Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Windows Tidak Mengenali Perangkat Android Anda


Biasanya, ini adalah masalah sederhana untuk menghubungkan perangkat Android anda ke port USB yang tersedia di Windows dan anda kemudian akan terhubung. Windows secara otomatis akan mengenali perangkat tersebut. Namun ada kalanya Windows tidak dapat mengenali perangkat Android karena berbagai alasan. Dan ini seharusnya menjadi masalah yang mudah untuk diselesaikan, meskipun mungkin diperlukan beberapa langkah troubleshoot.

Catatan: Masalah ini seharusnya tidak mencegah anda menerima pemberitahuan Android di desktop Windows anda.


1. Periksa Jenis Koneksi USB

Langkah pertama adalah selalu memeriksa tipe koneksi USB di perangkat Android anda. Beberapa system Android, default saat menghubungkan dengan kabel data adalah File Transfer atau yang serupa, tetapi pada umumnya defaultnya hanya untuk mengisi daya. Dan untuk mengubah jenis koneksi ini, hubungkan perangkat Android anda langsung ke Windows melalui kabel USB yang kompatibel.

Setelah terhubung, cari simbol USB di tray notifikasi ponsel anda. Secara default, milik saya defaultnya adalah Transferring files.


Namun jika milik anda tidak maka ketuk ini dan pilih Transferring File atau File Transfer dari daftar. Jika tidak, Windows tidak akan mengenali file dan folder Android jika anda mencoba mengaksesnya. Jika ini hanya sekali, ketuk Just Once atau ketuk Always untuk menjadikannya sebagai opsi default anda (Ini adalah pilihan opsional untuk perangkat Android yang lebih lama).


2. Coba Kabel Lainnya

Jika anda tidak menggunakan kabel yang disertakan dengan perangkat Android anda, masalahnya mungkin terletak pada kabelnya. Ini mungkin benar jika anda belum pernah menggunakannya sebelumnya. Mungkin juga kabelnya sendiri rusak.

Jika anda memiliki kabel USB lain, cobalah. Biasanya yang terbaik adalah menggunakan kabel yang disertakan dengan perangkat anda, karena paling mungkin untuk bekerja dengan benar. Ditambah kecepatan transfer file mungkin menjadi lebih cepat.


3. Gunakan Troubleshooter Hardware and Device

Troubleshooter Hardware and Device bekerja dengan baik untuk mendiagnosis masalah ketika Windows tidak dapat mengenali perangkat Android. Ada dua cara untuk mengakses tools ini sesuai dengan versi Windows anda.

Opsi ini tersedia untuk Windows 10 versi 1809 dan sebelumnya. Pertama, buka Settings - Update & Security - Troubleshoot. Gulir ke bawah di panel kanan sampai anda menemukan Hardware and Devices.

Untuk versi Windows 10 yang lebih baru dan Windows 11, opsi diatas tidak terdaftar di Settings jadi lakukan hal berikut:
  • Buka Start menu, cari Command Prompt dan jalankan sebagai admin (Klik kanan dan pilih Run as administrator).
  • Kemudian masukan perintah msdt.exe -id DeviceDiagnostic di jendela command prompt dan tekan Enter.

  • Ini akan menampilkan tools troubleshoot Hardware dan Device. Tekan Next untuk menelusuri petunjuk guna menemukan kemungkinan masalah.



4. Hubungkan Perangkat Berbeda

Ini mungkin terdengar konyol, tetapi menyambungkan perangkat lain membantu menyingkirkan masalah apapun dengan port USB komputer Aanda. Jika perangkat lain berfungsi dengan baik, anda tahu port itu sendiri berfungsi. Jika port tidak berfungsi, coba port USB lain jika PC anda memilikinya.

Selain itu, jika anda memiliki komputer lain untuk dicoba, hubungkan perangkat Android anda ke komputer tersebut. Langkah ini hanya untuk mengesampingkan kemungkinan masalah software atau port dengan perangkat Android anda.


5. Uninstall Software atau Tools Koneksi Android Lainnya

Beberapa perangkat Android lebih suka anda menggunakan software atau tools koneksi khusus mereka. Ini terutama benar jika anda mentransfer data dari perangkat lama ke perangkat baru. Namun, jika anda tidak lagi menggunakan perangkat atau merek tersebut, hal itu dapat mencegah Windows mengenali perangkat Android baru tersebut.

Uninstall tools koneksi Android yang tidak anda gunakan lagi. Jika tools tersebut masih relevan dengan perangkat anda, kunjungi website produsen untuk memeriksa update.
  • Buka Settings - Apps - Apps & feature. Pilih software koneksi dan tekan Uninstall.



6. Update Driver

Jika Windows tidak mengenali perangkat Android, periksa apakah itu hanya masalah driver. Windows biasanya mencoba menginstall driver secara otomatis. Namun, jika drivernya salah atau terupdate, sepertinya Windows tidak mengenali perangkat anda. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengupdate driver anda.

  • Klik kanan Start menu atau tekan Win + X dan pilih Device Manager.


  • Di jendela Device Manager, perluas Portable Devices.
  • Kemudian klik kanan pada perangkat Android anda (jika muncul) dan klik Update driver dan ikuti petunjuk untuk mengupdate driver. Anda mungkin perlu memutuskan dan menghubungkan kembali perangkat anda untuk melihat apakah metode ini berhasil.



7. Reset Perangkat Android Anda

Sebagai tips terakhir, anda mungkin perlu mereset perangkat Android anda ke pengaturan pabrik. Masalah dengan aplikasi, update system yang salah, atau bahkan konflik pengaturan dapat menyebabkan masalah koneksi. Jika anda baru saja memasang aplikasi baru sebelum masalah dimulai, coba uninstall aplikasi itu terlebih dahulu.

Coba periksa perangkat anda di komputer Windows lain untuk menghindari reset perangkat yang tidak perlu. Jika masih ada masalah, reset mungkin satu-satunya pilihan.

Backup file dan data anda terlebih dahulu, kemudian buka Settings - General management - Reset. Ikuti petunjuk selanjutnya untuk mereset perangkat anda.


Langkah-langkah ini dilakukan pada perangkat Samsung - Android 10. Produsen dan operator anda mungkin memiliki langkah yang sedikit berbeda. Silakan periksa website pabrikan anda jika anda tidak melihat opsi reset apapun.

Saya sarankan agar sebelum anda mengembalikan apapun ke perangkat anda, periksa apakah Windows mengenali perangkat Android anda.

Sementara itu saja yang dapat anda lakukan, jika anda perlu mentransfer file antara Android dan Windows, anda dapat melakukannya melalui network ataupun bluetooth, karena tidak memerlukan kabel.

Sekian tutorial kali ini, semoga salah satu metode diatas membantu memecahkan masalah anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Windows Tidak Mengenali Perangkat Android Anda"