Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Wlanext.exe Menggunakan CPU yang Tinggi di Windows 10/11

 


Apakah anda mengalami masalah penggunaan CPU yang tinggi dari Wlanext.exe di Windows 10 atau Windows 11? Beberapa pengguna Windows melaporkan adanya masalah dengan proses bernama Wlanext.exe yang menyebabkan penggunaan CPU yang tinggi dan mengganggu performa/kinerja system. Sekarang, mari kita pelajari lebih lanjut tentang proses ini dan cara mengatasi masalah penggunaan CPU yang tinggi.




Apa yang dilakukan Windows WLAN 802.11 Extensibility Framework?


Wlanext.exe adalah komponen Windows penting yang dikenal sebagai  Windows Wireless Local Area Network (WLAN) versi 802.11 Extensibility Framework. Ini pada dasarnya adalah antarmuka untuk fitur keamanan dan konektivitas wireless pada OS Windows. File program ini bertanggung jawab untuk mengelola koneksi jaringan wireless anda, termasuk mengelola pengaturan jaringan, mendiagnosis masalah konektivitas wireless dan lainnya.


Ini adalah proses yang sah. Namun, jika PC anda terinfeksi, peretas dapat membuat duplikat dari proses tersebut dan menjalankannya di komputer anda. Jadi, anda harus memastikan bahwa proses Wlanext.exe yang berjalan adalah asli dengan memeriksa jalur foldernya yang berada di C:\Windows\System32.




Penyebab Wlanext.exe Menggunakan CPU yang Tinggi


Banyak pengguna mengalami masalah penggunaan CPU yang tinggi dari Wlanext.exe. Banyak dari mereka mengeluh bahwa masalah ini akhirnya mengakibatkan penurunan performa atau kinerja system dan menimbulkan berbagai masalah lainnya terkait performa.


Masalah ini dapat terjadi akibat dari berbagai faktor. Salah satu penyebab umumnya adalah penggunaan driver perangkat jaringan wireless yang out of date atau rusak. Selain itu, adanya malware pada system juga dapat menjadi pemicu munculnya masalah.



Memperbaiki Wlanext.exe Menggunakan CPU yang Tinggi


Jika anda melihat Wlanext.exe menggunakan CPU yang tinggi di PC Windows 10 atau Windows 11 anda dan menyebabkan masalah, maka anda dapat menggunakan beberapa metode berikut ini untuk memperbaiki masalah tersebut.



1. Update Driver Jaringan Wireless


Penggunaan CPU yang tinggi oleh Wlanext.exe di Windows dapat disebabkan oleh driver jaringan wireless yang out of date. Dalam situasi tersebut, langkah yang dapat diambil adalah mengupdate driver jaringan anda ke versi terbaru dan mengamati apakah masalahnya teratasi. Selain itu, driver perangkat yang out of date secara umum dapat menyebabkan perilaku aneh pada service dan aplikasi. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa semua driver perangkat anda telah diupdate ke versi terbaru.


Untuk mengupdate driver jaringan wireless dan juga driver untuk perangkat lainnya, anda dapat mengikuti salah satu metode berikut ini.

  • Update driver melalui Windows Update pada bagian Optional updates.
  • Untuk mengupdate perangkat atau hardware yang tidak dikenal, artikel ini akan membantu anda.
  • Untuk mendownload dan menginstall driver Synaptics Touchpad, baca artikel ini.
  • Untuk mengupdate driver WiFi, anda dapat membaca artikel ini.
  • Untuk mengupdate driver Chipset, ikuti langkah-langkah di artikel ini.
  • Anda juga dapat menggunakan software update driver pihak ketiga untuk mengupdate semua driver secara otomatis.



Setelah anda selesai mengupdate driver jaringan wireless dan juga driver untuk perangkat lainnya, periksa apakah penggunaan CPU yang tinggi dari Wlanext.exe telah teratasi atau tidak.


Jika anda tidak dapat menginstall driver di komputer anda, maka artikel ini dapat membantu anda. Sementara, jika masalah ini terjadi setelah anda mengupdate driver di perangkat anda, maka anda perlu me-roll back driver ke versi sebelumnya (Lihat metode 3).



2. Jalankan Troubleshooter Bawaan Windows


Sebelum anda mencoba perbaikan lanjutan, saya sarankan anda untuk menjalankan troubleshooter bawaan Windows untuk memperbaiki masalah jaringan. Anda dapat menjalankan Network Adapter Troubleshooter dan lihat apakah masalahnya dapat diperbaiki. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya pilih Troubleshoot di panel kiri dan klik Additional troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Network Adapter dan kemudian klik Run the troubleshooter.
  • Jendela troubleshooter akan muncul dan ikuti petunjuk yang di tampilkan.
  • Biarkan troubleshooter meyelesaikan pekerjaannya untuk memperbaiki masalah.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan klik Troubleshoot di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters.
  • Setelah itu, temukan Network Adapter di panel kanan dan klik Run yang berada disampingnya.
  • Di jendela troubleshooter yang muncul, ikuti petunjunk yang ditampilakan.
  • Biarkan troubleshooter berjalan hingga selesai.



Anda juga dapat melanjutkan dengan menjalankan troubleshooter lainnya untuk perbaikan jaringan anda jika Network Adapter troubleshooter tidak membantu mengatasi masalah ini. Di Windows 11, anda juga dapat menjalankan Network and Internet troubleshooter untuk memperbaiki masalah ini.



3. Roll back atau Install Ulang Driver Network Adapter


Jika anda mulai mengalami masalah ini tepat setelah menginstall update terbaru untuk driver jaringan anda, maka kemungkinan update tidak berjalan dengan baik dan menyebabkan masalah ini. Oleh karena itu, anda dapat me-rollback driver jaringan anda ke versi sebelumnya dan melihat apakah itu membantu.


Jika masalah tetap ada, maka anda dapat menguninstall driver jaringan anda melalui Command Prompt atau melalui Device Manager dan kemudian menginstall ulang driver jaringan anda untuk memperbaiki masalah tersebut.




4. Jalankan Scan Virus


Jika komputer anda terinfeksi virus atau malware, kemungkinan besar anda akan mengalami masalah ini. Oleh karena itu, jika skenarionya berlaku, jalankan scan virus menggunakan aplikasi Windows Security atau antivirus yang terinstal dan hapus ancaman yang terdeteksi dari PC anda. Kemudian, restart komputer anda dan lihat apakah masalah teratasi.


Anda dapat menggunakan Windows Defender Offline atau bootable antivirus rescue media gratis untuk melakukan pekerjaan yang sama.




5. Periksa Apakah Wlanext.exe adalah Malware


Jika anda melihat dua proses Wlanext.exe, maka salah satu proses tersebut adalah malware. Anda dapat menganalisis prosesnya dan kemudian menghapusnya dari PC anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksanya.

  • Buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc.
  • Di jendela Task Manager, pastikan anda berada di tab Processes.
  • Kemudian, lihat apakah ada dua proses Wlanext.exe berjalan di komputer anda.
  • Jika ya, maka klik kanan pada proses dan pilih Go to details.
  • Sekarang, anda akan melihat detail proses termasuk Image path name. Jika anda tidak melihatnya, klik kanan pada salah satu nama kolom dan pilih opsi Select columns, kemudian beri ceklist pada kolom Image path name.
  • Selanjutnya, lihat apakah jalur proses Wlanext.exe adalah C:\Windows\System32 atau tidak.


  • Jika lokasinya berada di tempat lain seperti C:/Windows/wmu3/,  maka program tersebut berbahaya. Anda harus segera menghapusnya dari komputer anda.
  • Untuk itu, salin lokasi proses Wlanext.exe berbahaya tersebut dan akhiri proses tersebut dengan mengklik kanan padanya dan pilih End task.
  • Setelah itu, buka lokasi file yang anda salin tadi dan hapus file Wlannext.exe dari lokasi tersebut.
  • Terakhir, restart komputer anda dan masalahnya akan teratasi sekarang.



6. Nonaktifkan dan Aktifkan Adapter/Koneksi Wireless


Anda juga dapat mencoba menonaktifkan wireless adapter atau koneksi wireless dan kemudian mengaktifkannya kembali untuk memperbaiki masalah tersebut.


Untuk menonaktifkan dan mengaktifkan wireless adapter anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas Network Adapters.
  • Kemudian, klik kanan pada network adapter anda dan pilih Disable device.
  • Selanjutnya, tunggu beberapa saat, kemudian klik kanan kembali pada network adapter anda dan pilih Enable device.
  • Lihat apakah masalahnya teratasi sekarang.



Jika masalah berlanjut, anda juga dapat menonaktifkan sementara koneksi wireless menggunakan langkah-langkah dibawah ini.

  • Gunakan Search Windows untuk menemukan dan membuka Network Connections.
  • Di jendela Network Connections, klik kanan pada koneksi wireless anda dan pilih opsi Disable.
  • Selanjutnya, tunggu beberapa saat, kemudian klik kanan kembali pada koneksi wireless anda dan pilih opsi Enable dari menu konteks.



7. Pecahkan Masalah dalam Clean Boot


Seperti yang dilaporkan oleh beberapa pengguna, mem-booting Windows ke Clean Boot dan memecahkan masalah dari sana telah membantu mereka memperbaiki masalah tersebut. Masalahnya bisa difasilitasi dengan sangat baik karena konflik antar software.


Jadi, anda dapat melakukan Clean Boot dan melihat apakah masalahnya teratasi. Jika ya, maka anda harus mengidentifikasi pelaku secara manual dan menghilangkan prosesnya.




8. Lakukan System Restore


Jika Wlanext.exe mulai mengkonsumsi penggunaan CPU yang tinggi setelah modifikasi dilakukan pada PC anda, seperti menginstall program, maka anda dapat melakukan system restore untuk kembali ke versi PC sebelumnya yang sehat agar masalah dapat diperbaiki.


Untuk melakukan itu, anda dapat menggunakan system restore point yang sudah anda buat sebelum masalah ini terjadi. Mudah-mudahan, anda tidak akan menghadapi masalah yang sama sekarang.




Semoga membantu anda!


Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Wlanext.exe menggunakan CPU yang tinggi di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Wlanext.exe Menggunakan CPU yang Tinggi di Windows 10/11"