Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu .NET Framework dan Mengapa Anda Membutuhkannya untuk Menginstal Aplikasi di Windows


Saat menginstal aplikasi, anda mungkin menemukan beberapa yang mengharuskan anda menginstal berbagai versi .NET Framework. .NET Framework sebenarnya merupakan bagian penting dari banyak aplikasi, yang berjalan terutama pada system operasi Microsoft Windows. Mari kita mulai mencaritahu apa artinya itu.


Apa itu Framework?

Pada dasarnya, framework adalah sesuatu yang dibuat untuk mendukung aplikasi lain. Dalam kasus .NET Framework, ini berisi file dan fungsi yang sebenarnya tidak ada di dalam program yang memanggilnya, sehingga membuat Framework ini menyelamatkan pengembang aplikasi dari kesulitan karena harus berurusan dengan banyak kode.


Apa maksud dari .NET?

Dalam konteks ini, .NET merujuk pada sekelompok teknologi yang memungkinkan aplikasi untuk berinteraksi lebih dan melalui Internet secara lebih luas. Ini digunakan oleh aplikasi lokal dan web server untuk mendorong aktivitas melalui internet dan merupakan dasar dimana layanan komputasi cloud dibangun.

Standar Internet yang digunakan .NET sebagai berikut:
  • HTTP : Anda mungkin mengenali ini. Itu adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol dan digunakan untuk menentukan apa yang dilakukan browser anda dan web server dalam menanggapi perintah anda, seperti mengetikkan web address.
  • XML : Extensible Markup Language. Ini dibuat untuk web document khususnya, dan memungkinkan tag yang menentukan pemformatan berbeda untuk hal yang berbeda.
  • SOAP : Simple Object Access Protocol. Ini adalah layanan perpesanan berbasis XML yang digunakan untuk menyandikan pesan sebelum mengirimnya melalui jaringan. Pesan dari SOAP dikirimkan melalui berbagai protokol Internet, seperti HTTP.
  • UDDI : Universal Description, Discovery, and Integration. Ini bertindak sebagai semacam buku telepon, yang memungkinkan bisnis untuk saling menemukan melalui Internet.



Jadi, apa itu .NET Framework?

.NET Framework adalah framework dari teknologi yang digunakan oleh aplikasi yang dengan sendirinya mengandalkan teknologi .NET. Aplikasi yang membutuhkan .NET Framework biasanya sangat mempengaruhi akses internet dalam penggunaan utama mereka.

.NET Framework sendiri menggunakan hal yang berikut ini:
  • CLR : Common Language Runtime. Ini untuk mengelola kode .NET, memory, exceptions, debugging, profil, dan keamanan. CLR ini juga dikenal sebagai VES, atau Virtual Execution System.
  • FCL : Framework Class Library. Nama untuk ribuan class yang digunakan untuk mendefinisikan properti objek. Class ini termasuk diantaranya adalah fungsionalitas runtime, interaksi basis data dan fitur lainnya.
  • ASP.NET : Digunakan untuk membuat halaman web dan layanan. Untuk melakukan ini, ia memperlakukan semua yang ada di halaman sebagai objek untuk menjalankan sisi server. Halaman-halaman ini kemudian dikompilasi ke bahasa lain, yang kemudian dikompilasi ke kode asli (untuk mesin anda sendiri), yang kemudian dijalankan melalui prosesor anda.


Apa yang Harus Anda Lakukan dengan .NET Framework?

Hal pertama yang pertama. Pastikan anda telah mengambil versi terbaru dari website Microsoft. Pastikan juga untuk menggunakan Update Windows untuk menjaga system anda tetap normal - beberapa bagian dari .NET Framework mungkin tidak kompatibel jika anda tidak memiliki updaten Windows terbaru dan terhebat yang diinstal ke komputer anda.

Setelah itu, anda harus baik-baik saja. Jika ada yang salah dengan instalasinya, pertimbangkan untuk menggunakan tools .NET Framework Cleanup untuk menyingkirkan versi yang lebih lama yang dapat menyebabkan masalah atau anda juga dapat menggunakan .NET Framework Repair Tool untuk memperbaiki masalah yang muncul. Tidak ada aplikasi yang harus benar-benar tidak kompatibel dengan versi Framework yang lebih baru, tetapi jika kebetulan, aplikasi akan memberitahu anda versi mana yang anda butuhkan, setelah itu anda hanya perlu mencarinya, mendownloadnya dan menginstalnya di komputer anda.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara install .NET Framework 2.0, 3.0 dan 3.5 di Windows 10/11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Apa itu .NET Framework dan Mengapa Anda Membutuhkannya untuk Menginstal Aplikasi di Windows"