Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error BSOD INACCESSIBLE BOOT DEVICE di Windows 10/11

 


Jika anda mengalami error blue screen INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE setelah mengupgarde Windows 10 atau Windows 11 anda atau setelah menggunakan opsi Reset, maka artikel ini memiliki solusi yang dapat membantu anda mengatasi masalah tersebut.


Bug check INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE biasanya menunjukkan bahwa system operasi Windows telah kehilangan akses ke partisi system selama proses booting. Akibatnya, system cenderung mati setelah menampilkan blue screen atau stop error untuk melindungi diri dari kemungkinan kerusakan atau kehilangan data.



Berikut ini beberapa alasan mengapa error blue screen INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE terjadi di PC Windows 10 atau Windows 11 anda.

  • Driver filter yang hilang, rusak atau bermasalah yang terkait dengan stack storage.
  • Kerusakan file system.
  • Perubahan pada mode atau pengaturan storage controller di BIOS.
  • Menggunakan storage controller yang berbeda melalui driver default dari Windows.
  • Memindahkan hard disk ke komputer lain yang memiliki controller terpisah.
  • Motherboard atau storage controller yang rusak atau kerusakan pada hardware.
  • Kegagalan service TrustedInstaller untuk menjalankan update yang baru diinstall karena kerusakan Component-Based Store.
  • File rusak di partisi Boot.



Memperbaiki Error BSOD INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE di Windows 10/11


Berikut adalah beberapa saran yang dapat anda coba untuk mengatasi masalah tersebut. Lihat apa yang berlaku dalam kasus anda.

  • Jika menurut anda perangkat boot mungkin salah, anda mungkin perlu mengedit boot options.
  • Lepaskan semua hardware yang baru ditambahkan.
  • Jika menurut anda penyebabnya adalah kerusakan hard disk, maka jalankan Chkdsk pada partisi system. Jika anda tidak dapat boot ke Windows, masuk ke Advanced Startup Options untuk mengakses Command Prompt dan menjalankan perintah Chkdsk.
  • Jika anda baru saja mengupgrade ke Windows 10 atau Windows 11 dan kemudian anda melihat error ini, maka download dan gunakan Media Creation Tool. Anda perlu menggunakan komputer lain dan simpan ke perangkat USB. Gunakan untuk melakukan clean install Windows, dengan mengklik file setup atau mem-boot dari USB. Jika anda dimintai product key, klik Skip untuk melewati langkah ini. Windows akan aktif sendiri saat anda sign-in menggunakan Microsoft account anda.



Pemecahan Masalah Lanjutan untuk Stop error 7B atau IINACCESSIBLE_BOOT_DEVICE


1. Pastikan Disk Boot Terhubung dan Dapat Diakses


Disini kita akan perlu mengetahui apakah disk boot terhubung dan tersedia atau tidak. Untuk itu, boot ke Advanced Startup Options dan buka Command Prompt. Setelah itu, jalankan perintah diskpart dan kemudian menjalankan perintah List disk. Perintah ini akan menampilkan daftar disk fisik yang terpasang ke komputer anda. Jika terhubung, anda akan menerima detail seperti gambar di bawah ini.



Jika perintah List disk mencantumkan disk OS dengan benar, maka jalankan perintah Select disk # (nomor disk system) dan kemudian jalankan perintah List volume. Itu harus menghasilkan output yang mirip dengan gambar diatas.


Gambar di atas menampilkan Volume 0 sebagai disk boot. Jika tidak ada daftar serupa, maka anda mungkin harus memperbaiki sendiri partisi boot atau menghubungi service center OEM anda.



2. Verifikasi Integritas Boot Configuration Database


Boot Configuration Database, pengganti file Boot.ini, berisi parameter konfigurasi boot dan mengontrol cara system operasi di-boot. Jika ada korup atau kesalahan konfigurasi, maka anda harus memperbaikinya. Sebelum itu, mari kita diagnosa terlebih dahulu apakah ada masalah atau tidak.


Boot ke Advanced Startup Options dan buka Command Prompt. Kemudian, ketik BCDEdit dan tekan Enter. Anda harus mendapatkan hasil seperti pada gambar di bawah ini. UEFI dan BIOS memiliki sedikit perbedaan.



Pada hasil, perhatikan jika identifier diatur ke default dan device & path, diarahkan ke partisi yang benar. Itu hanya dapat memastikan bahwa file "winload" dimuat dengan benar. Jika ini bukan yang anda lihat, maka anda harus memperbaiki BCD.


Antarmuka BIOS tidak akan memiliki jalur apapun, kecuali drive. Tetapi antarmuka UEFI akan menampilkan jalur lengkap di parameter partisi perangkat.


a. Tetapkan partisi perangkat default

  • Ambil backup BCD menggunakan perintah berikut ini. Untuk memulihkannya di tahap selanjutnya, anda dapat mengganti /export dengan /import.
bcdedit /export C:\temp\bcdbackup
  • Jika perangkat di bawah {default} salah atau hilang, maka jalankan perintah bcedit dengan opsi berikut ini.
bcdedit /set {default} device partition=C:


b. Buat ulang BCD Sepenuhnya
Jika anda menerima pesan error yang mengatakan The boot configuration data store could not be opened, The system could not find the file specified, maka anda perlu merebuild BCD dengan menjalankan berikut di Command Prompt.

bootrec /rebuildbcd


c. Verifikasi Lokasi winload dan bootmgr

Bootmgr (Windows Boot Manager) dan Winload (Windows OS Loader) adalah bagian dari fase booting. PreBoot memuat Boot manager, yang pada gilirannya memuat Winload. Jika file tidak berada di tempat yang benar, maka proses booting akan stuck. Berikut adalah lokasi kedua file.
  • bootmgr: %SystemDrive%\bootmgr
  • winload: %SystemRoot%\system32\winload.exe

Sebelum melanjutkan, pastikan untuk membackup semua data di partisi system anda ke lokasi lain. Ini akan berguna jika terjadi error. Gunakan Command Prompt untuk menavigasi ke drive system dan buat folder tempat anda dapat membackup semuanya.

Arahkan ke direktori ini dan sembunyikan file menggunakan perintah Attrib -s -h -r. Jika mereka tidak pada tempatnya, anda perlu me-rebuild-nya kembali.

Bcdboot C:\windows /s D: /f ALL

Di mana C adalah tempat Windows di install dan D adalah tempat bootmgr berada.

Setelah perintah di jalankan, restart komputer anda dan lihat apakah ini membantu.

Jika tidak ada yang berhasil, anda mungkin harus menginstall ulang OS anda.


Anda dapat membaca artikel ini untuk memperbaiki Bootloader EFI atau gunakan tool pihak ketiga seperti EasyBCD untuk memperbaiki file BCD anda.

Semoga membantu anda!

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Error BSOD INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. STAY SAFE & KEEP HEALTHY!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error BSOD INACCESSIBLE BOOT DEVICE di Windows 10/11"