Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error The IO operation at logical block address for Disk 0 was retried, Event ID 153

 


Jika anda sering menghadapi freezing dan crash dengan error BSOD atau error Boot Device Not Found, dan anda membuka Event Viewer Windows, anda mungkin melihat pesan error The IO operation at logical block address for Disk 0 was retried, Event ID 153. Error ini menunjukkan mungkin ada Bad Block pada hard disk anda, akibatnya system anda gagal berfungsi seperti yang diharapkan.




Memperbaiki Error The IO operation at logical block address for Disk 0 was retried, Event ID 153


Jika anda melihat error The IO operation at logical block address for Disk 0 was retried di Event Viewer Windows sebagai akibat dari sering crash atau masalah freezing, maka gunakan metode perbaikan berikut ini.


Jika anda dapat boot ke dektop, maka anda dapat menjalankan solusi secara langsung. Tetapi jika anda tidak dapat boot secara normal, anda mungkin harus mencoba dan boot dalam Safe Mode atau akses Advanced Startup Options untuk dapat melakukan perbaikan. Anda harus menggunakan Command Prompt. Jika anda dapat boot dalam Safe Mode tetapi tidak dapat mengakses Advanced Startup Options, maka saat dalam Safe Mode, anda dapat menggunakan Command Prompt untuk mem-boot Windows langsung ke Advanced Startup Settings.



1. Perbaiki File System Anda


File system image yang rusak adalah salah satu kasus dari masalah ini. Jadi, saya menyarankan anda untuk memperbaiki file system anda. Anda dapat menggunakan utilitas command line System File Checker (SFC) dan Deployment Image Servicing and Management (DISM) bawaan untuk tujuan ini.




2. Update Driver yang Diperlukan


Driver yang out of date dapat menyebabkan error ini. Berdasarkan merek chipset anda, anda dapat menggunakan software khusus untuk mengupdate driver yang diperlukan.


Misalnya, untuk mengupdate chipset Intel, anda dapat mendownload Intel Driver and Support Assistant. Setelah menginstall software update driver dari website resmi pabrikan, anda kemudian dapat mengupdate driver Intel di komputer anda. Ini akan secara otomatis mendeteksi driver yang out of date di system anda dan mengupdatenya. Setelah mengupdate driver anda, restart system anda dan periksa status masalahnya.


AMD Driver Autodetect akan menscan seluruh system operasi serta graphics card AMD mesin Windows anda dan melihat apakah ada update yang tersedia. Utilitas Dell Update akan membantu anda mendownload atau mengupdate driver Dell.


Beberapa pengguna berhasil memperbaiki error ini dengan mengupdate driver IDE ATA/ATAPI Controller yang out of date. Anda dapat mendownload driver yang sama dari website resmi pabrikan dan kemudian menginstall driver di system anda.




3. Periksa Kabel SATA


Penyebab paling umum dari error ini adalah kabel SATA yang rusak. Kabel SATA digunakan untuk menghubungkan hard drive ke komputer anda. Menurut laporan, koneksinya ditemukan longgar karena pengguna sering mengalami freezing dan crash pada system mereka dan Event Viewer menampilkan error The IO operation at logical block address for Disk 0. Periksa koneksi kabel SATA. Jika koneksi tidak longgar, masalahnya mungkin ada pada kabel itu sendiri. Dalam kasus seperti itu, mengganti kabel SATA akan memperbaiki masalah tersebut.



4. Jalankan Scan ChkDsk


Pesan error menunjukkan bahwa ada masalah dengan hard drive anda. Anda harus memeriksa hard drive anda untuk error. Chkdsk adalah utilitas bawaan di komputer Windows yang memeriksa error hard driver. Yang terbaik adalah menjalankan utilitas command line Chkdsk dan melihat apakah itu membantu.




5. Nonaktifkan Link Power Management untuk Hard Drive Anda


Link Power Management mode di komputer Windows bertanggung jawab untuk mengelola power untuk disk dan perangkat penyimpanan yang terhubung ke komputer melalui antarmuka AHCI. Ada kemungkinan hard drive anda tidak mendukung teknologi ini. Dalam hal ini, anda dapat menonaktifkan Link Power Management mode untuk hard drive anda.


Perbaikan ini memerlukan modifikasi di registry Windows. Oleh karena itu, ikuti langkah-langkah dibawah ini dengan cermat. Namun setiap modifikasi yang salah dalam registry dapat membuat system anda tidak stabil. Jadi, sebelum anda melanjutkan, backup registry anda dan buat system restore point terlebih dahulu.

  • Pertama, buka Device Manager dengan menekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.
  • Di jendela, Device Manager, perluas Disk drives. Biarkan Device Manager terbuka.


  • Sekarang, tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\storahci\Parameters\Device
  • Di lokasi, klik dobel pada multi string NoLPM di panel kanan.
  • Di jendela edit multi sring, jangan hapus atau ubah value yang ada di dalamnya.
  • Disini, anda harus memasukkan nama hard drive anda di baris baru. Nama ini harus sama dengan nama yang ditampilkan di Device Manager - Disk drives.
  • Setelah selesai, klik OK untuk menyimpan perubahan.
  • Setelah itu, tutup Registry Editor dan restart komputer anda.



6. Update BIOS

Jika masalah masih berlanjut, maka update BIOS anda. Saat mengupdate BIOS, lakukan ini dengan hati-hati. Jika anda tidak pernah melakukan ini, sebaiknya minta bantuan pada orang lain. Kegagalan dalam proses update BIOS dapat membuat kerusakan serius pada PC anda dan mungkin tidak dapat di perbaiki lagi. Selain itu, pemadaman listrik selama proses update BIOS juga dapat merusak chip BIOS.



Semoga membantu anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error The IO operation at logical block address for Disk 0 was retried, Event ID 153 di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Anda juga dapat merequest tutorial yang anda butuhkan. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error The IO operation at logical block address for Disk 0 was retried, Event ID 153"