Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error We can’t reset your PC while it’s running on battery power

 


Reset PC adalah metode menginstall ulang Windows tanpa menghapus data. Jika mau, anda juga dapat melakukan Reset lengkap dengan menghapus semua data anda. Saat melakukan tindakan ini, disarankan untuk menghubungkan laptop anda ke pengisi daya untuk menyediakan power berkelanjutan. Beberapa pengguna mencatat bahwa mereka tidak dapat mereset PC mereka. Saat mereka mencoba mereset PC, mereka menerima pesan error We can’t reset your PC while it’s running on battery power meskipun mereka menghubungkan laptop ke charger.




Memperbaiki Error We can’t reset your PC while it’s running on battery power


Pertama, jika anda mereset laptop saat menggunakan baterai, hubungkan ke pengisi daya dan hidupkan power supply. Jika, meskipun telah menghubungkan pengisi daya, anda menerima pesan error We can’t reset your PC while it’s running on battery power saat mereset PC anda, gunakan perbaikan yang disediakan dibawah ini.



1. Ubah Power Plan Laptop Anda


Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengubah Power Plan laptop anda. Dalam kebanyakan kasus, Power Plan Balanced diaktifkan di laptop. Masalah yang anda alami dapat diperbaiki dengan mengubah Power Plan default di laptop anda. Pertama, pilih Power Plan High Performance. Jika ini tidak berhasil, maka pilih Power Plan lain yang tersedia.


Untuk mengubah Power Plan di Windows 10 atau Windows 11 anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter untuk membuka Control Panel.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Category dan pilih Hardware and Sound.
  • Di halaman berikutnya klik Power Options.



Anda mungkin juga hanya melihat satu Power Plan (default) yang tersedia di Control Panel. Atau mungkin anda tidak dapat mengubahnya. Dalam kasus seperti itu, anda dapat memulihkan atau memperbaiki Power Plan yang hilang dengan menjalankan perintah yang diperlukan di Command Prompt dengan hak administrator.


Perintah untuk memulihkan Power Plan yang hilang tidak akan berfungsi jika Modern Standby Mode S0 diaktifkan di laptop anda. Anda dapat memeriksa apakah laptop anda mendukung Modern Standby Mode S0 dengan menjalankan perintah berikut di Command Prompt dengan hak administrator.

powercfg /a

Jika Modern Standby Mode S0 diaktifkan di laptop anda, anda akan melihat bahwa hanya Balanced Power Plan yang tersedia di Control Panel. Dalam kasus seperti itu, pertama-tama, anda harus menonaktifkan Modern Standby Mode S0; maka anda akan dapat memulihkan Power Plan yang hilang. Untuk menonaktifkan dan memulihkannya, anda dapat mengikuti langkah-langkah di artikel ini.


Setelah mengubah Power Plan laptop anda, periksa apakah anda dapat meresetnya.


2. Periksa Kesehatan Baterai Laptop Anda

Mungkin juga baterai laptop anda tidak sehat. Terkadang, baterai menunjukkan status sedang diisi tetapi persentasenya tidak bertambah. Dalam kasus seperti ini, masalahnya mungkin terkait dengan baterai. Anda dapat menggunakan software tes kesehatan baterai laptop gratis seperti BatteryCare, Powercfg Tool atau Battery Optimizer untuk memeriksa kesehatan baterai laptop anda.


3. Install Ulang Driver Baterai Anda

Masalah yang anda alami mungkin disebabkan oleh masalah baterai. Driver baterai yang korup atau rusak juga dapat menyebabkan masalah baterai. Jadi, uninstall driver dan kemudian install driver baterai anda kembali. Setelah itu, lihat apakah itu membantu.



4. Kuras Residual Power

Residual power adalah sejumlah kecil listrik statis yang tersisa di laptop setelah dimatikan. Muatan elektrostatik ini terkadang dapat menyebabkan masalah. Oleh karena itu, saya menyarankan anda melakukan pengurasan power pada laptop anda. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.
  • Matikan laptop anda.
  • Kemudian, cabut charger dan perangkat periferal lainnya.
  • Selanjutnya, lepaskan baterai.
  • Setelah itu, tekan dan tahan tombol Power hingga 30 detik.
  • Sekarang, masukkan kembali baterai.
  • Kemudian, hubungkan charger dan nyalakan laptop anda kembali.

Jika laptop anda memiliki baterai yang tidak dapat dilepas, maka matikan laptop anda, kemudian putuskan sambungan semua periferal. Selanjutnya, tekan dan tahan tombol Power hingga 30 detik. Setelah itu, nyalakan laptop anda dan coba.


5. Gunakan Windows Recovery Environment untuk Mereset Laptop Anda

Jika masalah terus berlanjut, maka anda harus menggunakan Windows Recovery Environment (WinRE) untuk mereset laptop anda. Anda dapat masuk ke Windows Recovery Environment melalui Settings Windows. Anda dapat mengikuti langkah-langkah di artikel ini untuk mereset laptop anda dari WinRE.



6. Lakukan Clean Install Windows

Anda dapat melakukan clean install Windows. Anda dapat memilih untuk menyimpan file, aplikasi dan data yang ada atau menghapus semuanya.


Semoga itu membantu anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error We can’t reset your PC while it’s running on battery power di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error We can’t reset your PC while it’s running on battery power"