Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Error 0x800F0906 Saat Install .NET Framework di Windows 10/11

 


Apakah anda mengalami error 0x800F0906 saat menginstall .NET Framework di komputer Windows 10 atau Windows anda? Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan penyebab terjadinya error tersebut beserta solusinya. Sebelum membahas solusi, mari kita pahami terlebih dahulu mengapa error ini muncul.


Error 0x800F0906 ini biasanya terjadi ketika komputer tidak dapat terhubung ke internet untuk mendownload file yang diperlukan dari Windows Update. Itu akan menyebabkan Windows tidak dapat menyelesaikan proses yang diperlukan untuk menyelesaikan instalasi dan pada akhirnya menampilkan error 0x800F0906. Selain itu, konfigurasi system yang salah, konfigurasi proxy, jaringan atau firewall yang memblokir akses juga dapat menyebabkan error ini.


Saat masalah ini terjadi, anda akan melihat pesan error seperti berikut ini.

Windows couldn't connect to the internet to download necessary files. Make sure you are connected to the internet, and press "Retry" to try again.

Error code: 0x800F0906




Memperbaiki Error 0x800F0906 Saat Install .NET Framework


Untuk memperbaiki error code 0x800F0906 saat menginstall .NET Framework di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, anda dapat mengikuti beberapa metode perbaikan berikut ini.



1. Konfigurasikan Pengaturan Group Policy


Error 0x800F0906 saat menginstall .NET Framework ini dapat disebabkan oleh konfigurasi system yang dibuat oleh administrator system untuk menggunakan layanan update server Windows sebagai pengganti dari layanan update Windows.


Dalam skenario seperti itu, pengguna perlu menghubungi administrator system untuk mengaktifkan kebijakan Specify settings for optional component installation and component repair agar dapat memperbaiki error tersebut. Ini dapat dilakukan melalui Group Policy Editor dan mengonfigurasi nilai Alternative source file path atau dengan memilih menghubungkan Windows Update secara langsung untuk mendownload konten perbaikan dari pada menggunakan opsi Windows Server Update Services.


Untuk mengkonfigurasi pengaturan Group Policy tersebut, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini. Bagi pengguna Windows edisi Home, anda perlu mengaktifkan Group Policy Editor terlebih dahulu agar dapat menggunakan metode ini, jika tidak maka lanjut ke solusi berikutnya.

  • Tekan tombol Win + R untuk membuka kotak Run, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor.
  • Di jendela Local Group Policy Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini di panel kiri.
Computer Configuration - Administrative Templates - System
  • Di lokasi, klik dobel pada kebijakan Specify settings for optional component installation and component repair di panel kanan.


  • Di jendela edit kebijakan yang terbuka, pilih Enabled.
  • Selanjutnya, pergi ke bagian Options.
  • Disini, anda perlu menentukan file sumber alternatif di kotak Alternative source file path. Dalam hal ini, pengguna harus membuat jalur yang memenuhi syarat dari shared folder yang berisi konten folder \sources\sxs dari media instalasi. Sebagai contoh, jalur shared folder harus seperti yang berikut ini.
\\server_name\share\Win8sxs
  • Atau pengguna juga dapat menentukan file WIM. Untuk memilih file WIM sebagai lokasi file sumber alternatif, tambahkan WIM: ke jalur sebagai awalan dan tambahkan index image yang ingin anda gunakan di file WIM sebagai akhiran. Sebagai contoh, lihat dibawah ini. Disini, angka 3 mewakili index image.
WIM:\\server_name\share\install.wim:3
  • Selanjutnya, beri ceklist pada opsi Contact Windows Update directly to download repair content instead of the WSUS (Windows Server Update Services) jika opsi tersedia.
  • Kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.
  • Setelah itu, restart komputer anda untuk menerapkan kebijakan.



2. Periksa Koneksi Internet Anda

Error 0x800F0906 ini juga dapat terjadi karena konfigurasi proxy, jaringan atau firewall yang memblokir akses ke website yang diperlukan untuk mendownload file yang dibutuhkan. Jika pengguna tidak dapat mengakses website tersebut, disarankan untuk memeriksa koneksi internet dan menghubungi administrator jaringan untuk memastikan bahwa konfigurasi tidak memblokir akses ke website tersebut. Jika pengguna adalah seorang administrator, disarankan untuk menyelesaikan masalah koneksi jaringan pada PC dan router yang digunakan.


3. Gunakan Microsoft .NET Framework Repair Tool

Anda juga dapat menjalankan .NET Framework Repair Tool untuk memperbaiki masalah ini. Tool ini akan melalui empat langkah.
  • Mencoba memecahkan masalah setup.
  • Menerapkan perbaikan (memerlukan persetujuan pengguna).
  • Mencoba memperbaiki semua versi .NET Framework yang terinstall.
  • Mengumpulkan log (memerlukan persetujuan pengguna).

Secara khusus, .NET Framework Repair Tool biasanya akan melakukan tugas-tugas berikut ini.
  • Mendaftarkan ulang service Windows Installer. Ini akan membatalkan pendaftaran sebelumnya dan mendaftarkan ulang service Windows Installer menggunakan MsiExec.exe. Ini berlaku terlepas dari hasil diagnosis.
  • Merestart service Windows Installer. Jika service tidak berjalan, maka service akan di jalankan dan jika service berjalan, maka itu akan merestart service. Ini juga berlaku terlepas dari hasil diagnosis.

Untuk menjalankan .NET Framework Repair Tool, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Download .NET Framework Repair Tool dari website Microsoft.
  • Setelah itu, klik dobel pada file yang didownload dan itu akan berjalan di PC anda.
  • Klik Next untuk memulai tool untuk memperbaiki .NET Framework yang corrup atau rusak.
  • Setelah proses perbaikan selesai, klik Finish dan restart komputer anda.



4. Gunakan Media Instalasi Windows

Untuk memperbaiki error saat menginstall .NET Framework, anda dapat menggunakan media instalasi Windows sebagai sumber file saat anda mengaktifkan fitur .NET Framework. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menjalankannya dengan benar.
  • Setelah itu, colokan media instalasi Windows.
  • Setelah itu, tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak admin.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter. Anda perlu mengganti X dengan drive letter media instalasi anda.
Dism /online /enable-feature /featurename:netFx3 /All /source:X:\sources\sxs /LimitAccess
  • Setelah anda berhasil menginstallnya, restart komputer anda.



5. Langkah Alternatif untuk Windows Server

Anda dapat dengan cepat memperbaiki error 0x800F0906 dengan menggunakan sumber alternatif di server Windows (Server Windows R2 2012) dengan bantuan cmdlet PowerShell atau dengan menggunakan Add Roles and Features Wizard.

Untuk menjalankan proses ini menggunakan PowerShell, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.
  • Colokan media instalasi Windows.
  • Sekarang di jendela Windows PowerShell, masukan perintah berikut dan tekan Enter. Ganti X dengan drive letter media instalasi anda.
Install-WindowsFeature name NET-Framework-Core source X:\sources\sxs


Jika menggunakan Add Roles and Features Wizard, ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini.
  • Masukkan media instalasi Windows dan jalankan Add Roles and Features Wizard.
  • Selanjutnya, pilih Features di panel kiri dan beri ceklist pada .NET Framework di panel kanan.
  • Setelah itu, klik Next.


  • Kemudian, klik Specify an alternate source path di bagian bawah halaman Confirm installation selections.
  • Pada Halaman Specify Alternative Source Path, masukan path folder SxS dan klik OK. Path akan terlihat seperti: J:\sources\sxs dimana J adalah drive letter media instalasi.


  • Setelah itu klik Install untuk menyelesaikan Wizard.


Saya merekomendasikan anda untuk mencoba setiap metode untuk merasakan mana yang bekerja lebih baik untuk anda dan mudah dijalankan.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x800F0906 saat install .NET Framework di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Error 0x800F0906 Saat Install .NET Framework di Windows 10/11"