • Untuk laptop Asus: Anda dapat menggunakan aplikasi MyASUS untuk memeriksa pengaturan Battery Health Charging.
  • Untuk laptop MSI: Anda dapat menggunakan aplikasi MSI Dragon Center untuk memeriksa pengaturan Battery Health Option.
  • Untuk laptop Lenovo: Anda dapat menggunakan aplikasi Lenovo Vantage untuk memeriksa pengaturan Battery Charge Threshold. Kemudian atur Start charging when below dan Stop charging at.



4. Downgrade BIOS Anda


Anda juga dapat mendowngrade BIOS anda jika masalah ini mulai muncul setelah anda mengupdate BIOS anda. Jadi, lakukan itu dan melihat apakah itu berhasil untuk anda.



5. Hubungi Dukungan


Jika masalah terus berlanjut, upaya terakhir adalah menghubungi dukungan. Anda dapat membawa laptop anda ke service center laptop anda jika masih dalam masa garansi. Jika tidak, anda dapat menghubungi teknisi perbaikan laptop profesional. Masalahnya mungkin juga terkait dengan motherboard laptop anda. Menghubungi dukungan dapat membantu memperbaiki masalah ini.



Mengapa baterai laptop saya terpasang tetapi tidak mengisi daya?

Ada banyak alasan mengapa baterai laptop anda tersambung tetapi tidak mengisi daya. Baterai anda mungkin rusak atau charger yang anda gunakan untuk mengisi baterai laptop anda mungkin rusak. Masalah ini juga terjadi jika charger tidak kompatibel.


Apa saja tanda-tanda baterai laptop mati?

Jika baterai laptop anda akan mati, komputer anda akan menunjukkan beberapa tanda, seperti charging yang lambat, baterai yang cepat habis dan lainnya. Jika baterai laptop anda mati, anda tidak dapat menggunakannya hanya dengan daya baterai. Ini akan mati segera setelah anda melepaskan charger. Jadi, anda dapat memeriksa kesehatan baterai laptop anda.


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki baterai laptop tidak charging setelah update BIOS. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Baterai Laptop Tidak Charging Setelah Update BIOS"