Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperbaiki Masalah Resolusi Layar di Windows 10/11

 


Saat anda bermain game, streaming film, mengedit gambar atau video atau melakukan pekerjaan lainnya, menjadi pengalaman yang buruk jika terjadi masalah dengan resolusi layar anda. Untuk memperbaiki masalah tersebut harus tergantung pada penyebabnya, dimana itu dapat berkisar dari masalah hardware hingga pengaturannya. Windows 10 dan Windows 11 menawarkan berbagai pengaturan untuk menyesuaikan resolusi layar anda agar paling sesuai dengan jenis dan situasi monitor anda.



Penyebab Umum Masalah Resolusi Layar


Sebagian besar masalah resolusi layar disebabkan oleh salah satu penyebab berikut:


  • Pengaturan tidak dioptimalkan atau telah diubah.
  • Memasang monitor baru.
  • Masalah khusus pada aplikasi.
  • Masalah hardware (monitor, graphics card).


Meskipun segala sesuatu yang lain melibatkan perubahan pengaturan, jika anda memiliki masalah hardware, anda mungkin perlu mengganti hardware yang rusak. Ini terjadi saat layar rusak. Namun, jika anda mencoba untuk bermain game atau menonton sesuatu dengan resolusi yang lebih tinggi dari graphics card dan dukungan layar, anda akan mengalami masalah apapun yang anda lakukan. Tanda-tanda bahwa ini masalahnya meliputi:


  • Layar yang berkedip-kedip.
  • Layar secara acak menjadi hitam atau tetap hitam.
  • Layar menjadi kabur, tidak peduli pengaturan apa yang anda ubah.
  • Garis yang membelah layar.
  • Warna tertentu tidak aktif.


Dalam hal ini, anda harus memilih resolusi yang lebih rendah sebelum memutar atau menonton apapun. Misalnya, YouTube memungkinkan anda mengubah kualitas video, yang membantunya tampil lebih baik dan streaming lebih cepat.


Untuk masalah lainnya, mengubah beberapa pengaturan seringkali merupakan satu-satunya hal yang perlu anda lakukan.


Masalah Update Windows


Sebelum masuk ke display settings anda, mari kita lihat masalah Update Windows. Jika masalah resolusi layar anda tidak dimulai sampai setelah menginstal Update Windows, masalah biasanya disebabkan oleh update yang mengubah display settings atau mengubah driver display/graphics anda.



Memperbaiki Masalah Resolusi Layar di Windows 10/11


1. Menyesuaikan Resolusi


Anda dapat menyelesaikan banyak masalah resolusi layar di Windows 10 hanya dengan menyesuaikan resolusi. Update Windows, aplikasi, monitor kedua, dan lainnya semuanya dapat mengubah pengaturan default atau kustom dari display anda.


Klik kanan di mana saja di desktop anda dan pilih Display Settings.




Gulir ke bawah hingga anda melihat Display resolution. Klik menu drop-down untuk melihat opsi anda. Biasanya, opsi recommended adalah yang terbaik untuk layar anda saat ini. Namun, coba opsi lain untuk menyesuaikan resolusi untuk anda.




Dari Display settings, anda juga dapat menyesuaikan brightness, scaling, dan pengaturan untuk layar tambahan yang terhubung.


Jika anda membutuhkan display yang lebih cerah atau lebih hidup, dan monitor HD didukung oleh anda, klik Windows HD Color settings. Anda hanya akan dapat mengubah pengaturan jika monitor anda mendukungnya. Karena milik saya tidak didukung, jadi tidak ada game dan video HDR untuk artikel ini.




Anda juga dapat mengakses pengaturan lanjutan dengan mengklik Advanced display settings di Display settings. Pilih display yang ingin anda ubah untuk melihat detailnya, lalu klik Display adapter properties for Display di akhir detail.




Dari sini, anda dapat menyesuaikan adapter properties, refresh rate layar (tab Monitor), dan color management (tab Color Management).





2. Update Driver


Untuk sesuatu yang sangat diperlukan agar hardware berfungsi dengan baik di Windows 10 atau Windows 11, terkadang driver menyebabkan banyak masalah. Misalnya, layar yang berkedip sering menjadi masalah driver. Driver sering kali menjadi penyebab di balik layar yang membentang, resolusi tidak jelas, krefresh rate yang buruk, dan banyak lagi. Mereka juga dapat membuat layar anda terlihat lebih seperti desktop Windows 95 daripada tampilan modern dan tajam yang biasa kita dapatkan.


Update Windows 10 atau Windows 11 dapat membantu memperbaiki masalah resolusi layar jika update menyertakan driver yang ditingkatkan. Tidak selalu demikian, tetapi ini adalah tempat yang baik untuk memulai. Meskipun Windows suka memaksa update secara otomatis, anda juga dapat menjalankan pemeriksaan secara manual.


Buka Settings Windows kemudian pilih Update & Security. Selanjutnya klik Check for updates untuk memeriksa update. Jika Windows mencantumkan update untuk anda, maka lanjutkan untuk mendownload dan menginstallnya.


Jika pembaruan tidak berhasil, anda perlu mengupdate driver secara manual. Klik kanan Start menu atau tekan Win + X dan pilih Device Manager.




Di jendela device manager, perluas Display adapters. Klik kanan pada display adapter anda dan pilih Update driver. Ikuti petunjuk untuk mencari dan menginstal driver baru.




Jika anda telah memasang monitor baru, perluas Monitor dan lakukan hal yang sama dengan monitor baru anda.


Jika anda terus mengalami masalah, klik kanan display adapter anda dan pilih Uninstall device. Setelah selesai untuinstall driver, Restart komputer anda dan biarkan Windows menginstal ulang driver secara otomatis. Anda juga dapat mengunjungi website pabrikan display adapter anda untuk mendownload driver terbaru secara langsung.



3. Pengaturan Khusus Aplikasi


Jika anda baru-baru ini menginstall game, aplikasi, pemutar video baru, atau yang serupa, aplikasi tersebut mungkin penyebab masalah resolusi layar anda. Ini terutama benar jika masalah penyelesaian hanya terjadi dalam aplikasi tertentu yang baru anda install.


Periksa pengaturan aplikasi untuk resolusi atau pengaturan display. Selain itu, periksa persyaratan aplikasi untuk memastikan layar anda mendukung pengaturan resolusi yang optimal. Tidak ada pengaturan yang akan memperbaiki aplikasi yang membutuhkan resolusi lebih tinggi daripada yang dapat ditawarkan layar anda.


Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memperbaiki Error Display driver failed to start di Windows 10/11 atau cara cek driver yang error di Windows dengan Driver Verifier.


Sekian tutorial kali ini, semoga membantu anda dalam menyelesaikan permasalahan anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Memperbaiki Masalah Resolusi Layar di Windows 10/11"