Widget HTML Atas

Cara Mudah Mengelola Driver dan Services Windows


Jika anda ingin mendapatkan gambaran umum tentang hardware apa yang diinstal di komputer anda, anda perlu membuka Device Manager di Windows anda. Meskipun Windows Device Manager adalah sebuah fitur yang berguna, namun ia tidak memberikan informasi rinci tentang perangkat yang diinstall.

Dan untuk mengetahui informasi yang detail dari perangkat yang di install tersebut, kita akan menggunakan ServiWin. Tools ServiWin akan memungkinkan anda mengelola driver Windows dengan informasi mendetail yang tidak disediakan oleh Windows Device Manager.

ServiWin adalah tools portabel yang dapat membantu mengelola driver dan services Windows dengan menampilkan daftar apa yang diinstall. Ini juga memberikan status services, apakah itu stop, start atau disabled. Daftar informasi yang disediakan ServiWin cukup panjang. Informasi lebih lanjut mencakup Startup type, Error Control, dependencies, file version, company, file location, command line, dan lainnya.

Karena ServiWin adalah utilitas portabel, amaka anda hanya perlu mengekstrak file yang dapat dieksekusi dari file zip dan menjalankannya. Antarmuka ServiWin cukup sederhana. Saat dijalankan, secara otomatis akan menampilkan daftar driver yang diinstal di system anda. Informasinya cukup mendalam dibandingkan dengan Windows Device Manager.


ServiWin juga menampilkan daftar services Windows. Anda dapat beralih di antara daftar driver dan layanan menggunakan tombol shortcut F7 dan F8 atau dari menu Tampilan.

ServiWin menandai services dan driver menggunakan warna. Kode warnanya adalah sebagai berikut:

  • Biru: Services ini sedang berjalan di system.
  • Merah: Services ini saat ini dinonaktifkan.
  • Ungu: Services ini dimulai secara otomatis pada Windows Startup tetapi saat ini dihentikan.


Anda dapat start, stop, pause atau restart services atau driver. Untuk menerapkan tindakan ini, cukup klik kanan services yang sesuai dan pilih tindakan yang sesuai dari submenu Change Status. Untuk mempermudah, tombol shortcut untuk tindakan ini adalah sebagai berikut:

  • Stop - F2
  • Start - F3
  • Restart - F4
  • Pause - F6
  • Continue - F9


Anda juga dapat mencari driver atau services tertentu dengan namanya di Google Search. Untuk ini, anda hanya perlu mengklik kanan driver dan memilih Google Search - Executable Name atau Google Search - Service Name.


Laporan HTML untuk item yang dipilih dari semua services dan driver juga dapat disiapkan. Untuk ini, cukup buka menu View dan pilih opsi HTML report.


Jika anda adalah administrator jaringan dan ingin mengelola driver dan services dari jarak jauh, anda dapat melakukannya dengan mudah menggunakan ServiWin. ServiWin menyediakan fungsi konektivitas jarak jauh untuk komputer yang terhubung ke local area network. Untuk menghubungkan ke komputer jarak jauh (remote computer), buka menu File dan pilih Select computer.


Dari kotak dialog berikutnya, pilih Connect to the following remote computer dan masukkan IP address atau nama komputer jarak jauh, kemudian klik OK.


Tools ini sangat cocok untuk administrator jaringan yang ingin mengelola driver dan services Windows dari jarak jauh. Satu-satunya hal yang hilang di ServiWin adalah kemampuan untuk menginstall dan menguninstall driver perangkat. Jika fungsionalitas ini ditambahkan ke software ini, maka pasti kita dengan mudah dapat menggantikan Windows Device Manager.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Bagaimana anda mengelola perangkat anda di Windows? Beritahu saya dan lainnya di kolom komentar di bawah ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

No comments for "Cara Mudah Mengelola Driver dan Services Windows"