Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Kursor Mouse Menghilang di Monitor Kedua di Windows 10/11

 


Kita dapat menghubungkan beberapa monitor ke komputer Windows 10 atau Windows 11 kita. Biasanya, pengaturan multiple-display berfungsi dengan baik, namun terkadang, masalah dapat terjadi. Pada artikel ini, saya akan membahas salah satu masalah dual display yang dilaporkan oleh pengguna dimana kursor mouse menghilang di monitor kedua di Windows 10 atau Windows 11. Masalah ini membuat display kedua tidak dapat digunakan karena tidak ada kursor/pointer mouse pada display kedua.

 


Memperbaiki Kursor Mouse Menghilang di Monitor Kedua


Jika pkursor mouse menghilang pada monitor kedua di Windows 10 atau Windowsn 11 anda, maka gunakan beberapa solusi yang disediakan dibawah ini untuk memperbaikinya. Beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka dapat memperbaiki masalah dengan mengaktifkan Magnifier. Anda dapat menggunakan tombol Windows dan tombol Plus (+) untuk mengaktifkan Magnifier. Untuk menonaktifkannya, tekan tombol Windows dan tombol Esc. Tapi ini hanya solusi dan bukan perbaikan permanen.

 


1. Hubungkan Ulang Monitor Kedua Anda


Bebrapa pengguna juga mengalami masalah ini saat menghubungkan display eksternal secara wireless dengan laptop. Jika anda juga berada di situasi yang sama, maka cukup memutus sambungan display, kemudian merestart laptop anda dan selanjutnya menghubungkan kembali display eksternal dengan laptop anda. Perbaikan sederhana ini menyelesaikan masalah bagi beberapa pengguna. Jadi, anda juga harus mencoba solusi ini. Mungkin ini akan berhasil untuk anda.

 


2. Aktifkan atau Nonaktifkan Pointer Trails


Menurut masukan dari beberapa pengguna, menonaktifkan Pointer Trails telah memperbaiki masalah tersebut. Padahal, bagi sebagian pengguna, mengaktifkan fitur ini berhasil. Anda dapat mencoba mengaktifkan dan menonaktifkan fitur ini dan melihat mana yang dapat memperbaiki masalah anda. Untuk melakukannya, ikuti instruksi yang disebutkan dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter untuk membuka Control Panel.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Large/Small icons dan pilih Mouse.
  • Di jendela Mouse Properties, alihkan ke tab Pointer Options.
  • Selanjutnya, beri ceklist pada opsi Display pointer trails. Jika anda telah mengaktifkan pointer trails, maka hapus ceklist pada opsi tersebut.
  • Kemudian, klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.



Periksa apakah ini menyelesaikan masalah Anda atau tidak. Jika tidak, Anda dapat mencoba satu hal lagi. Aktifkan pointer trails dan pertahankan panjangnya seminimal mungkin. Untuk melakukannya, gerakkan slider ke arah Short.



3. Ubah Scheme Mouse


Perbaikan selanjutnya yang dapat anda coba adalah mengubah Scheme mouse anda. Anda dapat melakukan ini di pengaturan mouse anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka jendela Mouse Properties dengan mengikuti instruksi yang disebutkan dalam perbaikan di atas.
  • Di jendela Mouse Properties, alihkan ke tab Pointers.
  • Selanjutnya, pilih Scheme mouse yang berbeda menggunakan menu drop-down.
  • Kemudian, klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.


Coba semua Scheme mouse satu per satu dan lihat scheme mana yang dapat memperbaiki masalahnya.

 



4. Update atau Install Ulang Driver Graphics Card Anda


Masalah dual display juga bisa terjadi karena driver graphics card yang buruk. Saya menyarankan anda mengupdate driver graphics card anda. Anda dapat memeriksa halaman Optional Updates di jendela Settings Windows. Jika update driver untuk graphics card anda tersedia disana, maka install.


Untuk mengupdate driver graphics card anda, anda dapat membaca artikel ini untuk AMD atau artikel ini untuk NVIDIA atau artikel ini untuk Intel graphics. Sementara untuk melakukan clean install graphics card anda, artikel ini akan membantu anda.




5. Nonaktifkan Pointer Shadow


Jika masalah masih berlanjut, maka anda perlu menonaktifkan pointer shadow (jika ada). Beberapa pengguna melaporkan bahwa perbaikan ini berhasil untuk mereka. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menonaktifkan pointer shadow.

  • Buka jendela Mouse Properties seperti langkah diatas.
  • Di jendela Mouse Properties, alihkan ke tab Pointers.
  • Selanjutnya, hapus ceklist pada opsi Enable pointer shadow.
  • Kemudian, klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.

 



6. Install Ulang Driver Mouse


Masalah terkait mouse juga dapat diperbaiki dengan menginstall ulang driver mouse. Anda dapat mencoba metode ini dan melihat apakah berhasil. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menginstall ulang driver mouse anda.

  • Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas bagian Mice and other pointing devices.
  •  Selanjutnya, klik kanan pada driver mouse anda dan pilih Uninstall device.
  • Kemudian, pada jendela konfirmasi yang muncul, klik Uninstall untuk melanjutkan.

 


  • Setelah menguninstall driver mouse anda, restart komputer anda.
  • Saat booting, Windows akan secara otomatis menginstall driver mouse yang hilang atau dihapus.

 


7. Pecahkan Masalah Dalam Clean Boot


Salah satu kemungkinan penyebab masalah ini adalah konflik antar aplikasi pihak ketiga. Untuk mengidentifikasinya, anda harus memecahkan masalah system anda dalam status Clean Boot. Ketika semua aplikasi startup pihak ketiga dan service pihak ketiga dinonaktifkan, status tersebut disebut status Clean Boot. Aplikasi yang digunakan untuk memasuki keadaan ini adalah MSConfig.


Sekarang, hubungkan layar anda ke system anda dalam status Clean Boot. Jika anda melihat kursor mouse pada display kedua, maka salah satu aplikasi menimbulkan konflik, sehingga kursor anda hilang pada display kedua. Anda harus mengidentifikasi aplikasi atau service pihak ketiga yang bermasalah tersebut.


 

Untuk melakukannya, aktifkan beberapa aplikasi startup dan restart komputer anda. Anda dapat menggunakan Task Manager untuk tujuan ini. Sekarang, hubungkan display anda. Jika masalah terjadi lagi, maka salah satu aplikasi yang baru saja anda aktifkan adalah pelakunya. Anda dapat mengidentifikasi aplikasi tersebut dengan menonaktifkan aplikasi startup satu per satu dan merestart komputer anda setiap kali anda menonaktifkan aplikasi startup.


Demikian pula, anda juga dapat mengidentifikasi service pihak ketiga yang bermasalah.

 


Semoga membantu anda!


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki kursor mouse menghilang di monitor kedua di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Kursor Mouse Menghilang di Monitor Kedua di Windows 10/11"