Widget HTML Atas

Cara Menemukan Dependensi Service Windows

 


Service Windows adalah salah satu inti terpenting dari system operasi Windows. Mereka bekerja di background melakukan banyak pekerjaan termasuk mengupdate system anda, terus menjalankan klik, menjalankan task background dan sebagainya. Service yang berbeda bergantung satu sama lain juga dan mungkin tidak berfungsi tanpa satu sama lain. Tipe service ini disebut Dependencies (dependensi) dan mereka seperti mitra satu sama lain. Alasan mengapa mereka dibangun sebagai blok bangunan kecil karena mudah dikelola. Terkadang service berhenti dan itu mengakibatkan gangguan sementara. Dalam artikel ini, saya akan membagikan cara menemukan dependensi service Windows jika terjadi masalah.


Semua service di Windows 10/8/7 mudah diakses. Anda dapat mencarinya menggunakan Search Windows di Taskbar dan itu akan menawarkan anda daftar lengkap semua service Windows.



Temukan Dependensi Service Windows


Jika anda menemukan sesuatu yang salah dengan service baik secara manual atau melalui pesan error, anda perlu memeriksa daftar service Windows dan menemukan apakah ada sesuatu yang dinonaktifkan atau dihentikan. Terkadang komponen gagal untuk memulai sendiri atau dinonaktifkan karena alasan yang tidak diketahui. Ini membuat service lain juga berhenti.


Untuk memeriksa daftar dependensi service, ikuti langkah-langkah berikut di bawah ini.



  • Buka Services Windows dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter.
  • Di jendela Services, pilih salah satu service. Klik kanan padanya dan pilih Properties. Anda juga dapat mengklik dobel untuk membuka Properties.
  • Di jendela Properties, alihkan ke tab Dependencies.
  • Disini anda dapat melihat dua hal:

  1. This service depends on the following system components. Ini berarti bahwa semua service yang ada di bagian ini harus dijalankan agar service yang anda buka ini dapat berjalan.
  2. The following system components depend on this service. Ini berarti daftar komponen system yang bergantung pada service yang anda buka ini. Jika service ini tidak berjalan maka, service yang ada dibagian ini juga tidak akan berjalan.



Bagaimana Memastikan Services Windows Berfungsi


Semua service Windows dapat diotomatisasi untuk memulai atau dinonaktifkan atau dimulai secara manual. Jika terjadi masalah, cara terbaik adalah mengaturnya untuk memulai secara otomatis. Saya sangat menyarankan anda untuk tidak menonaktifkan atau mengaturnya ke manual kecuali anda tahu apa yang anda lakukan. Namun, anda dapat memilih untuk menggunakan opsi otomatis tetapi tertunda untuk memastikan mereka mulai dan tetap tidak memperlambat proses masuk.


Catatan: Anda tidak dapat mengubah Startup type untuk semua service. Mereka dikendalikan oleh system.


  • Di jendela Properties, alihkan ke tab General dan cari label yang bertuliskan Startup type.
  • Kemudian pilih Automatic dari menu dropdown jika anda menginginkannya seperti itu, jika tidak, anda selalu dapat memilih Automatic (Delayed Start).



Jika ini adalah service yang bermasalah, anda dapat mencoba menghentikannya sepenuhnya dengan mengklik Stop dan kemudian memulainya lagi dengan mengklik Start. Anda juga memiliki opsi untuk Pause dan Resume bila diperlukan.


Di jendela utama services manager juga menawarkan anda untuk melakukannya dengan cepat untuk start, stop, pause dan restart dengan kontrol di menu atau anda juga dapat melakukannya dengan opsi klik kanan.




Cara Restart Services Secara Otomatis


Dimungkinkan untuk merestart service secara otomatis jika gagal. Service Windows memiliki fitur ini di dalam tab Recovery di jendela Properties. Anda dapat memilih untuk merestart service secara otomatis dua kali. Jika tidak berhasil, anda dapat memilih untuk merestartnya kembali, mereset hitungan gagal, mengatur waktu untuk restart service dan terus mencoba lagi. Meskipun cara cerdas untuk melakukan ini akan mengambil tindakan untuk memberitahu anda tentang kegagalan service berikutnya.



Sekarang setelah anda mengetahui hampir semua tentang service dan mengatur untuk memulai secara otomatis, ini akan berguna dalam berbagai situasi. Namun, tetap diingatkan bahwa jangan menghentikan service secara manual jika sedang berjalan.


Semoga itu membantu anda. Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara mudah mengelola driver dan services Windows atau cara mengaktifkan atau menonaktifkan Service Windows Installer di Windows 10.


Sekian artikel kali ini, semoga menambah wawasan anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

No comments for "Cara Menemukan Dependensi Service Windows"