Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Tweaks Untuk Mempercepat Browser Web di Windows 10/11


Kecepatan internet adalah salah satu hal yang paling penting dari komputer, sehingga system operasi tertentu seperti Chrome OS sekarang hampir sepenuhnya bergantung padanya. Windows 10 atau Windows 11 belum cukup pada saat itu, tetapi anda masih dapat melakukan hal-hal di dalamnya untuk membuat pengalaman Web anda jauh lebih cepat dan lancar.

Disini kita akan melihat bagaimana anda dapat menggunakan Windows untuk meningkatkan kecepatan penjelajahan web anda.


1. Matikan P2P Delivery Optimization di Windows 10/11

Jadi, inilah salah satu hal yang mungkin anda tidak ketahui tentang Windows 10 atau Windows 11, dan kedengarannya agak menakutkan. Ada opsi di Windows 10 atau Windows 11 yang dapat diaktifkan secara default yang mengikat PC anda ke jaringan P2P yang ditangani Microsoft, yang mengupload update Windows yang diinstal dan mendistribusikannya untuk mempercepat update di home network anda dan untuk orang lain secara online.

Secara lokal, ini berarti bahwa jika anda memiliki update Windows yang diinstal pada satu PC, bit itu dapat dimasukkan melalui update Windows pada PC lain di jaringan anda, menghemat bandwidth. Sisi buruk dari hal ini adalah opsi yang melakukan hal yang sama tetapi untuk pengguna Windows lainnya di seluruh Internet, mengikat PC anda ke dalam jaringan P2P yang membantu Windows mengupdate kecepatan download untuk orang lain tetapi menggerogoti bandwidth anda. Lebih jauh tentang Delivery Optimization baca DISINI atau DISINI.

Jadi, anda harus mematikannya.


Untuk melakukannya pergi ke Settings - Update & Security - Advanced options - Delivery Optimization. Disini anda harus mengalihkan tombol Allow downloads from other PCs ke Off, atau biarkan On tapi pastikan anda memilih PCs on my local network.


2. Nonaktifkan atau Aktifkan Windows Auto-Tuning

Windows Auto-Tuning adalah salah satu fitur yang telah menyebabkan hasil yang sangat bervariasi bagi pengguna dalam hal kecepatan menjelajah internet. Ini adalah fitur yang secara dinamis menyesuaikan ukuran buffer dan latensi untuk aplikasi berbasis TCP yang berkomunikasi dengan Internet.

Meskipun Microsoft telah mengatakan bahwa menonaktifkan ini akan memperlambat kecepatan Internet anda, namun pengguna dengan software yang lebih lama dan koneksi yang lebih lemah melaporkan bahwa menonaktifkannya dapat meningkatkan kecepatan Internet. Sebaliknya, pengguna lain (biasanya pada spesifikasi PC yang kuat) yang melaporkan bahwa mengaktifkannya dapat meningkatkan kecepatan internet mereka secara jauh.

Berikut cara mengaktifkan dan menonaktifkan penyetelan Windows Auto-Tuning secara otomatis.

Buka jendela Command Prompt dengan hak admin (klik kanan Command Prompt di Start menu dan klik Run as administrator), dan masukkan perintah berikut dibawah ini:

netsh interface tcp show global

Periksa untuk melihat apa yang tertulis di area yang disorot pada gambar di bawah ini.


Jika tertulis normal, dan anda ingin menonaktifkannya, ketikkan yang berikut:

netsh int tcp set global autotuninglevel=disabled

Jika, di lain pihak, Auto-Tuning anda dinonaktifkan dan anda ingin mengaktifkannya, ketikkan perintah berikut:

netsh int tcp set global autotuninglevel=normal

Sekarang, jalankan tes kecepatan untuk melihat apakah itu membuat perbedaan. Jika itu mempercepat, maka selamat, anda beruntung! Jika ini memperlambat segalanya, maka lakukan saja perintah sebaliknya untuk mengembalikan semuanya menjadi normal.


3. Periksa Resource Monitor Anda untuk Monopoli Proses Network

Ini bagus. Anda dapat dengan cepat dan mudah memeriksa proses dan aplikasi mana pada Windows 10 atau Windows 11 yang menggunakan resource terbanyak dalam hal CPU, Memory dan - anda dapat menebaknya - Bandwidth jaringan. Anda dapat menemukan semua ini di Resource Monitor.

Untuk membuka Resource Monitor, cari di Start menu dan buka. Di Resource Monitor, klik tab Network untuk melihat proses mana yang menggunakan bandwidth paling banyak.


Anda dapat mengakhiri proses yang menggunakan bandwidth terlalu banyak dengan mencentang kotak untuk masing-masing yang ingin anda tutup, kemudian klik kanan salah satu dari mereka, dan mengklik End proses.


4. Matikan Aplikasi dan Proses Latar Belakang

Berbicara tentang aplikasi yang berjalan di latar belakang, aplikasi Windows yang anda download dari Microsoft store, serta berbagai aplikasi Windows yang telah diinstal sebelumnya pada system anda adalah beberapa penyebab terbesar. Secara default, aplikasi ini diizinkan untuk mendengarkan komunikasi Internet yang masuk setiap saat sehingga mereka dapat menerima update.

Anda dapat mengetahui cara menghapus instalan aplikasi bawaan Windows yang sudah diinstal disini, tetapi solusi yang lebih ringan adalah menghentikannya agar tidak berjalan di latar belakang. Untuk melakukan ini, buka Settings - Privacy, lalu pilih Background apps di panel di sebelah kiri.


Disini anda akan melihat daftar panjang aplikasi yang berjalan di latar belakang. Matikan setiap aplikasi yang tidak anda inginkan (Anda mungkin menemukan ada dua puluh atau lebih) untuk mengurangi ketegangan bandwidth anda dan mempercepat penjelajahan anda.


Nah, ini adalah beberapa trik kecil yang dapat anda lakukan untuk mempercepat penjelajahan web anda (dan kecepatan internet secara keseluruhan) di Windows 10 atau Windows 11. Ingat bahwa ada juga hal-hal yang dapat anda lakukan di masing-masing browser untuk meningkatkan kinerja.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu menyelesaikan persoalan anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda untuk berbagi pengalaman dengan yang lain. Terimakasih. GBU

Post a Comment for "4 Tweaks Untuk Mempercepat Browser Web di Windows 10/11"