Widget HTML Atas

Cara Uninstal Aplikasi Bawaan di Windows 10/11 Menggunakan PowerShell


Jika anda menggunakan Windows 10 atau Windows 11, maka anda akan mendapati sejumlah aplikasi bawaan yang sudah diinstal sebelumnya seperti Maps, People, Xbox, Photos, dan Groove music. Untuk aplikasi yang sudah terpasang tersebut, Windows 10 dan Windows 11 tidak menyediakan cara untuk menghapusnya.

Baiklah, kali ini kita akan membahas hal tersebut. Aplikasi bawaan Windows tersebut sebenarnya dapat dengan mudah dihapus menggunakan PowerShell command sederhana. Jadi, jika anda ingin menghapusnya, saya akan menunjukan bagaimana anda dapat menghapus aplikasi Windows 10 dan Windows 11 tersebut baik secara individual atau secara keseluruhan.

Sebelum anda melakukannya, sebaiknya anda pertimbangkan untuk membuat Manual Restore Point agar anda dapat memutar kembali jika terjadi hal buruk. Dan satu hal yang perlua anda ketahui bahwa, meskipun anda dapat menghapus hampir semua aplikasi yang telah terinstal, beberapa aplikasi wajib seperti Cortana, Edge browser, Contact support, Feedback, dan lainnya tidak dapat dihapus.


Uninstall Aplikasi Individual Pada Windows 10/11

Menggunakan PowerShell, anda dapat dengan mudah menghapus aplikasi individual pada Windows 10 atau Windows 11. Untuk memulai, ikuti langkah dibawah ini.


  • Buka PowerShell di Start menu anda dan klik kanan di atasnya dan pilih opsi Run as Administrator.
  • Atau anda dapat membuka Windows PowerShell  sebagai administrator dengan menekan tombol Win + X kemudian tekan A pada keyboard.
  • Setelah jendela PowerShell terbuka silahkan anda ketik start powershell
  • Tekan Enter.

Setelah anda berada di Powershell, gunakan perintah di bawah ini untuk mendapatkan daftar semua aplikasi yang diinstal dari pengguna saat ini di sistem Windows 10 anda.

Get-AppxPackage | ft Name, PackageFullName -AutoSize

Jika anda ingin mendapatkan daftar semua aplikasi dari semua pengguna, gunakan perintah di bawah ini.

Get-AppxPackage -AllUsers | ft Name, PackageFullName -AutoSize

Dalam kasus seperti pada gambar dibawah, saya menggunakan perintah pengguna saat ini sehingga saya tidak mengacaukan akun pengguna lain. Seperti yang anda lihat, Powershell dengan baik menampilkan daftar semua aplikasi anda dengan nama aplikasi dan juga nama keseluruhan aplikasinya.


Sekarang, temukan aplikasi yang ingin anda copot pemasangannya dari daftar yang ditampilkan dan catat nama aplikasi dari PackageFullName.

Sebagai contoh, saya ingin mencopot pemasangan aplikasi Xbox, jadi nama aplikasinya adalah Xboxapp. Karena kita dapat menggunakan wildcard (*) sebelum dan sesudah nama aplikasi di Powershell, anda tidak memerlukan nama lengkap aplikasi Xbox selama bagian dari nama aplikasi benar.


Setelah anda memiliki nama aplikasi, tempelkan perintah di bawah dan tekan tombol Enter untuk menghapus aplikasi.

Get-AppxPackage *xboxapp* | Remove-AppxPackage


Tentu saja, ubah perintah di atas sesuai dengan aplikasi apa yang ingin anda hapus. Yang harus anda lakukan adalah mengganti nama aplikasi antara wildcard (*) atau cukup masukkan nama paket lengkap.


Hapus Instalasi Semua Aplikasi yang Telah Terpasang di Windows 10/11

Selain aplikasi individual, jika anda ingin menyingkirkan semua aplikasi yang sudah terpasang sebelumnya, anda juga dapat melakukannya. Buka saja PowerShell sebagai administrator, tempelkan perintah di bawah ini dan tekan tombol Enter.

Get-AppxPackage -AllUsers | Remove-AppxPackage

Tindakan di atas tersebut akan menginisialisasi pencopotan semua aplikasi yang sudah terpasang sebelumnya untuk semua pengguna tanpa terkecuali. Jendela PowerShell mungkin menampilkan banyak kesalahan dengan teks merah terang di seluruh layar. Jangan panik, karena itu adalah menampilkan kesalahan yang terkait dengan aplikasi yang tidak dapat dihapus.


Setelah dihapus, Start menu anda akan terlihat lebih bersih dari sebelumnya.

Meskipun anda telah mencopot semua aplikasi untuk semua pengguna namun setiap kali anda membuat pengguna baru, aplikasi default akan diinstal ulang secara otomatis untuk pengguna baru tersebut. Dan untuk menghentikan perilaku default Windows ini, anda dapat menggunakan perintah di bawah ini pada PowerShell untuk menghentikannya.

Get-AppXProvisionedPackage -online | Remove-AppxProvisionedPackage online


Sekarang anda tahu bahwa untuk mencopot aplikasi bawaan Windows itu sangatlah mudah di Windows 10. Berikan komentar di bawah ini membagikan pemikiran dan pengalaman anda tentang menggunakan metode di atas.

Sekian postingan kali ini, semoga anda terbantu dan masalah anda teratasi. Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara uninstall program menggunakan Registry Editor di Windows 10/11 atau cara uninstall program menggunakan Command Prompt di Windows 10/11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah untuk berbagi pengalaman dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU.

No comments for "Cara Uninstal Aplikasi Bawaan di Windows 10/11 Menggunakan PowerShell"