Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0x80071ac5 pada System Restore di Windows 10/11

 


Beberapa pengguna Windows melaporkan bahwa mereka menghadapi kegagalan dalam melakukan System Restore dengan error code 0x80071ac5 pada PC Windows 10 atau Windows 11. Saat mereka mencoba memutar kembali system mereka ke titik waktu sebelumnya, pemulihan gagal saat menghapus beberapa file dari system. File-file ini sering ditautkan dengan layanan berbasis cloud, seperti OneDrive, iCloud dan lainnya.


Saat anda menghadapi masalah ini, anda akan melihat pesan error lengkap yang berbunyi seperti berikut ini.

System Restore did not complete successfully. Your computer’s system files and settings were not changed.

Details:

System Restore failed while deleting the following file/directory.

Path: C:\Users\username\iCloudDrive\desktop.ini

An unspecified error occurred during System Restore. (0x80071ac5)

You can try System Restore again and choose a different restore point. If you continue to see this error, you can try an advanced recovery method.



Jika anda juga menghadapi masalah yang sama, maka artikel ini akan menunjukkan kepada anda cara memperbaiki error 0x80071ac5 pada System Restore di Windows 10 atau Windows 11. Namun sebelum anda pergi ke solusi yang disediakan dibawah ini, ada baiknya anda membaca apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan System Restore di system Windows.



Memperbaiki Error 0x80071ac5 pada System Restore


Jika anda menghadapi masalah ini pada restore point tertentu, maka coba beralih ke restore point lain dan lihat apakah itu cocok untuk anda. Beberapa pengguna telah menyelesaikan masalah dengan memilih restore point yang berbeda. Namun jik itu tidak membantu, maka ikuti solusi berikut ini untuk memperbaiki error 0x80071ac5 pada System Restore di Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Selesaikan Sinkronisasi Tertunda di Cloud dan Uninstall Aplikasi


Error 0x80071ac5 menunjukkan bahwa system tidak memiliki permission/izin untuk menghapus file tertentu yang terhubung dengan aplikasi cloud. Jika anda tidak menggunakan aplikasi tersebut, maka anda dapat menguninstallnya dan mencoba melakukan system restore kembali.


Namun, menguninstall aplikasi mungkin tidak mungkin jika ada backup cloud tertunda untuk beberapa file. Untuk mengatasi hal ini, buka aplikasi tersebut dan pastikan tidak ada file yang perlu dibackup di cloud. Jika anda menghadapi error Sync Pending di OneDrive, maka ikuti langkah perbaikan berikut ini untuk menguninstall OneDrive.

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings:
    • Windows 10: Pilih Apps dan klik Apps & features di panel kiri.
    • Windows 11: Pilih Apps di panel kiri dan klik Installed Apps di panel kanan.
  • Selanjutnya, uninstall aplikasi.
    • Windows 10: Klik Microsoft OneDrive dan klik Uninstall.
    • Windows 11: Klik menu tiga titik di sebelah Microsoft OneDrive dan klik Uninstall.
  • Ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses uninstall aplikasi.



Setelah selesai, coba lakukan system restore kembali. Semoga itu berhasil dengan sukses.


Catatan: Jika Path dalam pesan error mengarah ke file di OneDrive, maka anda dapat membatalkan tautan folder tersebut dari OneDrive di PC, kemudian mencobanya kembali.



2. Periksa Status Service Volume Shadow Copy


System Restore menggunakan service Volume Shadow Copy saat membuat restore point. Service ini akan membuat snapshot data yang akan dibackup. System Restore mungkin gagal jika service ini tidak aktif dan berjalan saat ini. Jadi, untuk memeriksa atau menjalankan service, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka Services Windows.
  • Di jendela Services, klik dobel pada service Volume Shadow Copy di panel kanan.
  • Di jendela properties service, atur Startup type ke Manual.
  • Selanjutnya, jika Service statusnya Stopped, maka klik Start. Namun jika Running, maka klik Stop dan kemudian klik Start.


  • Setelah itu, alihkan ke tab Dependencies.
    • Remote Procedure Call
    • DCOM Server Process Launcher
    • RPC Endpoint Mapper
  • Pastikan semua service dependensi tersebut juga aktif dan berjalan.



Setelah itu, anda dapat mencoba melakukan system restore kembali.



3. Nonaktifkan Software Antivirus


Jika anda menjalankan software antivirus, mungkin itu bertentangan dengan System Restore. Jadi anda perlu menonaktifkan antivirus untuk sementara dan kemudian mencoba melakukan System Restore kembali. Untuk menonaktifkan Windows Security, anda dapat mengikuti proses berikut ini. 

  • Buka Windows Security dari Start menu.
  • Setelah itu, pilih Virus & threat protection di Windows Security.
  • Selanjutnya, klik Manage settings dibawah Virus & threat protection settings.
  • Kemudian, nonaktifkan opsi Real-time protection ke Off.



Untuk antivirus lain, anda dapat merujuk ke halaman dukungan resmi pabrikan. Namun pada umumnya, anda dapat mengklik kanan pada ikon antivirus anda di system tray dan pilih opsi untuk menonaktifkannya.



4. Lakukan System Restore dalam Safe Mode


Beberapa pengguna telah dapat mengatasi masalah tersebut dengan melakukan System Restore dalam Safe Mode. Memulihkan system dari Safe Mode mencegah konflik aplikasi dan service pihak ketiga dengan proses. Jadi, silahkan masuk ke Safe Mode dan lakukan System Restore disana.


Jika System Restore berhasil, maka anda dapat keluar dari Safe Mode dan mem-boot Windows anda secara normal.



5. Jalankan Scan SFC dan DISM


Penyebab lain dari error code 0x80071ac5 saat melakukan System Restore adalah file system yang rusak atau hilang. Oleh kare itu, anda perlu memperbaiki file system yang rusak atau hilang tersebut dengan menjalankan tool System File Checker (SFC) dan juga Deployment Image Servicing and Management (DISM). Tool ini dirancang khusus untuk secara otomatis mendeteksi dan memperbaiki file tingkat OS pada PC Windows.




6. Reset PC Anda


Jika tidak ada solusi di atas yang berhasil untuk anda, maka anda dapat mencoba melakukan reset pada PC Windows anda. Reset PC dapat dilakukan tanpa harus menghadapi masalah yang sedang terjadi. Namun, perlu diingat bahwa anda harus memilih opsi ini hanya jika tidak ada restore point yang berfungsi dan anda berusaha untuk mengembalikan system ke keadaan sebelumnya.


Proses reset akan menginstall ulang Windows sambil menghapus aplikasi dan pengaturan yang diinstall oleh pengguna. Namun, anda juga dapat memilih untuk menyimpan atau menghapus file pribadi anda pada system.




Semoga membantu anda!


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x80071ac5 pada System Restore di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0x80071ac5 pada System Restore di Windows 10/11"