Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Install .NET Framework 2.0, 3.0 dan 3.5 di Windows 10/11


Jika anda baru saja mengupgrade PC anda ke Windows 10 atau Windows 11, anda mungkin memperhatikan bahwa beberapa program memerlukan penggunaan versi Microsoft .NET framework sebelumnya yang tidak termasuk dalam versi terbaru Windows. Persyaratan ini mencegah program-program ini bekerja di Windows 10  atau Windows 11 secara default.

.NET framework sendiri secara umum berfungsi untuk memudahkan pengembangan dan eksekusi program dari berbagai macam bahasa pemrograman dan sekumpulan library agar system operasi windows dapat menjalankan sebuah aplikasi.

Dalam beberapa kasus, Windows mungkin mendeteksi itu secara otomatis dan meminta anda untuk menginstal versi yang diperlukan melalui dialog, tetapi ini tidak diberikan.


Sering kali, anda perlu menginstal fitur ini secara manual. Tetapi jangan khawatir - anda akan dapat melakukannya dengan mudah dengan mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini.


1. Install Melalui Windows Update

Catatan : Untuk cara ini, anda memerlukan koneksi Internet.
  • Klik Search  di taskbar dan ketik Windows Features. Kemudian klik Turn Windows features on or off untuk membuka dialog konfigurasi.


  • Pilih kotak ceklist .NET Framework 3.5 (includes .NET 2.0 and 3.0) dan klik OK. Anda dapat membiarkan opsi lain apa adanya.


  • Windows 10 atau Windows 11 kemudian akan terhubung ke Windows update untuk dapat menginstal .NET Framework 3.5 di komputer anda.
  • Untuk menyelesaikan instalasi, anda mungkin perlu me-restart komputer anda.


2. Instalasi Manual Melalui Media Instalasi Windows 10/11

Asalkan anda memiliki media instalasi Windows 10 atau Windows 11 yang praktis, anda dapat menggunakannya untuk menginstal versi .NET framework yang lebih lama. Jauh lebih cepat dan tidak perlu memiliki koneksi Internet aktif.


a. Cara Pertama:
  • Masukkan Windows 10/11 DVD atau Windows 10/11 USB bootable ke PC anda. Atau jika anda mempunyai file instalasi Windows 10 atau Windows 11 di PC anda, silahkan mount dengan mengklik doble atau klik kanan dan pilih Mount.
  • Selanjutnya anda langsung diarahkan langsung ke virtual drive instalasi, dan catat drive letter media instalasi (Dalam kasus saya I:).


  • Sekarang jalankan Command Prompt dengan hak admin. (Run as administrator).


  • Selanjutnya, jalankan perintah berikut dibawah ini. Ingatlah untuk mengganti I: dengan huruf drive media instalasi di komputer anda.


  • Setelah beberapa detik, instalasi akan selesai. Anda dapat me-restart PC anda hanya untuk memastikan.


b. Metode kedua - Cara Yang Sama Tapi Menggunakan Perintah Berbeda:
  • Buka folder sources di media instalasi lalu cari folder sxs. Copy folder sxs dan paste di Local Disk C:.


  • Sekarang buka Command Prompt sebagai admin (Run as administrator). Jika sudah, masukan perintah dibawah ini kedalam command promt.

Post a Comment for "Cara Install .NET Framework 2.0, 3.0 dan 3.5 di Windows 10/11"